Fungsi Lembaga Sosial di Masyarakat Secara Umum [Terlengkap]

Fungsi Lembaga Sosial di Masyarakat Secara Umum [Terlengkap]

Fungsi lembaga sosial – Lembaga sosial merupakan sebuah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam interaksi manusia di masyarakat. Ada banyak contoh lembaga sosial di sekitar kita yang merupakan pengaruh dari interaksi sosial antar manusia. Lantas apa sebenarnya fungsi, peran dan tujuan lembaga sosial?

Pengertian lembaga sosial adalah jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keteraturan hidup.

Beberapa ciri-ciri lembaga sosial adalah memiliki tujuan yang ingin dicapai, memiliki alat kelengkapan tertentu, memiliki tata tertib, memiliki logo atau lambang tertentu dan lain-lain. Lembaga sosial juga memiliki struktur organisasi di dalamnya terdiri dari ketua dan juga anggota.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja fungsi, tujuan dan peran lembaga sosial bagi kehidupan bermasyarakat di lingkungan sekitar.

(baca juga fungsi keluarga dalam sosiologi)

fungsi lembaga sosial di masyarakat

Fungsi Lembaga Sosial

Ada beberapa fungsi dan manfaat lembaga sosial baik bagi anggota maupun bagi masyarakat. Terdapat dua teori fungsi lembaga sosial, yakni fungsi lembaga sosial secara umum menurut teori Soerjono Soekanto serta fungsi lembaga sosial di masyarakat menurut Horton dan Hunt.

Fungsi Lembaga Sosial Secara Umum

Secara umum ada 3 fungsi utama lembaga sosial berdasarkan pendapat Soerjono Soekanto. Berikut merupakan fungsi-fungsi lembaga sosial dan penjelasannya.

1. Memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat

Fungsi utama lembaga sosial adalah memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat. Hal ini mencakup bagaimana mereka harus bersikap atau bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di lingkungan masyarakat. khususnya yang menyangkut hubungan pemenuhan kebutuhan pokok.

2. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan

Peran lembaga sosial juga bertujuan dalam menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan. Lembaga sosial memiliki tujuan untuk menghimpun dan mempersatukan tiap anggota-anggotanya agar tercipta integrasi dalam lingkungan masyarakat.

3. Memberikan pengarahan untuk mengadakan sistem pengendalian sosial

Tujuan lembaga sosial berikutnya adalah memberikan pengarahan pada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial yaitu sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya. Kontrol sosial ini bisa berupa proses ajar, pewarisan budaya, pemberian sanksi jika ada pelanggaran dan lain-lain.

Fungsi Lembaga Sosial di Masyarakat

Sementara menurut Horton dan Hunt, terdapat 2 fungsi dan tujuan lembaga sosial yang paling utama yakni fungsi manifes dan fungsi laten. Berikut 2 fungsi lembaga sosial menurut Horton dan Hunt.

1. Fungsi Manifes (fungsi nyata)

Lembaga sosial memiliki fungsi manifes atau yang dikenal juga dengn sebutan fungsi nyata. Yang dimaksud dengan fungsi manifes atau fungsi nyata adalah fungsi lembaga sosial yang disadari, diketahui dan juga diakui oleh seluruh masyarakat sekitar.

2. Fungsi Laten (fungsi terselubung)

Lembaga sosial juga memiliki fungsi laten yang disebut juga sebagai fungsi terselubung. Yang dimaksud fungsi laten adalah fungsi lembaga sosial yang tidak disadari atau bahkan tidak dikehendaki atau jika diikuti dianggap sebagai hasil sampingan dan biasanya tidak dapat diramalkan.

Nah itulah info pengetahuan sosial mengenai fungsi-fungsi lembaga sosial di masyarakat secara umum beserta penjelasannya. Terdapat beberapa teori fungsi lembaga sosial termasuk menurut teori Soerjono Soekanto serta menurut teori Horton dan Hunt.

Tinggalkan komentar