Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Pengertian & Macam-Macamnya

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Pengertian & Macam-Macamnya

Jenis-jenis sumber daya alam – Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia agar lebih mudah dan bisa bertahan hidup.

Ada banyak kegunaan sumber daya alam. Di antara manfaat sumber daya alam antara lain adalah sebagai sumber energi, sebagai bahan bakar, untuk memenuhi kebutuhan makan, sebagai sumber matapencaharian, untuk menjaga keseimbangan alam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu ada banyak macam-macam sumber daya alam. Pengelompokkan jenis-jenis sumber daya alam ada bervariasi, dari mulai berdasarkan sifat, jenis, pembentukan, nilai ekonomis dan lokasinya.

jenis-jenis sumber daya alam

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Berikut akan dibagikan pengelompokkan macam-macam sumber daya alam dilihat dari berbagai aspek dan kriteria tertentu.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Menurut Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, terdapat 2 jenis sumber daya alam yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang tidak akan pernah habis dan akan terus ada, misalnya seperti hewan, tumbuhan, udara, air, sinar matahari, tanah dan sebagainya.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang mempunyai jumlah yang terbatas dan jika digunakan terus menerus akan habis, misalnya seperti bahan-bahan galian atau barang tambang.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Menurut Jenisnya

Berdasarkan jenis dan asalnya, terdapat 2 jenis-jenis sumber daya alam yakni sumber daya alam hayati atau biotik serta sumber daya alam non-hayati atau abiotik.

1. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati atau biotik adalah jenis sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam hayati dibagi menjadi dua yakni sumber daya alam yang berasal dari hewan serta sumber daya alam nabati yang berasal dari tumbuhan.

2. Sumber Daya Alam Non-Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam non-hayati atau abiotik adalah jenis sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati, misalnya saja seperti tanah, air, udara, sinar matahari dan hasil tambang.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Menurut Pembentukannya

Berdasarkan pembentukannya, terdapat 4 jenis-jenis sumber daya alam yakni sumber daya alam materi, sumber daya alam energi, sumber daya alam ruang dan sumber daya alam waktu.

1. Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam materi merupakan sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam melalui proses penambangan, pengolahan dan sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam energi merupakan sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia, misalnya seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari.

3. Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang merupakan sumber daya alam yang berupa ruang, tempat atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya. Biasanya dipengaruhi letak astronomis, topografi, maupun reliefnya.

4. Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam waktu merupakan sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim, misalnya saja air yang susah ditemui saat musim kemarau, namun sangat melimpah saat musim hujan.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Menurut Nilai Ekonomisnya

Berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, terdapat 2 jenis-jenis sumber daya alam yakni sumber daya alam ekonomis dan sumber daya alam non-ekonomis.

1. Sumber Daya Alam Ekonomis

Sumber daya alam ekonomis adalah jenis sumber daya alam yang tidak bisa didapat secara gratis dan bisa diperjualbelikan, misalnya saja seperti batu bara, minyak bumi, timah dan hasil tambang lainnya.

2. Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Sumber daya alam non-ekonomis adalah jenis sumber daya alam yang bisa didapat secara gratis dan tidak diperjualbelikan, misalnya saja seperti sinar matahari, udara dan air.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Menurut Lokasinya

Berdasarkan letak dan lokasinya, terdapat 2 jenis-jenis sumber daya alam, yakni sumber daya alam akuatik dan sumber daya terrestrial.

1. Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik merupakan sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah perairan, misalnya seperti ikan, hewan laut, rumput laut, terumbu karang dan sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Terrestrial

Sumber daya Alam terrestrial merupakan sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah daratan, misalnya seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang dan sebagainya

Nah itulah penjelasan mengenai jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan beberapa aspek dan kriteria seperti sifatnya, jenisnya, pembentukannya, nilai ekonomisnya serta lokasinya.

Tinggalkan komentar