Pengertian Akulturasi Budaya Menurut Para Ahli dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian Akulturasi Budaya Menurut Para Ahli dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian akulturasi secara umum adalah proses masuknya budaya asing pada suatu kelompok masyarakat tanpa menghilangkan unsur budaya yang sudah ada. Bisa dibilang bahwa akulturasi adalah meleburnya dua budaya dengan tetap adanya unsur budaya lama. Akulturasi berbeda dari asimilasi. Terdapat contoh-contoh akulturasi yang dapat dilihat di lingkungan masyarakat.

Ada beberapa faktor pendorong akulturasi sebagai salah satu bentuk-bentuk interaksi sosial, baik faktor internal atau eksternal. Faktor internal meliputi perubahan jumlah penduduk, penemuan ide dan alat baru, terjadi konflik serta adanya pemberontakan atau revolusi. Sementara faktor eksternal meliputi terjadi perang, perubahan alam atau penyebaran kebudayaan.

Terdapat perbedaan akulturasi dan asimilasi. Pada akulturasi pengaruh budaya baru tidak menghilangkan budaya lama, artinya tidak menghilangkan budaya lama. Sementara pengertian asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan asing untuk membentuk sebuah budaya baru.

Beberapa jenis-jenis akulturasi adalah substitusi, sinkretisme, addition, deculturation, originasi dan rejection. Substitusi adalah penggantian unsur lama. Sinkretisme adalah pembentukan sistem baru. Addition adalah penambahan unsur dan nilai baru. Deculturation adalah penggantian unsur budaya baru. Originasi adalah unsur baru yang menimbulkan perubahan. Sementara rejection adalah penolakan unsur yang masuk.

(baca juga contoh asimilasi)

pengertian akulturasi budaya dan contohnya

Pengertian Akulturasi

Apa yang dimaksud akulturasi? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian akulturasi, baik definisi akulturasi secara umum, menurut KBBI atau menurut para ahli.

Pengertian Akulturasi Secara Umum

Pengertian akulturasi secara umum adalah suatu proses sosial yang timbul saat kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur kebudayaan asing, yang lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Arti Akulturasi Menurut KBBI

Pengertian akulturasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dalam suatu masyarakat, sebagian menyerap secara selektif sedikit atau banyak unsur kebudayaan asing itu dan sebagian berusaha menolak pengaruh itu.

Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian-pengertian akulturasi menurut para ahli, baik ahli dari dalam negeri serta ahli dari luar negeri.

Menurut Soyono 

Arti akulturasi menurut Suyono adalah pengambilan atau penerimaan satu atau beberapa unsur kebudayaan yang berasal dari pertemuan dua atau beberapa unsur kebudayaan yang saling berhubungan atau saling bertemu.

Menurut Hasyim 

Arti akulturasi budaya menurut Hasyim adalah suatu perpaduan antara kedua budaya yang terjadi dalam kehidupan yang serasi dan damai.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian akulturasi menurut Koentjaraningrat proses sosial yang timbul ketika suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing dengan sedemikian rupa, sehingga unsur dari kebudayaan asing tersebut lambat laun diterima dan diolah kedalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian budaya itu sendiri.

Menurut Harsoyo

Akulturasi adalah suatu fenomena bersumber dari sebuah hasil kontak secara langsung dan continue antara sekelompok masyarakat yang memiliki budaya masing-masing dan menimbulkan perubahan dalam kebudayaan dari masing-masing dengan tetap menjaga keaslian unsurnya.

Menurut John W. Berry

Pendapat John Berry pada tahun 2005 menyatakan bahwa akulturasi adalah proses perubahan budaya dan psikologis yang terjadi sebagai akibat kontrak antara dua atau lebih kelompok dan anggota masing-masing kelompok.

Menurut Murdock

Menurut Murdock, definisi akulturasi merupakan sebuah modifikasi secara adaptif dari beragam elemen maupun unsur dari budaya yang diakibatkan dari sebuah proses interaksi antar kelompok yang membawa kebudayaan dengan tingkat persamaan unsur yang besar.

Menurut Nardy

Definisi akulturasi budaya menurut Nardy adalah proses sosial yang timbul saat suatu kelompok dihadapkan dengan unsur-unsur dari kebudayaan asing yang kemudian diterima dalam kebudayaan kelompok tersebut.

Menurut Lauer

Berdasarkan pendapat Lauer, pengertian akulturasi adalah pembentukan pola baru dari hasil penyatuan dua budaya yang disebabkan kesamaan dominan budaya tersebut dan interaksi baik dari masyarakat itu sendiri yang kemudian mengarah ke masing-masing budaya dengan tetap mempertahankan keaslian nilainya.

Menurut Kroeber

Pengertian akulturasi menurut Kroeber adalah bagian dari perubahan kebudayaan akibat penyatuan dua kebudayaan yang memiliki tingkat persamaan tinggi antar budaya yang satu dengan budaya yang lain tanpa menghilangkan budaya atau unsur aslinya.

Menurut Dwi Hayudiarto

Menurut Dwi Hayudiarto, pengertian akulturasi budaya adalah ketika suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan kebudayaan asing yang diterima masuk tanpa menghilangkan kebudayaan yang ada.

Menurut Sumandiyo

Definisi akulturasi adalah bagian bentuk perubahan dari kebudayaan yang dapat dilihat ataupun ditandai dengan adanya kontak dan interaksi antar budaya baik menerima maupun memberi yang sebelumnya dilakukan oleh kelompok masyarakat yang membawa masing-masing kebudayaan tersebut.

Menurut Bee

Akulturasi merupakan sebuah perubahan budaya dari dua sistem budaya yang saling berinteraksi. Akulturasi terjadi dengan ciri proses perubahan yang diiringi dengan difusi, inovasi maupun invensi yang mencerminkan sebuah konsep dengan lebih menunjukkan sisi kondisi kehidupan sosial budaya dari kelompok masyarakat tersebut.

Contoh Akulturasi

Ada banyak contoh contoh akulturasi yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh akulturasi di Indonesia.

  • Masjid Menara Kudus yang merupakan hasil akulturasi budaya di sektor seni bangunan yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi.
  • Seni ukir relief yang banyak menghiasi masjid dan makam di Indonesia merupakan hasil akulturasi seni rupa dari tradisi Islam dan perpaduan dua aliran seni logam.
  • Sistem kalender di Indonesia awalnya menggunakan kalender Saka/Hindu dan kemudian menggunakan kalender Masehi. Adapun setelah Islam masuk ke Indonesia, Sultan Agung dari Mataram membuat kalender Jawa yang didasarkan pada perhitungan peredaran bulan seperti tahun Hijriah/Islam.
  • Sistem pemerintahan di Indonesia terkait hasil akulturasi budaya bangsa lain. Misalnya di era kerajaan Islam, raja-raja banyak bergelar sultan atau sunan.
  • Penggunaan tulisan Arab menghasilkan banyak budaya baru. Misalnya seperti seni kaligrafi hingga sastra hikayat yang merupakan hasil akulturasi budaya Arab yang masuk ke Indonesia.
  • Pemberian uang dalam bentuk angpaw yang marak di Indonesia adalah hasil akulturasi budaya Cina yang banyak diadopsi masyarakat keturunan Tionghoa.

Nah demikianlah pembahasan lengkap mengenai apa definisi dan pengertian akulturasi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari secara umum. Sekian penjelasan ilmu sosial kali, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca.

Tinggalkan komentar