Ciri-Ciri Planet Merkurius Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasan

Ciri-Ciri Planet Merkurius Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasan

Ciri-ciri planet Merkurius – Dalam tata surya, terdapat 8 nama-nama planet yang mengelilingi matahari, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Nah kali ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri dan karakteristik planet Merkurius beserta gambar dan penjelasannya.

Planet Merkurius merupakan planet urutan pertama dalam tata surya, yang paling dekat dengan matahari. Planet ini juga dikenal sebagai planet terkecil serta planet dengan waktu revolusi tercepat dalam tata surya. Merkurius termasuk planet kebumian dengan ciri-ciri yang mirip dengan planet Bumi.

Merkurius diambil dari nama utusan bangsa Romawi kepada para dewa. Pengamatan tercatat dari Merkurius paling awal dimulai dari zaman orang Sumeria pada milenium ke-3 sebelum masehi. Bangsa Romawi kemudian yang pertama kali menamakan planet ini dengan nama salah satu dari dewa mereka, yakni Merkurius.

(baca juga macam-macam iklim)

ciri-ciri planet merkurius

Ciri-Ciri Planet Merkurius

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dan karakteristik planet Merkurius selengkapnya, meliputi nama lain, ciri-ciri fisik, urutan planet dalam tata surya, warna dan permukaan, jarak planet ke matahari, waktu rotasi dan revolusi, gaya gravitasi, rata-rata suhu, jumlah satelit dan cincin, komposisi penyusun, dan fakta-fakta unik planet lainnya.

Nama Lain Planet :

Dalam bahasa Inggris, planet Merkurius dikenal sebagai Mercury. Nama lain planet Merkurius adalah Utarid.

Ciri-Ciri Fisik Planet :

Planet Merkurius memiliki luas permukaan sebesar 7,48 x 107 km2. Diameter planet Merkurius mencapai 4879,4 km, dengan volume planet sebesar 6,083 x 1010 km3. Adapun massa planet Merkurius adalah 3,3022 x 1023 kg dengan kemiringan sumbu mencapai 2,11º.

Urutan Planet dalam Tata Surya :

Planet Merkurius merupakan planet urutan pertama dalam tata surya. Dengan kata lain, planet Merkurius menjadi planet terdekat dari matahari. Planet Merkurius juga termasuk kategori planet dalam, karena orbitnya berada di antara matahari dan planet Bumi.

Warna dan Permukaan Planet :

Warna planet Merkurius dilihat dari penampakannya adalah berwarna abu-abu dan mirip seperti bulan. Adapun permukaan planet Merkurius banyak memiliki cekungan-cekungan, bukit, dan kawah.

Jarak dari Planet ke Matahari :

Jarak dari planet Merkurius menuju ke Matahari adalah sekitar 57.000.000 kilometer.

Waktu Rotasi dan Revolusi :

Waktu rotasi planet Merkurius untuk berputar pada porosnya adalah 59 hari. Sedangkan waktu revolusi planet Merkurius untuk mengelilingi matahari adalah 88 hari.

Gaya Gravitasi Planet

Planet Merkurius memiliki gaya gravitasi sebesar 3.7 m/s2. Planet Merkurius juga jadi satu-satunya planet di tata surya yang tidak memiliki atmosfer karena besarnya penagruh gaya gravitasi matahari. 

Rata-Rata Suhu Planet :

Planet Merkurius memiliki rata-rata suhu mencapai 340 Kelvin atau sekitar 67 derajat Celcius.

Jumlah Satelit dan Cincin :

Planet Merkurius tidak memiliki satelit sama sekali, baik satelit alami maupun satelit buatan. Selain itu planet Merkurius juga tidak memiliki cincin.

Komposisi Penyusun Planet :

Unsur-unsur dan komposisi penyusun planet Merkurius terdiri dari oksigen molekuler (42%), natrium (29%), hidrogen (22%), helium (6%), kalium (0,5%), dan gas lain seperti argon, nitrogen, uap air, karbondioksida, xenon, dan krypton.

Fakta Unik Planet Merkurius :

Planet Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya. Selain itu planet Merkurius menjadi planet yang letaknya paling dekat dengan matahari. Planet Merkurius juga menjadi planet dengan waktu revolusi paling singkat.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri planet Merkurius beserta gambar dan karakteristik planet lengkap. Merkurius dikenal sebagai planet terdekat dengan matahari dengan ukuran terkecil dalam tata surya.

Tinggalkan komentar