6 Unsur-Unsur Komunikasi dan Penjelasannya [Terlengkap]

6 Unsur-Unsur Komunikasi dan Penjelasannya [Terlengkap]

Unsur-unsur komunikasi dan penjelasannya – Komunikasi adalah proses pengiriman pesan dan informasi dari 1 orang ke orang atau kelompok lain. Kita sering berkomunikasi sehari-hari, baik saat berbicara atau ngobrol dengan orang lain. Adanya komunikasi ini juga menjadi syarat interaksi sosial.

Pengertian komunikasi secara umum adalah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud bisa dipahami. Definisi komunikasi juga dapat diartikan sebagai hubungan atau kontak antara dua orang atau lebih.

Tujuan komunikasi adalah menyampaikan pesan, informasi, pendapat dan instruksi lain dari satu orang ke orang atau kelompok lainnya dengan media dan sarana tertentu. Ada banyak juga macam-macam ilmu komunikasi dari mulai komunikasi sosial, komunikasi politik, komunikasi bisnis dan lain-lain.

Selain itu terdapat unsur-unsur komunikasi yang pasti ada dalam tiap proses komunikasi. Ciri-ciri komunikasi meliputi siapa saja yang terlibat serta apa saja komponen komunikasi yang ada dan dapat diamati dalam sebuah interaksi sosial tersebut.

(baca juga contoh interaksi sosial)

unsur-unsur komunikasi

6 Unsur-Unsur Komunikasi

Terdapat 6 unsur dan komponen komunikasi yang juga menjadi landasan syarat-syarat terjadinya komunikasi. Apa saja unsur-unsurnya? Berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

1. Komunikator

Unsur komunikasi yang utama adalah komunikator atau penyampai pesan. Pengertian komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan, perasaan atau pikiran kepada pihak lain. Adanya komunikator menjadi syarat awal terjadinya sebuah komunikasi dalam interaksi sosial, baik secara langsung atau tidak langsung.

2. Komunikan

Selain komunikator, unsur-unsur komunikasi berikutnya adalah komunikan atau penerima pesan. Pengertian komunikan adalah orang atau kelompok yang dikirimi pesan, pikiran atau perasaan oleh pihak lain. Komunikan bisa terdiri dari 1 orang atau lebih dalam sebuah kelompok.

3. Pesan/Informasi

Pesan atau informasi juga termasuk salah satu unsur-unsur komunikasi. Pengertian pesan dalam sebuah komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator, dapat berupa informasi, instruksi dan perasaan. Pesan menjadi isi pokok informasi yang disampaikan dalam proses komunikasi.

4. Media/Sarana

Unsur komunikasi selanjutnya adalah adanya media, sarana atau perantara. Pengertian media dalam proses komunikasi adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan, dapat berupa lisan, tulisan, gambar, film dan lain-lain. Adanya media ini penting sebagai sarana komunikasi.

5. Efek/Dampak

Setelah komunikasi juga terdapat efek yang ditimbulkan. Pengertian efek atau dampak dalam proses komunikasi adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan. Hal ini berhubungan dengan sikap penerima pesan apakah sesuai dengan maksud yang diharapkan oleh pengirim pesan.

6. Umpan Balik

Unsur-unsur komunikasi berikutnya adalah umpan balik atau feedback. Pengertian umpan balik dalam komunikasi adalah reaksi komunikan atas pesan yang diberikan oleh komunikator kepadanya. Dalam komunikasi, bisa terjadi saling berbalas komunikasi dengan umpan balik yang berkelanjutan.

Nah demikian pembahasan 6 unsur-unsur komunikasi dan penjelasannya lengkap. Secara umum ada 6 unsur komunikasi yang menjadi syarat-syarat terjadinya komunikasi yakni komunikator, komunikan, pesan, media, efek dan umpan balik.

Tinggalkan komentar