8 Fungsi Keluarga dalam Sosiologi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

8 Fungsi Keluarga dalam Sosiologi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Fungsi keluarga menurut para ahli – Kita semua memiliki keluarga, baik itu kedua orang tua kita, kakak adik kita atau saudara-saudara kita yang lain seperti sepupu atau keponakan. Keluarga menjadi orang-orang yang paling dekat dengan kita yang kita temui sehari-hari dan memiliki ikatan darah dengan kita.

Menurut KBBI, arti keluarga adalah ibu dan bapak beserta anak-anaknya. Sementara pengertian keluarga secara umum adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Ada 2 macam-macam keluarga secara umum. Yang pertama adalah keluarga inti yang hanya terdiri dari ayah, ibu dan anak-anaknya. Sementara jenis keluarga yang kedua adalah keluarga besar dimana selain anggota inti seperti ayah, ibu dan anaknya, juga termasuk anggota keluarga yang lainnya seperti kakek, nenek, paman, bibi, keponakan, sepupu dan lain-lain.

Terdapat 8 fungsi keluarga dalam sosiologi secara umum yang penting bagi perkembangan seorang individu dari usia anak sampai usia dewasa. Hal ini menjadi bukti begitu pentingnya lingkungan keluarga bagi individu dimana manusia sangat bergantung pada keluarga, baik dari fisik maupun batin.

(baca juga contoh interaksi sosial)

fungsi keluarga

8 Fungsi Keluarga

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai fungsi-fungsi keluarga menurut para ahli dan penjelasannya seperti dikutip dari BKKBN selengkapnya.

1. Fungsi Agama

Keluarga berperan dalam fungsi agama. Artinya keluarga sebagai tatanan sosial terkecil dalam masyarakat memiliki fungsi sebagai tempat memperkenalkan dan mengajarkan kepercayaan akan Ketuhanan. Keluarga berperan untuk membentuk generasi masyarakat yang agamis dan beriman.

2. Fungsi Sosial

Keluarga juga berperan dalam fungsi sosial sebagai basis untuk membentuk generasi yang mengerti aturan sosial budaya di lingkungan masyarakat. Keluarga harus mengenalkan nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat serta aturan sosial tak tertulis lain. Harapannya adalah mampu mencetak generasi muda yang sopan santun dan bermoral tinggi.

3. Fungsi Cinta Kasih

Fungsi keluarga dalam sosiologi berikutnya adalah fungsi cinta dan kasih sayang. Keluarga diharapkan memberi perhatian dan kasih sayang pada anak-anak. Diharapkan akan terbentuk generasi yang memiliki kecerdasan emosional yang baik sehingga tercipta keluarga yang berkualitas dan harmonis.

4. Fungsi Perlindungan

Keluarga juga memiliki fungsi perlindungan dan proteksi. Lingkungan keluarga menjadi tempat yang memberikan perlindungan yang nyaman bagi anggotanya serta memunculkan suasana aman, nyaman, adil dan terlindungi. Keluarga tempat mengadu semua masalah yang anggota keluarga tersebut lakukan.

5. Fungsi Ekonomi

Fungsi ekonomi juga menjadi salah satu fungsi keluarga yang utama. Kaitannya dengan fungsi ekonomi adalah pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan cara mencari sumber-sumber penghasilan. Selain itu hal ini terkait dengan pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

6. Fungsi Pendidikan

Keluarga adalah tempat pendidikan pertama bagi anak-anak sebagai generasi penerusnya. Lingkungan keluarga harus menjadi tempat belajar yang kondusif bagi anak-anak sebelum masuk jenjang sekolah. Proses belajar dalam keluarga juga bisa terus dilakukan sampai dewasa, baik itu pendidikan moral, akademik maupun pengembangan minat bakat dan ekstrakurikuler.

7. Fungsi Pelestarian Lingkungan

Seperti fungsi-fungsi lainnya, fungsi pelestarian lingkungan merupakan satu dari 8 fungsi keluarga yang dibahas saat ini. Dalam fungsi ini, keluarga memberikan pengetahuan mengenai norma terhadap lingkungan sehingga diharapkan generasi penerus keluarga tersebut akan lebih santun terhadap alam dan lingkungannya.

8. Fungsi Reproduksi

Fungsi repoduksi juga menjadi fungsi dasar dalam keluarga. Keluarga berperan untuk dapat melanjutkan keturunannya dalam fungsi reproduksi atau fungsi biologis ini. Caranya yaitu dengan merawat dan membesarkan anak serta keluarga menjadi lebih baik lagi.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 8 fungsi-fungsi keluarga beserta pengertian dan penjelasannya lengkap. Penjelasan mengenai fungsi-fungsi keluarga dan artinya tersebut dikutip dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional).

Tinggalkan komentar