15+ Manfaat Matahari Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Alam

Manfaat matahari – Matahari merupakan benda langit yang menjadi pusat tata surya. Matahari menjadi sumber energi terbesar dalam alam semesta. Selain sebagai sumber energi tak terbatas, ada banyak manfaat energi matahari bagi alam dan makhluk hidup lainnya, baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Matahari adalah bintang yang artinya memancarkan cahaya sendiri. Diameternya sekitar 1.392.684 kilometer, lebih dari 100 kali lipat diameter planet Bumi. Secara kimiawi, sekitar 75% perempat massa matahari terdiri dari gas hidrogen, sedangkan sisanya didominasi oleh gas helium.

Makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa adanya energi matahari. Kita membutuhkan matahari untuk sumber energi, penerangan di planet Bumi serta untuk mengatur tata surya. Selain itu ada banyak manfaat matahari lainnya, termasuk untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan.

Bagi kesehatan, matahari juga memiliki banyak fungsi, termasuk mengandung vitamin D. Nah di bawah ini akan dibahas mengenai fungsi dan manfaat energi matahari bagi manusia, hewan dan tumbuhan serta bagi alam secara keseluruhan.

(baca juga ciri-ciri makhluk hidup)

manfaat matahari bagi manusia, hewan, tumbuhan

Manfaat Matahari Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Berikut ini adalah beberapa manfaat energi matahari bagi alam dan makhluk hidup, baik bagi manusia, hewan dan juga bagi tumbuhan.

Sebagai Sumber Energi Tak Terbatas

Matahari memiliki fungsi sebagai sumber energi yang tak terbatas. Cahaya matahari memang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak akan pernah habis. Manusia dapat menggunakan manfaat energi matahari sampai kapan saja tanpa takut akan habis.

Sebagai Pembangkit Listrik

Manfaat energi matahari bagi manusia juga bisa digunakan sebagai pembangkit listrik energi surya. Matahari bisa digunakan untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik energi matahari atau sel surya juga ramah lingkungan dibandingkan sumber energi lainnya.

Sebagai Pengatur Tata Surya

Salah satu manfaat matahari bagi alam semesta adalah sebagai pengatur tata surya. Matahari menjadi pusat tata surya dimana tiap planet berevolusi mengitari matahari. Adanya gaya gravitasi matahari menjadi penyebabnya sehingga tata surya bisa terbentuk seperti sekarang.

Sebagai Penerangan Alami

Manfaat cahaya matahari juga berfungsi sebagai penerangan alami. Saat siang hari menjadi begitu terang karena adanya matahari. Begitu pun saat malam, sinar bulan berasal dari sinar matahari yang dipantulkan. Bumi pun tidak menjadi gelap karena adanya matahari.

Untuk Proses Pengeringan

Manfaat matahari bagi manusia juga digunakan untuk proses pengeringan. Saat kita menjemur baju, tentu kita butuh panas matahari agar cucian kita menjadi cepat kering. Meski terlihat sederhana, namun manfaat ini cukup penting dan dibutuhkan oleh manusia.

Untuk Proses Penguapan

Matahari juga membantu proses penguapan pada air laut. Hal ini turut membantu proses siklus air dari mulai air menguap hingga membentuk awan dan kemudian turun hujan. Siklus tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada matahari yang membantu proses penguapan.

Untuk Proses Fotosintesis

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan adalah untuk digunakan pada proses fotosintesis. Tumbuhan bisa menghasilkan makanan sendiri lewat proses fotosintesis yang membutuhkan cahaya matahari. Hasil fotosintesis juga penting untuk kehidupan manusia dan hewan.

Meningkatkan Kesehatan

Matahari juga dapat meningkatkan kesehatan bagi manusia, khususnya sinar matahari di pagi hari. Beberapa ahli kesehatan telah meneliti manfaat matahari bagi kesehatan misalnya yaitu mengandung vitamin D, menyehatkan tulang, meredam kolestrol darah, mengurangi gula darah, menjaga kekebalan tubuh dan sebagainya.

Menghangkatkan Tubuh Manusia dan Hewan

Kehangatan matahari juga menimbulkan manfaat bagi makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Cahaya matahari mampu menghangatkan tubuh manusia dan hewan. Panas matahari penting agar makhluk hidup tidak kedinginan dan menjadi hangat.

Membakar Lemak

Masih seputar manfaat di bidang kesehatan, manfaat energi matahari juga dapat membakar lemak pada tubuh manusia. Lemak yang ada pada manusia akan terbakar akibat cahaya matahari yang juga dapat mengurangi terserang berbagai resiko penyakit tertentu.

Menjaga Temperatur Tumbuhan

Matahari juga turut menjaga temperatur tumbuhan. Adanya cahaya matahari membuat temperatur tumbuhan menjadi stabil dan seimbang. Bagi tumbuhan, mengatur temperatur menjadi penting karena jika terlalu rendah bisa layu, namun jika terlalu tinggi bisa menjadi cepat kering.

Membantu Pertumbuhan Tumbuhan

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan berikutnya adalah membantu proses pertumbuhan bagi tumbuhan. Hal ini diwujudkan pada proses pertumbuhan bagian tumbuhan seperti daun dan bunga yang turut terbantu berkat adanya energi matahari.

Membuat Tanah Menjadi Kering

Manfaat matahari bagi alam juga dapat membantu tanah agar menjadi cepat kering. Tanah yang basah atau lembab karena air hujan atau air sungai dapat terbantu proses pengeringannya berkat adanya cahaya matahari. Tanah kering juga penting bagi penanaman tumbuhan.

Sumber Nutrisi Bagi Tumbuhan

Matahari juga menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan. Hal ini berdasarkan sebuah percoban dengan menyimpan tumbuhan pada ruangan tertutup dengan cahaya buatan. Meskipun tumbuhan masih tetap tumbuh dengan cahaya buatan, namun tumbuhan tidak mendapat energi sebaik nutrisi dari energi matahari.

Nah itulah manfaat energi matahari bagi manusia, hewan, tumbuhan dan alam secara keseluruhan. Matahari memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar