Hakikat Demokrasi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Maknanya

Hakikat Demokrasi Menurut Para Ahli Beserta Arti dan Maknanya

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana kekuasan tertinggi ada di tangan rakyat. Hakikat demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Saat ini ada banyak contoh negara yang menganut sistem demokrasi misalnya seperti Amerika Serikat, India, Brasil, Filipina dan Indonesia. Salah satu prinsip demokrasi merupakan sistem pemerintahan dimana rakyat dilibatkan dan memegang kekuasaan tertinggi.

Pengertian demokrasi secara garis besar merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana setiap rakyat memiliki persamaan dan kesetaraan hak untuk mengemukakan pendapat, dan memilih sebuah pilihan tanpa ada unsur paksaan dari pihak lain.

Sistem pemerintahan demokrasi menganut asas yakni pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai asas dan hakikat demokrasi secara umum serta pengertian demokrasi menurut para ahli.

(baca juga fungsi ideologi)

hakikat demokrasi

Hakikat Demokrasi

Apakah hakekat demokrasi? Dari segi bahasa, kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani yakni demos yang artinya rakyat dan cratein yang artinya kekuasaan atau pemerintahan. Sehingga pengertian demokrasi bisa dipahami sebagai kekuasaan di tangan rakyat. 

Dari pengertian demokrasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa hakikat demokrasi merupakan sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Artinya rakyat memegang kekuasan tertinggi dalam sebuah pemerintahan. Demokrasi merupakan suatu sistem yang memberikan hak bersuara dan menyampaikan pendapatnya secara bebas namun tetap berpegang teguh pada ketentuan hukum yang berlaku.

Pemerintah yang tidak diakui adalah pemerintah yang tidak mendapatkan dukungan dan persetujuan dari rakyat. Rakyat memegang kendali penuh atas pemilihan pemerintahan berdasarkan persamaan pandangan dan politik tanpa ada unsur paksaan guna mencapai tujuan demokrasi.

Salah satu implementasi dari hakikat demokrasi adalah adanya pemilihan umum secara langsung untuk menentukan presiden (lewat pilpres) atau kepala daerah (lewat pilkada).

Di Indonesia, pemilu dilakukan tiap 5 tahun sekali, baik untuk memilih presiden, gubernur, walikota, bupati, anggota DPR ataupun anggota DPRD. Tiap rakyat yang memenuhi syarat dan sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) memiliki hak suara.

Contoh impelementasi hakikat demokrasi lain adalah adanya perwakilan rakyat baik di tingkat pusat lewat adanya DPR, atau di tingkat daerah lewat adanya DPRD. Anggota DPR dan DPRD bertugas menyerap aspirasi rakyat untuk disampaikan pada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli yang memuat hakikat demokrasi itu sendiri.

Menurut Joseph A. Schmeter

Arti demokrasi adalah sebuah perencanaan institusional guna mencapai suatu keputusan politik dimana setiap individu memiliki kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan yang kompetitif. 

Menurut Sidney Hook

Definisi demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan dimana keputusan penting pemerintahan baik secara langsung maupun tidak langsung didasarkan pada suatu kesepakatan mayoritas yang tercipta dari suara rakyat.

Menurut Terry L. Karl dan Philippe C. Schmiter

Pengertian demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana pihak pemerintah akan diberikan tanggung jawab atas segala tindakan mereka di wilayah publik. pemberian tanggung jawab ini didasarkan oleh keputusan yang dibuat oleh rakyat dengan melakukan pemungutan suara yang menganut asa kebebasan.

Menurut Henry B. Mayo

Definisi demokrasi adalah suatu sistem yang menunjukan kebijakan umum ditentukan berdasarkan keputusan mayoritas yang diselenggarakan dengan melakukan pemilihan secara selektif, diawasi dan dilakukan oleh rakyat dengan landasan persamaan pandangan atau politik tanpa ada paksaan dari pihak lain.

Nah itulah penjelasan hakikat demokrasi beserta pengertian dan makna demokrasi secara umum dan menurut para ahli. Indonesia adalah negara yang menganut sistem demokrasi Pancasila dan menerapkan prinsip-prinsip demokrasi.

Tinggalkan komentar