7+ Unsur-Unsur Organisasi Beserta Pengertian dan Penjelasannya

7+ Unsur-Unsur Organisasi Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Unsur-unsur organisasi – Pengertian organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Dalam organisasi juga terdapat unsur-unsur yang harus ada agar organisasi tersebut bisa berjalan dengan baik.

Organisasi berfungsi sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan dengan efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumber daya yang dimiliki. Adanya organisasi memang penting untuk mencapai tujuan secara bersama-sama dengan visi yang sama.

Terdapat banyak bentuk-bentuk organisasi, seperti organisasi politik (seperti partai politik), organisasi olahraga (seperti tim sepak bola), organisasi masyarakat (seperti karang taruna), organisasi ekonomi (seperti perusahaan), organisasi agama (seperti majelis pengajian), organisasi sosial (seperti panti asuhan), organisasi mahasiswa (seperti himpunan mahasiswa), dan lain-lain.

Agar sebuah organisasi berjalan dengan baik, maka harus terdapat beberapa unsur-unsur penting di dalamnya, seperti kerjasama, tujuan, atau perlengkapan. Tanpa adanya salah satu unsur, maka sebuah kinerja organisasi bisa terhambat dan tidak maksimal.

(baca juga pengertian perilaku organisasi)

unsur-unsur organisasi

Unsur-Unsur Organisasi

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja unsur-unsur yang ada pada setiap organisasi beserta definisi dan penjelasannya lengkap.

1. Manusia (Man)

Unsur organisasi yang pertama dan terpenting adalah manusia atau man. Sebuah organisasi akan terbentuk jika terdapat unsur manusia yang saling bekerjasama. Tiap personil dalam organisasi juga memiliki tingkatan dan fungsi masing-masing.

2. Kerjasama (Team Work)

Berikutnya juga ada unsur kerjasama atau teamwork. Organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama bila para anggotanya melakukan tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama. Kerjasama dilakukan guna mencapai tujuan bersama.

3. Tujuan (Goal)

Tujuan bersama atau goal juga menjadi unsur organisasi selanjutnya. Dalam organisasi selalu ada tujuan atau sasaran yang ingin dicapai bersama-sama, baik dari sisi prosedur, program, pola, hingga hasil akhir dari pekerjaan organisasi tersebut.

4. Peralatan (Equipment)

Unsur selanjutnya adalah peralatan atau equipment. Untuk mencapai tujuan organisasi, diperlukan sarana dan prasarana berupa alat dan kelengkapan yang memadai, bisa berupa materi, budget, barang modal dan sumber daya lainnya yang bermanfaat guna mencapai sasaran.

5. Lingkungan (Environment)

Lingkungan atau environment juga termasuk salah satu unsur organisasi. Unsur lingkungan berpengaruh pada sebuah organisasi yang berkaitan dengan faktor sosial budaya, kebijakan pemerintah, jumlah anggaran, peraturan daerah hingga kondisi ekonomi.

6. Struktur (Structure)

Selanjutnya ada unsur struktur atau structure. Unsur ini merupakan bentuk hubungan antara manusia satu dengan manusia lainnya dalam organisasi meliputi posisi, jabatan, garis komando serta pembagian tugas dan wewenang dalam organisasi.

7. Pekerjaan (Job)

Pekerjaan atau job menjadi unsur organisasi yang terakhir. Sebuah organisasi akan terbentuk jika mempunyai pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian kerja. Tiap anggota akan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Nah itulah penjelasan 7 unsur-unsur organisasi secara umum beserta pengertiannya. Dalam tiap organisasi selalu ada unsur-unsur tersebut yang saling berkaitan satu sama lain guna memastikan organisasi tersebut tetap berjalan dengan baik.

Tinggalkan komentar