12+ Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya pada Manusia [+Gambar]

12+ Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya pada Manusia [+Gambar]

Bagian-bagian jantung dan fungsinya – Jantung adalah bagian tubuh yang menjadi pusat peredaran darah (letaknya di dalam rongga dada sebelah atas). Jantung dimiliki oleh manusia serta hewan seperti burung, mamalia, ikan dan reptil.

Fungsi jantung pada manusia penting dalam sistem peredaran darah dan juga untuk pernapasan. Gangguan pada jantung akan menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu kesehatan jantung harus dijaga setiap saat.

Pada manusia, bagian-bagian jantung dibagi menjadi empat ruas, yakni atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Atrium berarti serambi, sementara ventrikel berarti bilik. Meski begitu ada pula bagian-bagian jantung lain secara rinci dengan fungsi masing-masing.

(baca juga fungsi kulit manusia)

bagian bagian jantung

Bagian-Bagian Jantung

Apa saja bagian-bagian dalam jantung? Berikut ini adalah penjelasan bagian-bagian jantung dan fungsinya.

1. Aorta

Aorta merupakan arteri terbesar yang ada dalam tubuh. Letak aorta ada di bagian atas jantung.

Fungsi aorta adalah untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

2. Vena Kava Superior

Vena kava superior atau vena cava merupakan vena besar dalam tubuh. Letak vena kava superior ada di bagian atas jantung.

Fungsi vena kava superior adalah untuk membawa kembali darah kaya karbondioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis merupakan arteri yang tugasnya mengangkut darah dari jantung menuju ke paru-paru.

Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbondioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.

4. Katup Aorta

Katup aorta merupakan katup yang memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Katup ini dapat terbuka atau tertutup, dikarenakan adanya perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup.

Fungsi katup aorta ini adalah untuk mencegah darah agar tidak mengalir ke arah yang salah.

5.  Atrium

Atrium atau serambi terdiri dari dua bagian, yakni atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada jantung.

Fungsi atrium kiri (serambi kiri) adalah adalah menerima darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri.

Sedangkan fungsi atrium kanan (serambi kanan) adalah menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbondioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

6. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis merupakan vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru menuju ke jantung, tepatnya di bagian atrium kiri. Vena pulmonalis terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.

Fungsi vena pulmonalis adalah untuk membawa darah yang kaya akan oksigen kembali ke jantung. Nantinya darah kaya oksigen tersebut akan diedarkan ke seluruh tubuh.

7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid merupakan katup yang terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini dapat terbuka jika sistole berkontraksi dan dapat menutup kembali.

Fungsi katup trikuspidalis adalah untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan. Fungsi lainnya adalah untuk membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

8. Katup Mitral

Katup mitral atau bicuspid merupakan katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini dapat terbuka saat darah yang kaya oksigen di atrium kiri akan mengalir menuju ke ventrikel kiri.

Fungsi katup mitral adalah untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri agar tidak kembali ke atrium kiri.

9. Ventrikel

Ventrikel atau bilik merupakan dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel terdiri dari dua macam yakni ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan).

Fungsi ventrikel secara umum adalah untuk menerima darah dari atrium kemudian membawanya keluar dari jantung.

Adapun fungsi ventrikel kiri atau bilik kiri adalah menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh.

Sementara fungsi ventrikel kanan atau bilik kanan adalah menerima darah dari atrium kanan dan membawanya menuju ke paru-paru.

10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar yang ada dalam tubuh manusia.

Fungsi vena kava inferior adalah untuk membawah darah dari bagian bawah tubuh menuju ke atrium kanan pada jantung.

11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler merupakan katup yang letaknya ada di antara atrium (serambi) dan ventrikel (bilik) pada jantung.

Fungsi dari katup atrioventrikular adalah untuk membuat darah agar hanya dapat mengalir dari atrium menuju ke ventrikel.

12. Dinding Jantung

Dinding jantung merupakan bagian terluar yang melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (terluar).

Endokardium terdiri dari epitel pipih selapis. Miokardium terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Sementara epikardium adalah sebuah membran fibrosa.

Fungsi dinding jantung adalah untuk membuat jantung berdetak dan mencegah supaya jantung tidak bocor.

Nah itulah 12 bagian-bagian jantung beserta fungsi dan penjelasannya secara lengkap. Jantung menjadi organ tubuh penting bagi manusia dengan fungsi dan anatomi yang kompleks.

Tinggalkan komentar