Macam-Macam Kelompok Sosial dan Contohnya Menurut Para Ahli

Macam-Macam Kelompok Sosial dan Contohnya Menurut Para Ahli

Macam-macam kelompok sosial – Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok sosial menjadi salah satu unsur-unsur sosial. Terdapat banyak macam dan jenis jenis kelompok sosial, baik kelompok sosial teratur maupun yang tidak teratur. Lantas apa saja macam macam kelompok sosial yang lain?

Secara umum, kelompok sosial tercipta dari individu-individu anggota masyarakat dan mempengaruhi sikap serta perilaku anggotanya. Pengertian kelompok sosial menurut para ahli adalah  kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubugan dengan timbal balik.

Faktor pembentuk kelompok sosial antara lain adalah kedekatan, interaksi, kesamaan dan geografis. Sejumlah ciri-ciri kelompok sosial bisa dilihat dari kesamaan antar anggotanya. Terdapat banyak contoh kelompok sosial dalam masyarakat.

Adanya kelompok sosial ini dibagi dalam klasifikasi kelompok sosial tertentu, meliputi kelompok sosial yang teratur dan kelompok sosial tidak teratur.

(baca juga ciri-ciri lembaga sosial)

macam-macam kelompok sosial

Macam-Macam Kelompok Sosial

Secara umum macam kelompok sosial dibagi menjadi dua yaitu yang teratur dan tidak teratur. Kelompok sosial teratur terdiri dari beberapa tipe kelompok seperti in-group, out-group, primer, sekunder, paguyuban, patembayan, formal, informal, membership dan reference. Sedangkan kelompok sosial tidak teratur terdiri dari kerumunan dan publik.

1. Kelompok Sosial yang Teratur

In-group

In-group adalah kelompok sosial yang individunya mengidentifikasinya dirinya dalam kelompok tersebut. Sifat kelompok in-group didasarkan pada simpati dan kedekatan dengan anggota kelompok.

Out-group

Out-group adalah kelompok yang diartikan oleh individu sebagai lawan in-groupnya atau kelompok yang ada diluar kelompok dirinya.

Kelompok primer

Pengertian kelompok primer adalah kelompok kecil yang anggotanya memiliki hubungan dekat, personal dan langgeng, contohnya adalah keluarga.

Kelompok sekunder

Pengertian kelompok sekunder adalah kelompok yang lebih besar, bersifat sementara, dibentuk untuk tujuan tertentu, dan hubungan antaranggotanya tidak bersifat pribadi sehingga biasanya tidak langgeng, contohnya adalah tim atau regu tertentu.

Paguyuban

Pengertian paguyuban adalah bentuk dari hubungan bersama yang anggota-anggotanya terikat oleh hubungan batin murni yang sifatnya alamiah dan juga kekal. Ciri-cirinya adalah hubungannya akrab dan bersifat pribadi.

Patembayan

Pengertian patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dalam jangka waktu yang pendek. Ciri-cirinya adalah hubungan bersifat formal, memiliki orientasi ekonomi dan didasarkan pada kenyataan sosial.

Grup formal

Grup formal merupakan kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur antar sesama.

Grup informal

Grup informal merupakan kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan dan pengalaman.

Membership group

Definisi membership group merupakan suatu kelompok yang didalanya setiap orang secara fisik menjadi anggotanya.

Reference group

Definisi reference group merupakan kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membetuk kepribadian dan perilakunya.

2. Kelompok Sosial Tidak Teratur

Kerumunan

Kerumunan atau crowd merupakan salah satu contoh kelompok sosial yang tidak teratur. Secara umum ada 4 jenis kelompok sosial yaitu kerumunan tidak tetap (contohnya kerumunan di jalanan), kerumunan konvensional (contohnya penonton pertunjukan), kerumunan bertindak (contohnya serbuan atau serangan bersifat dekstruktif) serta kerumunan ekspresif (contohnya anggota demonstrasi).

Publik

Pengertian publik adalah orang-orang yang berkumpul secara alamiah yang memiliki kesamaan kepentingan. Contohnya adalah orang-orang yang berkunjung ke pasar tradisional atau pengunjung mall, dimana mereka memiliki kesamaan tapi tidak terikat satu sama lain.

Jenis-Jenis Kelompok Sosial

Selain tipe kelompok sosial di atas, ada juga teori jenis kelompok sosial menurut Robert Bierstedt. Kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antarkelompok, dan kesadaran jenisnya. Berikut macam dan jenis-jenis kelompok sosial selengkapnya.

  • Kelompok statis yaitu kelompok bukan organisasi yang tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya untuk keperluan data dan statistik. Contohnya adalah kelompok penduduk usia remaja yang ada di negara tertentu.
  • Kelompok kemasyarakatan yaitu kelompok yang memiliki persamaan, tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara para anggotanya. Contohnya adalah kelompok berdasarkan jenis kelamin di suatu daerah atau desa.
  • Kelompok sosial yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan hubungan satu dengan yang lainnya tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contohnya adalah kelompok pertemuan tertentu atau kerabat dan keluarga.
  • Kelompok asosiasi yaitu kelompok yang memiliki kesadaran akan jenis dan mempunyai persamaan mengenai kepentingan pribadi maupun juga kepentingan bersama. Contohnya adalah negara, sekolah, pramuka dan organisasi kemasyarakatan.

Demikianlah info mengenai macam-macam kelompok sosial yang meliputi jenis kelompok sosial berdasarkan keteraturannya serta tipe kelompok sosial berdasarkan organisasi, hubungan sosial dan kesadarannya. Sekian ilmu pengetahuan sosial tentang macam-macam kelompok sosial kali ini, semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar