10+ Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia dan Makhluk Hidup

10+ Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia dan Makhluk Hidup

Sumber daya alam (SDA) merupakan segala sesuatu dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Faktanya ada banyak manfaat manusia bagi kehidupan manusia, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sementara arti sumber daya alam (SDA) menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi

Ada 2 macam-macam sumber daya alam, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tidak akan habis, sementara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui jumlahnya terbatas.

Tiap sumber daya alam tentu memiliki fungsi dan manfaat masing-masing, sebut saja seperti air, angin, panas matahari, gas alam, mineral, cahaya matahari dan lain sebagainya. Lantas apa sajakah manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia secara umum?

(baca juga manfaat matahari bagi manusia)

manfaat sumber daya alam

Manfaat Sumber Daya Alam

Di bawah ini adalah 10 fungsi dan manfaat sumber daya alam (SDA), baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui beserta penjelasan lengkapnya.

1. Sebagai Sumber Energi dan Bahan Bakar

Fungsi sumber daya alam (SDA) penting sebagai sumber energi. Tanpa adanya sumber daya alam, maka manusia kesulitan mencari energi dan bahan bakar untuk kehidupan sehari-hari.

Contoh penerapan sumber daya alam untuk sumber energi dan bahan bakar bisa kita lihat saat sedang mengisi bensin kendaraan bermotor, untuk memasak, untuk menyalakan generator listrik dan lain-lain.

2. Sebagai Sumber Pembangkit Listrik

Manfaat SDA berikutnya adalah sebagai sumber pembangkit listrik. Peran sumber daya alam penting untuk generator pembangkit listrik, terutama untuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Contoh pembangkit listrik dengan sumber daya alam misalnya pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga gas (PLTG), pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya dan lain-lain.

3. Untuk Memenuhi Kebutuhan Makan Makhluk Hidup

Manfaat sumber daya alam yang juga tak kalah penting adalah sebagai sumber makanan dan nutrisi. Tidak hanya bagi manusia saja, tapi juga bagi makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan.

Manusia mencari makan berupa hewan dan tumbuhan, sementara hewan memakan tumbuhan dan hewan lain. Adapun tumbuhan membuat makanan sendiri dengan bantuan air dan cahaya matahari. Siklus tersebut membuat makhluk hidup membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan makanan.

4. Menjaga Keseimbangan Alam

Adanya sumber daya alam sangat penting untuk keseimbangan alam sekitar. Tiap sumber daya alam memiliki peran masing-masing dalam menjaga alam agar tetap lestari dan seimbang seperti sekarang.

Baik itu air, tanah, cahaya matahari dan panas bumi, semuanya dibutuhkan dan terlibat dalam siklus alam dan kehidupan. Tanpa adanya sumber daya alam bisa dibayangkan jika alam akan hancur dan rusak.

5. Sebagai Penyuplai Oksigen

Manusia dan hewan tak akan bisa hidup tanpa oksigen. Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan sebagai salah satu sumber daya alam. Sementara tumbuhan membutuhkan air dan cahaya matahari untuk menghasilkan oksigen.

Secara tidak langsung, manusia membutuhan sumber-sumber daya alam tersebut untuk tetap hidup. Jadi bisa disimpulkan bahwa tanpa adanya sumber daya alam, maka tidak akan ada kehidupan di planet Bumi seperti yang kita ketahui sekarang.

6. Sebagai Sumber Mata Pencaharian

Manfaat sumber daya alam juga penting dalam bidang pekerjaan dan keprofesian. Sumber daya alam bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian kalangan. Manusia membutuhkan SDA tertentu untuk menunjang kehidupan.

Misalnya nelayan membutuhkan air laut, angin dan ikan.  Nelayan memerlukan angin agar bisa berlayar, mereka juga butuh ikan di lautan untuk ditangkap dan dijual yang kemudian menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari.

7. Menunjang Kegiatan Perekonomian

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, sumber daya alam sangat penting untuk menunjang perekonomian global. Tidak hanya melulu sebagai sumber mata pencaharian yang telah dibahas sebelumnya.

Adanya sumber daya alam juga mendorong kegiatan ekonomi lain seperti transaksi dan perdagangan, ekspor-impor dan lain sebagainya. Kegiatan ekonomi tak akan bisa dilakukan tanpa adanya sumber daya alam.

8. Membantu Transportasi dan Mobilitas

Sumber daya alam sangat epnting untuk transportasi dan mobilitas. Adanya bahan bakar membuat kita bisa menggunakan banyak kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor, bus dan angkutan umum lain.

Alat transportasi lain seperti pesawat, kapal atau kereta api juga membutuhkan bahan bakar. Bahkan transportasi tradisional seperti perahu (membutuhkan air) dan kapal layar (membutuhkan angin) juga memerlukan sumber daya alam.

9. Membuat Barang dan Produk Tertentu

Sumber daya alam juga bisa digunakan untuk membuat barang tertentu. Misalnya tanah bisa digunakan menjadi berbagai kerajinan yang bisa dijual ke masyarakat. 

Berbagai sumber daya alam berupa mineral dan batubara juga bisa diolah menjadi berbagai produk dengan nilai jual tinggi. Fungsi ini juga bergantung pada kreativitas pembuatnya.

10. Kebutuhan Medis dan Kesehatan

Manfaat SDA berikutnya adalah digunakan untuk keperluan medis dan kesehatan. Banyak contoh obat-obatan yang diambil dari tumbuhan, misalnya seperti obat herbal, jamu dan lain-lain.

Tumbuhan-tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat ini pun penting dan bisa digunakan menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Nah itulah 10 manfaat sumber daya alam yang paling utama, baik sumber daya yang dapat diperbaharui atau yang tidak dapat diperbaharui. Semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar