Ciri-Ciri Kelompok Sosial Menurut Para Ahli & Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-Ciri Kelompok Sosial Menurut Para Ahli & Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri kelompok sosial – Pengertian kelompok sosial secara umum adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotannya dan saling berinteraksi. Kita bisa menjumpai kelompok sosial di sekitar kita, tergantung dari macam-macam kelompok sosial itu sendiri, contoh kelompok sosial misalnya yaitu kelompok bermain, komunitas atau organisasi tertentu. Selain itu juga ada karakteristik dan ciri-ciri kelompok sosial yang meliputi adanya tujuan bersama dan hubungan timbal balik antar anggotanya.

Pengertian Kelompok Sosial

Definisi kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Sementara pengertian kelompok sosial menurut para ahli adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan timbal balik.

Suatu kelompok sosial dibentuk oleh anggota masyarakat. Selain itu terdapat beberapa jenis-jenis kelompok sosial. Secara umum macam-macam kelompok sosial antara lain yaitu kelompok statistik, kelompok kemasyarakatan, kelompok sosial dan kelompok asosiasi. Klasifikasi kelompok sosial juga mencakup aspek lain seperti kelompok sosial teratur (dan kelompok sosial tidak teratur.

Dalam kelompok sosial terjadi interaksi dan timbal balik antar anggotanya. Hal tersebut menjadi ciri utama kelompok sosial. Selain itu hal lain yang harus ada dalam sebuah kelompok sosial adalah adanya tujuan bersama atau kesamaan antar anggotanya.

(baca juga ciri-ciri lembaga sosial)

ciri-ciri kelompok sosial

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Secara umum, ada beberapa ciri dan karakteristik kelompok sosial. Berikut merupakan ciri-ciri kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto, baik ciri-ciri kelompok sosial in group atau pun kelompok sosial out group serta penjelasan lengkapnya.

  1. Terdapat hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain dalam sebuah kelompok sosial.
  2. Tiap anggota kelompok harus memiliki kesadaran bahwa ia merupakan bagian dari kelompok sosial yang bersangkutan.
  3. Terdapat faktor kesamaan tertentu yang dimiliki secara bersama oleh anggota untuk mempererat hubungan tiap anggotanya.
  4. Memiliki struktur sosial dimana keberlangsungan kelompok tergantung pada peran tiap anggota yang ditetapkan sebelumnya.
  5. Terdapat pola perilaku sosial tertentu yang jelas dalam sebuah kelompok sosial.
  6. Memiliki norma-norma kelompok dan aturan kelompok yang mengatur anggota dan harus dipatuhi oleh semua anggotanya.
  7. Memiliki sistem dan proses sosial yang telah ditentukan sebelumnya.
  8. Memiliki suatu kepentingan bersama yang menjadi tujuan utama berdirinya kelompok sosial tersebut yang harus dicapai.
  9. Merupakan satu kesatuan yang nyata sehingga dapat dibedakan dengan kelompok sosial lainnya.
  10. Memiliki struktur keanggotaan yang jelas dari hirarki tertinggi ke bawah.

Nah itulah info lengkap mengenai definisi dan pengertian kelompok sosial, macam dan tipe-tipe kelompok sosial serta ciri-ciri kelompok sosial lengkap beserta penjelasannya. Kelompok sosial memang bisa kita jumpai di sekitar kita, dan bahkan tanpa disadari kita juga termasuk dalam suatu kelompok sosial dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu yang ada.

Tinggalkan komentar