6+ Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negara, Bangsa dan Masyarakat

6+ Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negara, Bangsa dan Masyarakat

Apa itu ideologi? Pengertian ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Terdapat beberapa fungsi ideologi bagi bangsa dan negara.

Istilah ideologi adalah kombinasi dua kata, ‘idea’ dan ‘logos’ yang berasal dari bahasa Yunani. Idea berarti ide atau pemikiran dan logos berarti ilmu. Singkatnya, definisi ideologi bisa diartikan sebagai gagasan, kepercayaan, atau ide.

Berdasarkan uraian tersebut, dalam konsep ideologi mengandung asas hidup, kehidupan dasar, dan arahan dan tujuan bangsa dan negara. Tiap negara tentu memiliki ideologi masing-masing, termasuk juga negara Indonesia.

Lantas apa sebenarnya fungsi ideologi bagi negara, bangsa dan juga bagi masyarakat? Kami akan ulas dalam penjelasan berikut ini.

(baca juga prinsip demokrasi Pancasila)

fungsi ideologi bagi negara dan bangsa

Fungsi Ideologi Bagi Suatu Negara

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai 6 fungsi ideologi negara bagi bangsa dan masyarakat secara umum.

1.Struktur Kognitif

Fungsi ideologi bagi negara yang pertama adalah struktur kognitif. Yang dimaksud struktur kognitif merupakan segala pengetahuan dan pandangan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian di alam sekitar. 

Struktur kognitif ini menjadi acuan dalam memahami dan menyikapi segala persoalan yang menghadapi sekelompok masyarakat atau bangsa. Pemahaman ideologi oleh suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan lain-lain.

2. Orientasi Dasar

Fungsi ideologi juga berfungsi sebagai orientasi dasar. Maksudnya adalah dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.

Ideologi berperan untuk menentukan arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini penting agar sebuah negara tidak mudah terpengaruh oleh ideologi lain yang menyerang bangsa mereka sehingga bangsa tersebut menjadi tetap utuh.

3. Norma-Norma yang Menjadi Pedoman

Ideologi juga bisa berfungsi sebagai norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seorang untuk melangkah dan bertindak. Norma yang terkandung dalam ideologi menjadi pedoman bagi tiap warga negara.

Artinya segala perbuatan harus sesuai batasan norma yang terkandung dalam sebuah ideologi. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih terarah dalam bersikap dan berbuat.

4. Menentukan Identitas Diri

Fungsi ideologi juga berperan sebagai bekal dan jalan untuk menentukan identitas diri. Tentu sebagai warga negara harus mampu membangun identitas dari sebuah bangsa dan negara.

Peran ideologi penting untuk membentuk dan menentukan identitas sebuah bangsa, sehingga berbeda dari negara-negara lainnya. Hal ini menyangkut pada basis filsafat, pandangan hidup, kepribadian, dan basis negara.

5. Untuk Mencapai Tujuan Negara

Fungsi ideologi juga penting sebagai sumber kekuatan untuk mencapai tujuan. Ideologi berisikan pandangan hidup yang akan dituju dan dicapai oleh sebuah bangsa dan negara.

Ideologi menjadi faktor penting dalam merealisasikan cita-cita negara. Tanpa adanya ideologi tentu akan berkurang sumber motivasi dan pendorong dalam mencapai tujuan negara.

6. Sumber Edukasi Bagi Masyarakat

Manfaat ideologi juga tidak hanya dirasakan oleh sebuah negara secara keseluruhan saja, tapi juga bisa berfungsi bagi masyarakat, yakni fungsi edukasi atau pendidikan.

Ideologi bisa memberi pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta memolakan tingkah-lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya. 

Itulah 6 fungsi ideologi bagi suatu bangsa dan negara secara umum beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan dan pemerintahan.

Tinggalkan komentar