Urutan Nama Presiden Indonesia dari Pertama Sampai Sekarang

Urutan Nama Presiden Indonesia dari Pertama Sampai Sekarang

Urutan presiden Indonesia dari pertama sampai sekarang – Indonesia adalah negara demokrasi dimana kepala negaranya adalah presiden. Sepanjang sejarahnya sudah ada 7 nama presiden Indonesia sejak merdeka tahun 1945. Daftar presiden Indonesia yang pernah menjabat ini dimulai dari presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Sementara nama presiden Indonesia sekarang adalah Joko Widodo. Lalu siapa saja nama nama presiden Indonesia dari pertama sampai sekarang lainnya yang pernah menjadi orang nomor 1 di Indonesia?

Dalam sistem pemerintahan Indonesia, jabatan presiden Indonesia menjadi kepala negara Republik Indonesia. Soekarno yang dikenal sebagai tokoh proklamator kemerdekaan menjadi presiden Indonesia pertama. Sejak itu sudah ada 7 nama presiden RI dari awal sampai sekarang.

Tentu tiap presiden Indonesia memiliki prestasi masing-masing, namun semua presiden Indonesia dianggap sebagai tokoh bangsa yang memberi kontribusi bagi kemajuan negeri. Mereka juga berkewajiban menjalankan fungsi dan tugas presiden sesuai dengan aturan undang-undang.

Berikut ini merupakan daftar nama presiden Indonesia pertama sampai sekarang. List ini menampilkan urutan nama nama presiden Indonesia dan masa jabatannya serta partai politiknya.

Urutan Nama Presiden Indonesia

UrutanNama PresidenMasa JabatanPartai Politik
1Soekarno1945-1967PNI
2Soeharto1967-1998Golkar
3BJ Habibie1998-1999Golkar
4Abdurrahman Wahid1999-2001PKB
5Megawati Soekarnoputri2001-2004PDI-P
6Susilo Bambang Yudhoyono2004-2014Demokrat
7Joko Widodo2014-?PDI-P

1. Soekarno

nama presiden indonesia soekarno

Ir. Soekarno adalah nama presiden Indonesia pertama. Ia dikenal sebagai tokoh proklamator bersama dengan Mohammad Hatta yang akhirnya menjadi wakil presiden pertama Indonesia. Soekarno lahir di kota Surabaya, Jawa Timur dengan nama asli Kusno Sosrodihardjo pada tanggal 6 Juni 1901.

Ia memilih menggunakan ejaan lama Soekarno dibanding ejaan Sukarno pada namanya. Soekarno dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan terkenal di dunia internasional. Soekarno berasal dari Partai Nasional Indonesia (PNI).

Soekarno kemudian meninggal dunia di kota Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970, hanya 3 tahun setelah lengser sebagai presiden. Ia dianugerahi gelar pahlawan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Soeharto

nama presiden indonesia soeharto

Soeharto adalah presiden kedua Indonesia yang menjabat antara tahun 1967 sampai 1998. Dengan masa jabatan presiden Indonesia mencapai 32 tahun, Soeharto menjadi presiden Indonesia dengan masa jabatan terlama. Soeharto lahir di desa kecil di Bantul, Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921.

Ia berasal dari Partai Golkar dan merupakan mantan panglima militer. Soeharto menerima mandat sebagai presiden dari Soekarno usai peristiwa Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret).

Selama menjabat sebagai presiden RI, terdapat 7 nama wakil presiden Indonesia yang mendampinginya yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX (1973-1978), Adam Malik (1978-1983), Umar Wirahadikusumah (1983-1988), Sudharmono (1988-1993), Try Sutisno (1993-1998), BJ Habibie (1998).

3. BJ Habibie

nama presiden indonesia bj habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah presiden ketiga Indonesia. lahir di Parepare pada tanggal 25 Juni 1936. Ia pun menjadi satu-satunya presiden yang pernah menjabat di Indonesia yang tidak berasal dari pulau Jawa.

