Jenis-Jenis Magnet Beserta Bentuk dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Jenis-Jenis Magnet Beserta Bentuk dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Jenis-jenis magnet dan penjelasannya – Pengertian magnet adalah suatu objek yang memiliki medan magnet yang dapat menarik benda logam. Sementara arti magnet menurut KBBI adalah setiap bahan yang dapat menarik logam besi.

Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani, magnitis lithos yang berarti batu Magnesian. Magnesia merupakan nama kota yang terkandung batu magnet di zaman dahulu.

Magnet selalu memiliki dua kutub yakni kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/S). Meski magnet dipotong atau berubah bentuk, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub tersebut.

Magnet memiliki daya tarik terhadap logam, yang paling kuat adalah terhadap logam besi dan baja. Tiap logam juga memiliki daya tarik magnet yang berbeda-beda.

Ada beberapa macam-macam magnet, dilihat dari asalnya, cara membuatnya, sifat kemagnetannya hingga bentuknya.

(baca juga jenis-jenis sumber daya alam)

Jenis-Jenis Magnet

Secara umum ada 2 jenis magnet berdasarkan asal dan cara membuatnya yakni magnet alam dan magnet buatan.

Sementara magnet buatan juga dibagi lagi menjadi magnet permanen dan tidak tetap, serta berbagai bentuk magnet buatan lain.

1. Magnet Alam

Magnet alam adalah jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami. Artinya magnet sudah memiliki sifat magnet tanpa ada campur tangan dari manusia.

Magnet alam bisa berupa batu-batuan atau benda lain juga. Jenis magnet alam cukup jarang ditemui dan jumlahnya tidak banyak.

2. Magnet Buatan

Magnet buatan adalah jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Saat ini kebanyakan magnet yang kita temui adalah jenis magnet buatan. Umumnya magnet buatan dibuat dari bahan-bahan magnetik kuat seperti besi dan baja. 

Ada banyak pula bentuk-bentuk magnet buatan ini dari mulai silinder, batang, jarum, U, keping, ladam dan sebagainya.

jenis-jenis magnet

Jika dijabarkan lagi, ada 2 jenis magnet buatan berdasarkan sifat kemagnetannya yakni magnet permanen dan magnet tidak tetap.

Magnet Tetap (Permanen)

Magnet tetap atau magnet permanen adalah jenis magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan.

Magnet Tidak Tetap (Remanen)

Magnet tidak tetap atau magnet remanen adalah jenis magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai macam-macam magnet yang ada, baik berdasarkan asalnya, berdasarkan bentuknya atau berdasarkan sifat kemagnetannya.

Tinggalkan komentar