Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]

Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]

Jenis-jenis komunikasi – Komunikasi adalah proses mengirim pesan antar dua orang atau lebih. Bentuk-bentuk komunikasi sangat beragam dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Nah apa sajakah macam-macam komunikasi dilihat dari berbagai pengelompokkan seperti cara penyampaian, jenis pesan, arah informasi atau ruang lingkupnya?

Definisi komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Terdapat 6 unsur-unsur komunikasi yang meliputi pengirim pesan, penerima pesan, pesan informasi, media perantara, efek yang ditimbulkan serta umpan balik komunikasi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan komunikasi, misalnya saat berbicara pada orang lain, membaca informasi di koran atau melihat iklan di TV. Secara umum tujuan komunikasi meliputi penyampaian informasi, melakukan interaksi, mengutarakan pendapat atau mempengaruhi orang lain.

Jika dijabarkan secara luas, ada banyak bentuk-bentuk komunikasi yang ada. Misalnya ada komunikasi lewat lisan dan ada juga komunikasi lewat tulisan. Ada juga jenis komunikasi satu arah serta komunikasi dua arah. Lantas apa sajakah macam-macam komunikasi yang lainnya?

bentuk macam jenis-jenis komunikasi

Macam-Macam Komunikasi

Ada banyak macam-macam komunikasi yang ada yang dibagi berdasarkan beberapa pengelompokkan. Beberapa klasifikasi dilakukan berdasarkan cara penyampaiannya, jenis pesan yang disampaikan, jalan informasi, perilaku, aliran informasi, kelangsungan, ruang lingkup serta jumlah pelaku yang terlibat.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya beserta penjelasannya meliputi komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

1. Komunikasi Verbal

Pengertian komunikasi verbal adalah bentuk proses komunikasi dimana pesannya disampaikan dengan menggunakan kata-kata. Komunikasi verbal dapat berupa pesan melalui lisan atau pun tulisan, bisa berupa dua orang yang saling berbicara atau orang yang sedang membaca koran.

2. Komunikasi Non-Verbal

Pengertian komunikasi non-verbal adalah bentuk proses komunikasi dimana pesannya disampaikan tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat, ekspresi wajah dan kontak mata. Komunikasi ini juga meliputi gestur lain seperti intonasi, kualitas suara dan gaya bicara.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jenis Pesan yang Disampaikan

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jenis pesan yang disampaikan beserta penjelasannya meliputi komunikasi lisan dan komunikasi tertulis.

1. Komunikasi Lisan

Pengertian komunikasi lisan adalah jenis komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak. Artinya bentuk komunikasi lisan ini dilakukan antara kedua belah pihak secara bertatap muka dengan pengucapan kata-kata secara langsung.

2. Komunikasi Tertulis

Pengertian komunikasi tertulis adalah jenis komunikasi yang disampaikan lewat media tulisan dan dilakukan secara tidak langsung. Jenis komunikasi tertulis ini biasanya dapat berupa media surat, email, naskah, teks, spanduk atau pesan singkat.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jalan Informasi

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jalan informasinya beserta penjelasannya meliputi komunikasi ke atas, komunikasi ke samping dan komunikasi ke bawah.

1. Komunikasi ke Atas

Yang dimaksud komunikasi ke atas adalah bentuk komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan dalam sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

2. Komunikasi ke Samping

Yang dimaksud komunikasi ke samping adalah bentuk komunikasi yang terjadi di antara dua orang atau lebih yang memiliki kedudukan sejajar dalam sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

3. Komunikasi ke Bawah

Yang dimaksud komunikasi ke bawah adalah bentuk komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan dalam sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Perilakunya

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan perilakunya beserta penjelasannya meliputi komunikasi formal dan komunikasi non-formal.

1. Komunikasi Formal

Pengertian komunikasi formal merupakan bentuk komunikasi yang berjalan sesuai dengan hirarki kewenangan organisasi, sehingga saluran komunikasi itu telah ditetapkan oleh organisasi.

2. Komunikasi Informal

Pengertian komunikasi informal merupakan bentuk komunikasi yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak dapat pengakuan resmi serta tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi yang bersangkutan.

3. Komunikasi Non-Formal

Pengertian komunikasi non-formal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan aliran informasi beserta penjelasannya meliputi komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah.

1. Komunikasi Satu Arah

Pengertian komunikasi satu arah adalah jenis komunikasi yang menitikberatkan pada penyampaian pesan, tanpa mengharapkan umpan balik, misalnya adalah bentuk instruksi dan perintah.

2. Komunikasi Dua Arah

Pengertian komunikasi dua arah adalah jenis komunikasi yang memberikan kesempatan umpan balik terhadap pesan yang disampaikan, misalnya dua orang yang saling berbicara satu sama lain.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan kelangsungannya beserta penjelasannya meliputi komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.

1. Komunikasi Langsung

Yang dimaksud komunikasi langsung adalah jenis komunikasi yang dilakukan tanpa bantuan, campur tangan, perantara pihak lain ataupun media komunikasi serta tidak dibatasi oleh jarak.

2. Komunikasi Tidak Langsung

Yang dimaksud komunikasi tidak langsung adalah jenis komunikasi yang dilakukan melalui media atau perantara, baik itu bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat komunikasi lainnya.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Ruang Lingkupnya

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya beserta penjelasannya meliputi komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

1. Komunikasi Internal

Pengertian komunikasi internal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi di antara anggota-anggotanya saja.

2. Komunikasi Eksternal

Pengertian komunikasi eksternal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara organisasi kepada pihak masyarakat yang ada di luar organissi atau perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jumlah Pelaku yang Terlibat

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jumlah pelaku yang terlibat beserta penjelasannya meliputi komunikasi perseorangan dan komunikasi kelompok.

1. Komunikasi Perseorangan

Pengertian komunikasi perseorangan adalah jenis komunikasi yang terjadi secara perseorangan antara individu dengan individu tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga.

2. Komunikasi Kelompok

Pengertian komunikasi kelompok adalah jenis komunikasi yang terjadi dalam suatu kelompok tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang dalam kelompok tersebut.

Nah itulah bentuk-bentuk komunikasi beserta contoh dan penjelasan lengkapnya. Pengelompokkan komunikasi bisa dibagi berdasarkan jenis pesan yang disampaikan, perilaku, alur informasi, cara penyampaiannya serta ruang lingkup komunikasi tersebut.

Satu pemikiran pada “Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Contoh dan Penjelasannya [Lengkap]”

Tinggalkan komentar