Dampak Pencemaran Tanah Bagi Manusia dan Lingkungan [Lengkap]

Dampak Pencemaran Tanah Bagi Manusia dan Lingkungan [Lengkap]

Dampak pencemaran tanah – Pengertian pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran tanah memiliki dampak dan efek negatif bagi manusia dan lingkungan.

Penyebab pencemaran biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair dan bahan kimia industri, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak dan zat kimia serta adanya illegal dumping.

Yang termasuk zat pencemar tanah antara lain adalah bio-polutan hasil ekskresi manusia dan hewan, polutan radioaktif (misalnya nitrogen, uranium), limbah urban (misalnya plastik, materi buangan), limbah pertanian (misalnya pestisida, pupuk) dan limbah industri (misalnya timbal, merkuri).

Pencemaran tanah memiliki banyak dampak negatif. Efek polusi tanah ini tidak hanya dirasakan manusia saja, tapi juga pada makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan serta pada lingkungan secara keseluruhan.

(baca juga dampak pencemaran air)

dampak pencemaran tanah

Dampak Pencemaran Tanah

Berikut beberapa dampak negatif terjadinya pencemaran tanah bagi manusia, tumbuhan dan lingkungan hidup.

Kesuburan Tanah Berkurang

Pencemaran tanah jelas berdampak bagi kualitas tanah itu sendiri. Tanah yang tercemar akan menurun kualitasnya sehingga menjadi tidak subur. Tanah yang tidak subur menjadi berkurang manfaatnya dan tidak bisa ditanami tumbuhan.

Menimbulkan Wabah Penyakit

Dampak pencemaran tanah bagi kesehatan dapat menimbulkan wabah penyakit. Banyak zat-zat kimia pencemar tanah yang berbahaya bagi tubuh manusia, sebut saja seperti zat timbele, zat benzene dan zat merkuri. Untuk itu kita harus berhati-hati pada adanya pencemaran tanah.

Tumbuhan Mati

Dampak pencemaran tanah juga dirasakan oleh tumbuhan. Tumbuhan bisa jadi layu karena tanahnya tercemar, bahkan kalau sudah parah bisa membuat tumbuhan layu dan mati. Hal ini harus diperhatikan karena tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Menyebabkan Pencemaran Udara

Terjadinya pencemaran tanah secara tidak langsung juga bisa menyebabkan pencemaran udara. Hal ini karena zat- zat yang mencemari tanah tersebut dalam jangka waktu yang lama akan membuat udara yang ada di sekitarnya menjadi tidak sehat. Akibatnya udara tersebut menjadi tidak nyaman untuk dihirup.

Merusak Ekosistem

Efek pencemaran tanah juga membuat ekosistem menjadi rusak. Tanah merupakan salah satu komponen abiotik dalam ekosistem. Tercemarnya tanah akan membuat keseimbangan ekosistem terganggu, karena tumbuhan dan organisme lain juga bergantung pada tanah.

Mengganggu Keindahan

Pencemaran tanah tentu juga akan merusak keindahan dan estetika sebauh daerah. Cobalah lihat pada tempat yang terjadi pencemaran tanah, dengan tumpukan sampah atau limbah jelas akan mengganggu pemandangan dan nilai estetika jadi berkurang.

Bau Tidak Sedap

Dampak pencemaran tanah juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Bau ini dikarenakan sampah, limbah atau zat kimia lain dengan bau menyengat yang membuat tanah menjadi tercemar. Hal ini tentu mengganggu masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Nah itulah dampak-dampak pencemaran tanah pada manusia, tumbuhan dan lingkungan beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga bisa menambah wawasan efek negatif polusi tanah.

Tinggalkan komentar