Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli (6M) Beserta Penjelasannya

Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli (6M) Beserta Penjelasannya

Unsur-unsur manajemen – Kita tentu tidak asing dengan kata manajemen. Ilmu manajemen memungkinkan kita melakukan pengelolaan perusahaan atau organisasi secara tepat dan efektif. Terdapat manfaat dan fungsi manajemen guna mencapai tujuan yang akan dituju.

Menurut KBBI, pengertian manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Artinya manajemen digunakan untuk mengelola segala sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Secara umum fungsi manajemen dibedakan menjadi fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi pengendalian. Manajemen juga mencakup mengenai planning agenda, pengendalian sumber daya dan lain-lain.

Jika dibedah mengenai unsur-unsur manajemen, maka ada 6 unsur utama dalam manajemen. Enam unsur manajemen dikenal dengan istilah 6M yang terdiri dari man (manusia), money (uang), materials (bahan), machines (mesin), methods (metode) dan market (pasar).

(baca juga bentuk-bentuk badan usaha)

unsur-unsur manajemen

Unsur-Unsur Manajemen

Terdapat 6 unsur-unsur manajemen yang dikenal sebagai 6M yaitu man, money, materials, machines, methods dan market. Berikut merupakan unsur-unsur manajemen menurut para ahli beserta penjelasannya lengkap.

1. Manusia (Man)

Unsur manajemen yang pertama adalah manusia atau man. Manusia atau individu-individu jelas memegang peran penting dalam manajemen pada tiap bidang, baik industri atau ekonomi. Segala sesuatu terkait perencaan dan pelaksanaan produksi sangat bergantung pada manusia atau individunya.

2. Uang (Money)

Dalam proses manajemen, uang atau money juga memegang peranan penting. Untuk menjalankan aktivitas perusahaan, dibutuhkan biaya usaha dalam bentuk uang sebagai modal utama. Pengelolaan uang yang baik sangat berpengaruh pada sukses tidaknya manajemen yang dilakukan.

3. Bahan (Materials)

Bahan-bahan atau materials menjadi unsur manajemen berikutnya. Pengontrolan bahan-bahan yang ada sangat vital dalam proses manajemen. Pelaku usaha harus mampu memanfaatkan bahan-bahan material yang ada dengan sebaik mungkin.

4. Mesin (Machines)

Teknologi menjadi bagian penting dalam manajemen perusahaan, wujudnya dapat dilihat dari alat dan mesin. Mesin diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas berkali lipat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia saja.

5. Metode (Methods)

Untuk melakukan sebuah proses manajemen, juga dibutuhkan langkah-langkah tertentu dan disebut sebagai metode atau methods. Metode yang tepat dan benar tentu menjadi unsur manajemen yang penting agar tiap langkah berjalan efektif dan efisien.

6. Pasar (Market)

Dalam kaitannya dengan manajemen perusahaan dan industri, pasar atau market juga tak boleh dilupakan. Tujuan dan ruang lingkup perusahaan jelas harus mengikuti perkembangan pasar yang ada pada masyarakat, sehingga pasar layak dikategorikan sebagai salah satu unsur manajemen.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 unsur-unsur manajemen beserta penjelasan dan contohnya terlengkap. Unsur-unsur manajemen menjadi komponen penting dalam ilmu manajemen, baik dalam manajemen ekonomi ataupun industri.

Tinggalkan komentar