Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan

Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan – Pembangunan berkelanjutan adalah terjemahan dari bahasa Inggris, sustainable development. Pengertian pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan misalnya lahan, kota, bisnis, masyarakat dan lain sebagainya yang berprinsip “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan”.

Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial.

Banyak laporan PBB, yang terakhir adalah laporan dari KTT Dunia 2005, yang menjabarkan pembangunan berkelanjutan terdiri dari tiga tiang utama dan dapat dikaji melalui tiga dimensi yaitu dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan yang saling bergantung dan memperkuat.

Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan telah diperkuat oleh kesepakatan para pemimpin bangsa, antara lain dalam Deklarasi Rio pada KTT Bumi tahun 1992, Deklarasi Millenium PBB tahun 2000, dan Deklarasi Johannesburg pada KTT Bumi tahun 2002.

(baca juga unsur-unsur negara)

Ciri Ciri Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan

Jadi dalam pembangunan berkelanjutan diharapkan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam didalamnya. Hal ini bisa dilihat dalam ciri-ciri pembangunan berkelanjutan dimana didalamnya ditekankan untuk selalu memperhatikan lingkungan dan kelestarian alam, dengan kata lain, berwawasan lingkungan.

Pada dasarnya pembangunan berwawasan lingkungan merupakan upaya sadar dan terencana yang memadukan unsur lingkungan hidup termasuk sumber daya alam ke dalam proses pembangunan. Bisa dikatakan bahwa lingkungan sebagai salah satu ciri-ciri utama pembangunan berkelanjutan.

Dengan perlunya peningkatan pembangunan yang membutuhkan eksploitasi sumber daya alam, maka pembangunan berkelanjutan haruslah dilakukan dengan tanpa merusak lingkungan dan alam. Lalu apa saja yang menjadi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri lengkapnya.

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan

  1. Digunakannya sumber energi alternatif yang terbarukan sehingga pembangunan yang sekarang juga menjamin terpenuhinya sumber energi di masa depan
  2. Selalu melakukan pengujian dan evaluasi dalam merencanakan pembangunan tentang dampak suatu pembangunan tersebut terhadap lingkungan sekitar
  3. Dalam melaksanakan pembangunan selalu menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.
  4. Melakukan inovasi di bidang teknologi, dan ilmu pengetahuan yang mengedepankan sifat keamanan/keramahan nya terhadap lingkungan
  5. Adanya pembinaan masyarakat tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan yang mana masyarakat tersebut dapat berkontribusi dengan membantu pembangunan dan melaksanakan segala aktivitas ekonomi yang mereka lakukan dengan selalu memperhatikan kebersihan dan keselamatan lingkungan.
  6. Pembangunan yang dilakukan harus berpedoman untuk selalu mempertahankan stabilitas ekonomi, politik, sosial budaya dan keamanan nasional.
  7. Memberi kemungkinan pada kelangsungan hidup dengan jalan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukungan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  8. Memberikan kesempatan kepada sektor dan kegiatan lainnya untuk berkembang bersama-sama di setiap daerah, baik dalam kurun waktu yang sama maupun kurun waktu yang berbeda secara berkesinambungan.
  9. Meningkatkan dan melestarikan kemampuan dan fungsi ekosistem untuk memasok, melindungi, serta mendukung sumber alam bagi kehidupan secara berkesinambungan.
  10. Menggunakan prosedur dan tata cara yang memerhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan, baik masa kini maupun masa yang akan datang.
  11. Pembangunan harus memerhatikan lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
  12. Pembangunan yang mencerminkan usaha dalam peningkatan produksi nasional berupa pertumbuhan ekonomi yang positif.
  13. Pembangunan yang dapat meningkatkan pendapatan per kapitan penduduk.
  14. Pembangunan dengan inovasi sesuai perkembangan zaman.
  15. Pembangunan yang dilaksanakan memperhatikan antara lingkungan fisik dan lingkungan emosi (sosialnya).
  16. Pembangunan dengna tujuan pemerataan dan keseimbangan pendapatan antara golongan dan antar daerah.
  17. Pembangunan yang membina lembaga ekonomi dan sosial, budaya, politik dan keamanan.
  18. Pembangunan dengan program dalam jangka pendek, menengah dan panjang.
  19. Pembangunan yang sesuai dengan karakteristik wilayah.
  20. Pembangunan yang dilakukan mampu memperluas lapangan dan kesempatan kerja.
  21. Pembangunan tersebut berguna dalam jangka panjang
  22. Pembangunan yang dilakukan mendasar pada nilai-nilai kemanusiaan serta memperhatikan moral atau nilai yang dianut dalam masyarakat.
  23. Meningkatkan kualitas hidup dari generasi ke generasi.
  24. Umumnya selalu memiliki masterplan.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai ciri-ciri pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan mampu melestarikan lingkungan alamnya. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar