4 Ciri-Ciri Pasar Modal Beserta Contohnya dalam Ilmu Ekonomi

4 Ciri-Ciri Pasar Modal Beserta Contohnya dalam Ilmu Ekonomi

Ciri-ciri pasar modal – Apa itu pasar modal? Pasar modal adalah pasar untuk instrumen keuangan jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah, perusahaan swasta, maupun otoritas publik yang bisa diperjualbelikan dalam bentuk obligasi atau saham. Terdapat 4 ciri-ciri pasar modal yang utama. Ciri-ciri tersebut menjadi faktor yang mendasari perbedaan pasar modal dengan pasar uang.

Pengertian pasar modal secara umum adalah pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan uang dalam bentuk surat-surat berharga dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Sementara arti dan definisi pasar modal berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1985 juga mencakup kegiatan penawaran umum dan penawaran efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya serta lembaga atau profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Salah satu fungsi pasar modal adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, menghasilkan uang secara jangka panjang, meratakan pendapatan ekonomi masyarakat dan lain-lain.

Ada banyak pelaku pasar modal yang terlibat seperti investor, emiten, perusahaan efek dan dana reksa. Tiap instrumen tentu memiliki peran masing-masing dalam perputaran roda ekonomi nasional. Beberapa instrumen pasar modal contohnya adalah saham dan obligasi.

Terdapat perbedaan pasar modal dan pasar uang. Perbedaan keduanya bisa dilihat dari ciri-ciri pasar modal atau pun ciri-ciri pasar uang itu sendiri. Karakteristik dari pasar modal antara lain meliputi produk yang diperjualbelikan, jangka waktu hingga kondisi nilai investasi pasar modal.

(baca juga lembaga penunjang pasar modal)

ciri-ciri pasar modal

4 Ciri-Ciri Pasar Modal

Apa sajakah ciri-ciri pasar modal dan karakteristiknya? Berikut ini merupakan 4 ciri utama pasar modal lengkap beserta pembahasannya dalam ilmu ekonomi.

1. Produk yang Dijual adalah Surat Berharga

Dalam pasar modal, produk yang diperjualbelikan adalah surat-surat berharga. Tidak seperti pada pasar uang yang memperjualbelikan valuta asing atau mata uang, pada pasar modal ini yang diperjualbelikan adalah surat-surat berharga dari suatu perusahaan tertentu.

2. Bersifat Jangka Panjang

Ciri-ciri pasar modal yang paling umum adalah menekankan pada pemenuhan dana jangka panjang. Jangka waktu yang dimaksud biasanya berkisar dalam hitungan tahun.

3. Nilai Investasi Bergantung Pertumbuhan Ekonomi

Ciri lain dari pasar modal adalah nilai investasinya berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Nilai efek yang dibeli juga berkembang sesuai dengan kemajuan perusahaan.

4. Tekait pada Tempat Tertentu

Pasar modal juga terkait pada tempat tertentu. Artinya pada pasar modal tidak bisa sembarangan tempat dapat dijadikan wadah transaksi. Transaksi dari pasar modal juga diawasi oleh lembaga pemerintahan tertentu.

Nah itulah ilmu ekonomi mengenai definisi dan pengertian pasar modal, fungsi pasar modal serta 4 ciri-ciri pasar modal lengkap beserta penjelasannya. Ciri-ciri dari pasar modal tersebut menjadi unsur perbedaan pasar modal dengan pasar uang.

Tinggalkan komentar