Habibie menjadi presiden Indonesia setelah menggantikan posisi Soeharto yang lengser di tahun 1998 akibat krisis keuangan dan kerusuhan nasional yang semakin parah. Sebelumnya ia menjabat sebagai wakil presiden Soeharto sejak awal tahun 1998.

Habibie hanya setahun menjabat sebagai presiden sehingga menjad presiden RI dengan masa jabatan paling singkat. Sebelumnya ia dikenal sebagai insinyur dan ilmuwan. Meski menjabat dalam waktu singkat, namun kinerja BJ Habibie dipuji karena mampu menstabilkan kondisi ekonomi Indonesia menjadi lebih membaik.

4. Gus Dur

nama presiden indonesia gus dur

Abdurrahman Wahid atau biasa dikenal sebagai Gus Dur adalah presiden keempat Indonesia. Ia lahir di kota Jombang, Jawa Timur pada tanggal 7 September 1940. Gus Dur menjabat sebagai presiden mulai tahun 1999 dan lengser di tahun 2001.

Ia berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dan menjadi salah satu tokoh dalam organisasi keagaamaan Nahdlatul Ulama atau NU. Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh agama atau kyai dengan nuansa religius yang kuat.

Semasa menjabat sebagai presiden, ia didampingi oleh Megawati Soekarnoputri sebagai wakilnya. Setelah ia lengser, posisinya juga digantikan oleh Megawati. Gus Dur kemudian meninggal dunia di Jakarta pada tanggal 30 Desember 2009.

5. Megawati Soekarnoputri

nama presiden indonesia megawati

Megawati Soekarnoputri adalah presiden kelima Indonesia. Ia menjadi presiden wanita pertama dan satu-satunya di Indonesia sampai sekarang. Megawati lahir di Yogyakarta pada tanggal 23 Januari 1947. Ia merupakan anak dari Soekarno yang menjadi presiden Indonesia pertama.

Saat menjabat, wakil presiden dari Megawati adalah Hamzah Haz yang merupakan tokoh dari partai PPP. Megawati menjadi presiden Indonesia pertama yang lahir setelah Indonesia merdeka. Megawati merupakan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), salah satu partai politik di Indonesia.

Ia menjabat sebagai presiden selama 3 tahun mulai tahun 2001 sampai tahun 2004. Kini ia masih sibuk sebagai ketua umum PDI-P.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

nama presiden indonesia sby

Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa dikenal dengan inisialnya, SBY, merupakan presiden keenam Indonesia. SBY lahir di kota Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 9 September 1949. Ia menjadi presiden Indonesia pertama yang terpilih lewat pemilu langsung.

Tahun 2004 memang menjadi pemilu langsung pertama dalam sejarah Indonesia dimana SBY kemudian terpilih sebagai presiden. SBY sendiri merupakan ketua umum Partai Demokrat dan masih aktif sampai sekarang. SBY terpilih sebagai presiden selama 2 periode yakni masa jabatan 2004-2009 dan 2009-2014.

Total 10 tahun SBY menjabat sebagai presiden Republik Indonesia. Terdapat 2 nama wakil presiden selama SBY menjabat, yakni Jusuf Kalla (2004-2009) dan Boediono (2009-2014).

7. Jokowi

nama presiden indonesia jokowi

Joko Widodo atau dikenal sebagai Jokowi, merupakan presiden ketujuh Indonesia dan presiden Indonesia sekarang. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961. Ia menjabat sebagai presiden sejak tahun 2014. Sebelumnya Jokowi pernah menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur Jakarta.

Jokowi dicalonkan sebagai presiden sebagai kader Partai PDI-P. Jokowi sendiri berhasil memenangkan pemilu presiden Indonesia bersama dengan Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Ia mengalahkan lawannya, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam pemilu 2014 lalu.

Sekian info mengenai daftar urutan presiden RI pertama sampai sekarang lengkap beserta biodata, info personal, foto, partai politik, masa jabatan dan nama wakil presiden RI. Hingga kini total jumlah presiden Indonesia ada 7 mulai dari Soekarno sampai Jokowi.

Tinggalkan komentar