9 Kota/Kabupaten di Bali Beserta Luas Wilayahnya [Lengkap]

9 Kota/Kabupaten di Bali Beserta Luas Wilayahnya [Lengkap]

Daftar 9 nama kota/kabupaten di Bali – Provinsi Bali merupakan salah satu dari 34 provinsi di Indonesia. Pulau utamanya adalah pulau Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Ibu kota provinsi Bali adalah Denpasar. Selain Denpasar, juga terdapat kota di Bali lainnya. Kali ini akan dibahas mengenai daftar nama kabupaten/kota di provinsi Bali selengkapnya.

Bali merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil yang ada di sekitarnya, misalnya yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Secara geografis, provinsi Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Pulau Bali sangat terkenal di dunia sebagai salah satu destinasi pariwisata dan seni budaya paling favorit.

Beberapa pantai terkenal di Bali seperti Pantai Kuta atau Pantai Sanur banyak dikunjungi turis, baik turis asing maupun turis asing. Tak heran jika kemudian Bali dikenal sebagai Pulau Dewata. Bali juga dijuluki Pulau Seribu Pura karena banyaknya pura sebagai tempat ibadah Hindu yang ada di Pulau Bali.

Total terdapat 9 wilayah kabupaten dan kota yang ada di provinsi Bali. Yang paling dikenal tentunya adalah kota Denpasar yang juga menjadi ibukota Bali. Berikut akan kami bagikan info daftar kabupaten/kota di provinsi Bali secara administratif lengkap beserta pusat pemerintahan dan luas wilayahnya.

(baca juga daftar universitas negeri di Bali)

kota/kabupaten di bali

Daftar Kabupaten/Kota di Bali

NoKabupaten/KotaPusat PemerintahanLuas Wilayah
1Kabupaten BadungMangupura418,62 km2
2Kabupaten BangliBangli490,71 km2
3Kabupaten BulelengSingaraja1364,73 km2
4Kabupaten GianyarGianyar368 km2
5Kabupaten JembranaNegara841,8 km2
6Kabupaten KarangasemAmlapura839,54 km2
7Kabupaten KlungkungSemarapura315 km2
8Kabupaten TabananTabanan1013,88 km2
9Kota DenpasarDenpasar127,78 km2

Nah itulah info lengkap mengenai daftar nama kota dan kabupaten di Bali beserta luas wilayahnya dan pusat pemerintahannya terbaru dan terlengkap. Provinsi Bali dikenal sebagai salah satu provinsi Indonesia yang termasuk dalam wilayah Indonesia bagian Tengah. Bali banyak dikunjungi jutaan wisatawan baik asing atau lokal tiap tahunnya sebagai destinasi wisata favorit. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar