12+ Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kebutuhan Hidup Manusia

12+ Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kebutuhan Hidup Manusia

Manfaat keanekaragaman hayati – Pengertian keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman hayati adalah kekayaan atau bentuk kehidupan di bumi, baik tumbuhan, hewan, mikroorganisme, genetika yang dikandungnya, maupun ekosistem, serta proses-proses ekologi yang dibangun menjadi lingkungan hidup.

Keanekaragaman hayati juga menunjukkan kekayaan alam yang dimiliki bumi. Indonesia menjadi salah satu negara dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Ada banyak hewan dan tumbuhan endemik yang ada di wilayah Indonesia.

Keanekaragaman hayati yang ada tentu juga memberikan banyak manfaat bagi manusia dan kehidupannya. Banyaknya flora dan fauna yang bervariasi tentu mendatangkan keuntungan, baik dari segi ekonomi, budaya, pengetahuan, dan pemenuhan kebutuhan dasar dalam hidup.

(baca juga perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan)

manfaat keanekaragaman hayati

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Ada banyak manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia. Berikut merupakan beberapa fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati beserta penjelasannya.

1. Sebagai Sumber Pangan

Manfaat keanekaragaman hayati yang pertama adalah sebagai sumber pangan. Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk menghasilkan energi guna beraktivitas sehari-hari. Sumber makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan.

Manusia tidak bisa memproduksi makanan sendiri sehingga membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Ada banyak jenis makanan dari hewan dan tumbuhan yang kita konsumsi sehari-hari dengan kandungan gizinya masing-masing.

2. Sebagai Sumber Sandang

Manusia juga membutuhkan sandang atau pakaian untuk menutupi dan melindungi tubuh dari panas matahari dan dinginnya malam. Untuk itu manusia memerlukan pakaian baik itu baju, celana, topi, sepatu, dan sebagainya.

Pakaian berasal dari kain yang berasal dari tumbuhan kapas. Bisa juga membuat aneka pakaian dari kulit hewan seperti domba. Karena itulah keanekaragaman hayati juga penting untuk memenuhi kebutuhan sandang manusia.

3. Sebagai Sumber Papan

Selain pangan dan sandang, manusia juga memerlukan papan atau rumah sebagai tempat tinggal. Fungsinya untuk berlindung, berteduh, dan beristirahat. Rumah menjadi kebutuhan primer yang penting bagi manusia untuk bertahan hidup.

Umumnya rumah dibuat dari keanekaragaman hayati seperti pohon, bambu, alang-alang, dan sebagainya. Dengan aneka jenis tumbuhan tersebut, manusia bisa membangun rumah yang penting untuk tempat berteduh dan berlindung.

4. Sebagai Sumber Pengobatan

Fungsi keanekaragaman hayati berikutnya ada di bidang medis dan kesehatan, yakni sebagai sumber obat-obatan. Ada banyak aneka jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan, termasuk dalam kesehatan herbal.

Bahkan faktanya ada lebih dari 900 spesies tumbuhan di Indonesia yang bisa dijadikan bahan pengobatan. Hal ini juga termasuk obat-obatan herbal yang alami. Ada juga bahan-bahan dari hewan yang bisa digunakan untuk keperluan pengobatan.

5. Sebagai Bahan Kosmetik

Keanekaragaman hayati juga bermanfaat untuk keperluan perawatan dan kecantikan. Ya, keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai bahan-bahan baku pembuatan alat kosmetik yang mungkin sering kita gunakan sehari-hari.

Aneka jenis tumbuhan memang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik yang penting untuk perawatan kulit, rambut, dan bagian tubuh manusia lainnya.

7. Sebagai Aspek Budaya dan Agama

Manfaat keanekaragaman hayati juga berpengaruh terhadap aspek budaya dan agama di suatu negara. Ada banyak kebudayaan dan upacara keagamaan yang bergantung pada adanya keanekaragaman hayati seperti tumbuhan dan hewan.

Misalnya tradisi menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha atau menghias pohon cemara saat hari Natal. Banyak juga kebudayaan di negara lain yang bisa dijadikan contoh seperti ritual sapi di India atau festival banteng di Spanyol.

8. Sebagai Penyeimbang Lingkungan

Keanekaragaman hayati juga berfungsi sebagai penyeimbang lingkungan. Hal ini menjadi sangat penting karena menjadi hakikat dasar tiap makhluk hidup, termasuk bagi manusia. Tiap spesies tentu memiliki peran masing-masing dalam sebuah ekosistem lingkungan.

Untuk itu tiap keanekaragaman hayati memiliki manfaat untuk menjaga ekosistem dan lingkungan tetap seimbang. Pada akhirnya keseimbangan alam ini juga akan memberikan manfaat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

9. Sebagai Sumber Keilmuan

Keanekaragaman hayati juga penting sebagai sumber keilmuan. Penelitian terkait kehidupan flora dan fauna peting untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Ada banyak spesies makhluk hidup baik yang sudah teridentifikasi atau yang belum.

Nantinya pengetahuan terkait keanekaragaman hayati tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan bidang-bidang lainnya. Pada hakekatnya pengetahuan memang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

10. Sebagai Sumber Plasma Nutfah

Manfaat keanekaragaman hayati selanjutnya adalah sebagai sumber plasma nutfah. Yang dimaksud plasma nutfah adalah bagian dari tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme yang memiliki fungsi dan kemampuan untuk mewariskan sifat.

Plasma nutfah dapat berguna untuk merakit varietas unggul dari sebuah spesies agar dapat rentan terhadap penyakit maupun memiliki produktivitas yang tinggi serta akan dapat mewariskan mutu sifat dari generasi ke generasi selanjutnya. 

11. Sebagai Sumber Keindahan

Kenanekaragaman hayati juga bisa digunakan sebagai sumber keindahan. Pepohonan dan bunga-bungan yang indah sering digunakan sebagai simbol keindahan. Banyak juga taman-taman bunga dibuat sebagai tempat rekreasi yang bagus dan indah.

Selain itu banyak karya seni dibuat dari tumbuhan seperti bonsai atau lukisan tentang alam. Tentunya tiap karya seni mengandung unsur estetika dan keindahan, sehingga keanekaragaman hayati memang jadi sumber keindahan seni.

12. Sebagai Sumber Pendapatan

Manfaat keanekaragaman hayati yang terakhir adalah sebagai sumber pendapatan. Tumbuhan dan hewan bisa dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi yang menghasilkan pendapatan oleh manusia, misalnya saja lewat sektor pertanian dan perkebunan.

Selain itu bisa lewat sektor peternakan atau perikanan bagi nelayan. Berburu hewan untuk kemudian dijual dagingnya, atau membuat kerajinan tangan dari tumbuhan juga bisa dilakukan. Manusia bisa memanfaatkan keanekaragaman hayati untuk sumber penghasilan.

Nah itulah penjasan 12 manfat keanekaragaman hayati bagi manusia dari berbagai sektor dan bidang. Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan bagi warga dan pemerintah.

Tinggalkan komentar