Tujuan Norma Beserta Jenis dan Fungsi Norma dalam Masyarakat

Tujuan Norma Beserta Jenis dan Fungsi Norma dalam Masyarakat

Tujuan norma dan fungsi norma – Norma adalah suatu suatu aturan maupun tata tertib yang merupakan acuan bagi seseorang dalam bertingkah laku. Norma menjadi penting untuk mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Secara umum macam-macam norma terdiri dari 4 jenis, yaitu norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan dan norma hukum. Selain itu juga ada turunan norma lain seperti norma sosial, norma adat, norma rumah tangga, norma pendidikan dan lain-lain.

Adanya norma menjadi penting bagi kehidupan masyarakat. Hal ini karena tiap aktivitas kita tentu dilandasi nilai dan norma yang berlaku. Norma juga menjadi batasan bagi tingkah laku yang kita lakuin tergantung pada tempat dan waktu yang sesuai.

Di bawah ini kami akan jelaskan mengenai fungsi dan tujuan norma beserta ciri-ciri dan karakteristik norma dibahas secara lengkap dan detail.

(baca juga pengertian sosial menurut para ahli)

tujuan norma dan fungsi norma

Tujuan Norma

Apa saja tujuan norma dalam masyarakat? Norma memiliki tujuan yang bisa dirasakan pada tiap orang yang terlibat di dalamnya. Tujuan norma adalah sebagai pedoman, dasar, arahan dan tata tertib bagi anggota masyarakat dimana norma itu berlaku agar tercipa masyarakat yang teratur dan tentram serta terjadi keselarasan bagi setiap anggotanya agar dapat hidup nyaman dan tentram.

Fungsi Norma

Selain tujuan, ada juga fungsi-fungsi norma yang ada dalam masyarakat. Di antara fungsi norma dalam masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Menciptakan kenyamanan, kemakmuran serta kebahagiaan bagi pihak yang terlibat.
  • Menumbuhkan keselarasan hubungan setiap anggotanya.
  • Menjadi petunjuk bagaimana menjalin suatu hubungan antar manusia.
  • Menciptakan suasana yang tertib dan tentram dalam masyarakat.
  • Menumbuhkan landasan atau arahan menjalani hidup yang nyaman bagi masyarakat.
  • Menciptakan ketentraman hidup dalam lingkungan masyarakat yang hidup berdampingan.

Ciri-Ciri Norma

Norma memiliki ciri-ciri dan karakterisik tertentu yang bisa diamati. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai ciri-ciri norma selengkapnya.

  • Norma pada umumnya berupa aturan tidak tertulis (kecuali norma hukum).
  • Norma yang dibuat merupakan hasil kesepakatan bersama.
  • Norma yang ditetapkan harus ditaati oleh tiap elemen masyarakat.
  • Bagi yang melanggar norma akan diberi sanksi, baik sanksi sosial atau sanksi fisik.
  • Aturan norma bisa mengalami perubahan, tergantung perkembangan zaman

Nah itulah pembahasan singkat mengena tujuan norma, fungsi norma dan ciri-ciri norma dalam kehidupan masyarakat saat ini. Fungsi norma pun penting sebagai landasan dalam menjalani hidup dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Sekian info tujuan norma kali ini, semoga bisa menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar