Sifat-Sifat Benda Cair Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-Sifat Benda Cair Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Sifat-sifat benda cair – Terdapat 3 jenis-jenis benda yakni benda padat, benda cair dan benda gas. Tiap macam benda memiliki sifat dan ciri-ciri. Kali ini akan khusus dibahas mengenai sifat zat cair dan ciri-ciri benda cair beserta penjelasannya.

Beberapa contoh-contoh benda cair di sekitar kita misalnya adalah air mineral, bensin, alkohol, minyak goreng, cat air, tinta dan lain-lain. Jika dilihat lebih luas, beberapa unsur geografi seperti laut, sungai, danau atau air tejun juga terdiri dari air yang merupakan contoh benda cair.

Benda cair memiliki sifat-sifat tertentu yang khas. Sifat dan ciri-ciri tersebut yang menjadi dasar perbedaan benda cair dengan benda padat atau benda gas. Ciri-ciri benda cair misalnya bentuknya tidak tetap sesuai wadahnya serta meresap melalui celah-celah kecil.

(baca juga sifat benda padat)

sifat benda cair

Sifat-Sifat Benda Cair

Di bawah ini adalah sifat-sifat benda cair, meliputi ciri-ciri dan karakteristik benda cair secara umum yang dapat diamati di sekitar kita beserta penjelasannya.

Bentuknya mengikuti wadahnya

Sifat benda cair yang utama adalah bentuknya yang mengikuti wadahnya. Artinya bentuk benda cair tidak tetap dan selalu mengikuti bentuk wadahnya. Misalnya air dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya sesuai dengan botol tersebut. Saat air tersebut dipindah ke gelas, maka bentuknya sesuai dengan gelas tersebut.

Mengalir ke tempat rendah

Sifat benda cair yang lain adalah benda cair mengalir ke tempat yang lebih rendah. Artinya benda cair pada tempat yang lebih tinggi pasti akan mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah. Contoh paling nyata adalah pada air terjun atau pada tetasan air hujan dari atap yang jatuh ke bawah.

Permukaan benda cair yang tenang selalu datar

Ciri-ciri benda cair berikutnya adalah bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan benda cair yang bergejolak. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar, meski wadahnya dimiringkan bagaimanapun.

Menekan ke segala arah

Benda cair juga memiliki tekanan ke segala arah. Hal ini menjadi salah satu karakteristik benda cair yang dapat diamati. Semakin ke dalam, maka semakin besar tekanan airnya. Benda cair akan memancarkan tekanan tidak hanya ke satu arah saja, namun ke segala arah.

Meresap melalui sela-sela kecil

Sifat benda cair yang lain adalah meresap melalui celah-celah kecil. Artinya benda cair selalu meresap atau merembet jika ada cela sekecil apapun itu. Persitiwa meresapnya air melalui celah-celah kecil ini sering dikenal sebagai kapilaritas.

Gerak antar partikel bebas

Benda cair juga memiliki partikel penyusunnya. Pada benda cair, gerak antar partikelnya agak bebas dan tidak terlalu rapat. Partikel zat cair juga lebih bebas dibandingkan partikel benda padat, meski tidak sebebas partikel penyusun benda gas.

Gaya antar partikel kuat

Sifat benda cair berikutnya adalah memiliki gaya antar partikel yang cukup kuat. Meski tak sekuat gaya partikel benda padat, namun gaya partikel pada benda cair juga cukup kuat karena letak antar partikelnya pun cukup berdekatan.

Nah itulah sifat-sifat benda cair dan ciri-ciri benda cair beserta penjelasannya. Terdapat beberapa sifat-sifat benda cair yang unik dan khas, misalnya memiliki bentuk sesuai wadahnya, meresap melalui celah-celah kecil serta menekan ke segala arah.

Tinggalkan komentar