Contoh Kelompok Sosial di Lingkungan Masyarakat dan Sosiologi

Contoh Kelompok Sosial di Lingkungan Masyarakat dan Sosiologi

Contoh kelompok sosial – Kelompok sosial adalah sebuah kelompok manusia dengan keanggotaan yang saling berinteraksi. Ciri-ciri kelompok sosial meliputi adanya kesadaran dan tujuan bersama. Kita pun bisa menjumpai kelompok sosial di sekitar kita. Banyak contoh contoh kelompok sosial di lingkungan masyarakat yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari.

Pengertian kelompok sosial secara umum adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Beberapa ciri-ciri kelompok sosial adalah adanya kesadaran dan interaksi antar anggotanya. Terbentuknya kelompok sosial menjadi kebutuhan bagi manusia untuk berkumpul dan berinteraksi dengan sesama manusia lain.

Terdapat macam-macam kelompok sosial yang ada. Tipe-tipe kelompok sosial didasarkan pada ikatannya, status keanggotaannya, pencapaian tujuan, hubungan antar anggota dan identifikasi diri. Dari klasifikasi kelompok sosial juga bisa dilihat contoh-contoh kelompok sosial dalam sosiologi serta contoh contoh kelompok sosial di masyarakat sekitar kita.

contoh kelompok sosial

Contoh Kelompok Sosial

Ada banyak jenis-jenis kelompok sosial yang didasarkan pada klasifikasi kelompok sosial. Tiap macam kelompok sosial memiliki contoh masing-masing. Berikut merupakan contoh kelompok sosial berdasarkan tipe tipe kelompok sosial menurut para ahli.

Kelompok primer

Merupakan kelompok kecil yang anggotanya memiliki hubungan dekat, personal dan langgeng, yang anggotanya saling memiliki keterikatan antar indidvidu yang sangat kuat dan bersifat lama.

Contoh : Anggota keluarga, hubungan antara anggota keluarga sangat erat dan penuh kasih sayang serta bertahan dalam jangka waktu lama

Kelompok sekunder

Merupakan kelompok yang lebih besar, bersifat sementara, dibentuk untuk tujuan tertentu, dan hubungan antar anggotanya tidak bersifat pribadi. Biasanya anggotanya berjumlah lebih banyak dan keterikatannya bersifat institusional atau mereka menjadi kelompok karena diikat oleh suatu institusi atau lembaga.

Contoh : Panitia acara dan kegiatan dalam suatu lingkungan masyarakat yang terbentuk untuk menyelenggarakan acara tanpa ada ikatan pribadi

In-group

Merupakan kelompok sosial yang individunya mengidentifikasinya dirinya dalam kelompok tersebut. Kelompok ini terbentuk berdasarkan atas empati dan keterikatan anggota kepada kelompok yang mengikat

Contoh : Ibu warga RW 01 mengakui PKK RW 01 adalah kelompok mereka

Out-group

Merupakan kelompok yang diartikan oleh individu sebagai lawan in-groupnya atau kelompok yang ada diluar kelompok dirinya. Kelompok ini muncul karena anggota merasa bahwa mereka bukanlah bagian dari kelompok sosial tersebut.

Contoh : Ibu warga RW  01 tidak bisa mengakui PKK RW 05 adalah kelompok sosial mereka.

Kelompok formal

Merupakan kelompok yng memiliki aturan dan struktur yang tegas dan harus dipatuhi anggotanya tanpa terkecuali. Peraturan dalam kelompok ini bersifat mengatur.

Contoh : Lembaga negara, organisasi kemasyarakatan

Kelompok informal

Merupakan kelompok yang tidak memiliki struktur organisasi, bersifat lebih bebas dan tidak mengatur anggota di dalamnya secara keseluruhan.

Contoh : Kelompok belajar, kelompok teman bermain

Paguyuban

Merupakan kelompok sosial yang anggotanya memiliki rasa saling memiliki karena adanya keterikatan batin yang kuat, biasanya memiliki anggota yang sangat akrab satu sama lain dan bersifat eksklusif.

Contoh : Kelompok arisan, paguyuban RT, partai politik

Patembayan

Merupakan kelompok yang memiliki kepentingan pokok yang sama namun hanya bersifat sementara atau jangka pendek yang memiliki orientasi ekonomi.

Contoh : Organisasi buruh, koperasi karyawan

Kelompok keanggotaan

Merupakan sebuah kelompok yang memiliki anggota secara fisik yang mana anggotanya jelas berupa orang per orang itu sendiri.

Contoh : Kelompok anggota guru, kelompok anggota OSIS

Kelompok referensi

Merupakan kelompok yang menjadi acuan seseorang untuk bertindak dan berpikir yang mana anggotanya bisa siapa saja yang menjadikan kelompok ini sebagai acuan dalam tingkah lakunya sehari-hari.

Contoh : Kelompok pemeluk agama

Kerumunan

Merupakan kelompok orang yang memiliki keinginan yang sama pada satu waktu. Biasanya kerumunan bersifat sangat singkat dan anggota memiliki semangat menggebu-gebu yang sama dalam satu waktu.

Contoh : Penonton konser musik, anggota demo mahasiswa

Publik

Merupakan orang -orang yang berkumpul secara alamiah dan memiliki kepentingan yang sama. Umumnya publik tidak mengikat anggotanya meskipun anggotanya memiliki rencana yang sama

Contoh : Orang-orang di pasar, orang-orang di taman hiburan

Demikianlah info pengetahuan mengenai contoh kelompok sosial berdasarkan jenis dan macam-macam kelompok sosial yang ada. Banyak contoh kelompok sosial di lingkungan masyarakat yang kita jumpai sehari-hari, mulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar kita.

Tinggalkan komentar