9+ Macam-Macam Sumber Energi Beserta Manfaat dan Contohnya

9+ Macam-Macam Sumber Energi Beserta Manfaat dan Contohnya

Sumber energi merupakan segala sesuatu di alam yang bisa menghasilkan energi, terutama energi listrik dan mesin. Ada banyak macam-macam sumber energi di sekitar kita yang bisa menghasilkan tenaga listrik, misalnya seperti air atau angin, bahkan sinar mataharai yang ada di siang hari.

Seperti diketahui bahwa energi sangat penting dalam kehidupan manusia. Dari dulu manusia membutuhkan energi untuk beraktivitas, apalgi di era modern ini kita membutuhkan listrik dan mesin untuk keperluan pekerjaan dan hiburan.

Berdasarkan jumlahnya, sumber energi dibedakan menjadi dua yaitu sumber energi yang dapat terbarukan serta sumber energi yang tidak dapat terbarukan. Sumber energi yang dapat terbarukan jumlahnya sangat melimpah sehingga tidak perlu khawatir akan habis.

Sumber energi biasanya harus dimanfaatkan terlebih dahulu hingga bisa menghasilkan energi listrik, misalnya lewat pembangunan pembangkit listrik. Energi yang yang bermanfaata dapat berupa gerakan, panas, pegas, dan sebagainya.

(baca juga jenis-jenis sumber daya alam)

macam-macam sumber energi

Macam-Macam Sumber Energi

Berikut merupakan penjelasan mengenai macam-macam sumber energi beserta manfaat dan contohnya lengkap.

Energi Matahari

Energi matahari merupakan salah satu jenis sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini berasal dari sinar matahari, yang menjadi pusat tata surya. Makhluk hidup tidak akan mampu hidup di bumi tanpa adanya matahari.

Energi matahari sangat melimpah jumlahnya, terutama pada wilayah yang memiliki iklim tropis karena lebih banyak disinari matahari. Pemanfaatan sinar matahari bisa dilakukan dengan menggunakan sel surya, sehingga energi surya bisa diubah menjadi energi listrik.

Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan energi panas yang berasal dari dalam perut bumi. Jenis energi ini disebut sebagai geothermal. Panas bumi termasuk salah satu sumber energi alam yang dapat diperbaharui, bahkan dikenal sangat ramah terhadap lingkungan.

Pemanfaatan energi panas bumi dilakukan dengan membuat pembangkit listrik. Negara dengan banyak gunung berapi aktif seperti Indonesia memiliki energi panas bumi yang melimpah, namun kendala pemanfaatannya ada pada teknologi yang kurang.

Angin

Angin adalah udara yang bergerak karena adanya perbedaan suhu atau temperatur, dan bisa juga dijadikan sebagai salah satu sumber energi. Karena jumlahnya yang tidak mungkin habis, angin termasuk sumber energi yang dapat terbarukan.

Angin dapat dilakukan untuk menggerakkan kincir angin yang terhubung dengan generator atau turbin untuk menghasilkan sumber energi listrik yang berguna bagi kebutuhan hidup manusia. Banyak juga pembangkit listrik tenaga angin yang dibuat.

Air

Air juga termasuk salah satu sumber energi listrik. Hal ini diwujudkan oleh banyaknya PLTA atau pembangkit listrik tenaga air yang dibuat. Air termasuk sumber energi yang terbarukan karena air di bumi tak mungkin habis akibat adanya siklus hidrologi.

Energi air sudah lama dimanfaatkan manusia karena jumlahnya melimpah, ramah lingkungan, dan mudah digunakan. Dengan memfanfaatkan gerakan air seperti pada waduk atau air terjun, energi air bisa digunakan untuk diubah menjadi energi listrik.

Energi Biomassa

Bioenergi adalah jenis energi terbarukan yang didapatkan dari sumber biologis, umumnya biomassa. Adapun biomassa merupakan bahan organik yang menyimpan energi cahaya matahari dalam bentuk energi kimia dan dapat terbarukan.

Yang termasuk biomassa misalnya tanaman hidup, kotoran hewan, pohon mati, atau bioetanol. Bioenergi dapat menghasilkan energi listrik atau bahkan sebagai alternatif bahan bakar fosil. Kekurangan jenis energi yang dihasilkan ini kurang ramah lingkungan.

Gas Alam

Gas alam juga termasuk macam-macam sumber energi yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Yang dimaksud gas alam adalah bahan bakar fosil berbentuk gas, umumnya terdiri dari metana. Gas alam banyak ditemukan di ladang minyak atau tambang batu bara.

Tidak semua negara memiliki cadangan gas alam, meski ada beberapa negara yang memiliki cadangan gas alam melimpah. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka disebut biogas.

Pasang Surut Laut

Pasang surut air laut ternyata juga bisa jadi salah satu umber energi yang dapat terbarukan. Gelombang pasar surut dan arus laut bisa diubah menjadi energi listrik. Energi jenis ini jelas ada banyak di negara dengan wilayah perairan yang banyak pula.

Pemanfaatan pasang surut laut dianggap lebih maksimal dibanding energi surya atau angin, namun masih sedikit dilakukan. Alasannya dibutuhkan teknologi tinggi dan biaya yang mahal untuk pemanfaatan pasang surut air laut menjadi energi.

Energi Fosil

Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati dan menjadi batu atau mineral. Sumber energi ini termasuk paling sering digunakan, karena dapat digunakan menjadi berbagai produk sebut saja seperti minyak bumi dan batu bara, atau bahkan gas alam yang sudah dibahas sebelumnya.

Bahan bakar fosil sebenarnya termasuk sumber energi yang dapat terbarukan, namun membutuhkan jutaan tahun. Energi fosil pun jumlahnya sangat terbatas dan residu pembakarannya juga tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan.

Mineral Alam

Mineral alam juga termasuk salah satu sumber energi. Jenis sumber energi termasuk sumber energi yang tidak dapat terbarukan. Mineral alam bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi setelah melalui beberapa proses terlebih dahulu.

Nah itulah penjelasan 9 jenis-jenis sumber energi beserta manfaat dan contohnya, baik sumber energi yang dapat terbarukan maupun sumber energi yang tidak dapat terbarukan.

Tinggalkan komentar