8+ Macam-Macam Iklan Beserta Jenis-Jenis dan Contohnya [Lengkap]

8+ Macam-Macam Iklan Beserta Jenis-Jenis dan Contohnya [Lengkap]

Macam-macam iklan – Pengertian iklan menurut KBBI adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Terdapat beberapa jenis-jenis iklan dilihat dari isi, media, dan tujuan dibuatnya.

Pembuatan iklan tentu memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Beberapa fungsi iklan antara lain adalah menginformasikan produk ke publik, meyakinkan konsumen untuk membeli produk, menarik perhatian konsumen kepada produk, menjaga citra produk, dan menambah nilai tambah pada produk.

Iklan memang bertujuan untuk mengenalkan produk, agar khalayak ramai yang jadi target konsumen tahu dan membeli produk tersebut. Tentunya kita sering menjumpai iklan dalam kehidupan sehari-hari, baik di koran dan majalah, di TV, di internet, di sosial media, atau di jalanan.

Iklan pun memiliki banyak jenis-jenis, ada yang bersifat komersial seperti iklan produk atau yang bersifat non-komersial seperti iklan layanan masyarakat dari instansi pemerintahan. Iklan juga bisa berupa iklan pengumuman atau iklan niaga.

(baca juga contoh kebutuhan tersier)

macam-macam iklan

Macam-Macam Iklan dan Jenisnya

Berikut akan dibahas apa saja macam-macam iklan menurut isinya, medianya, serta tujuan dibuatnya iklan tersebut.

Jenis-Jenis Iklan Menurut Isinya

  • Iklan pengumuman, yakni jenis iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. 
  • Iklan niaga, yakni jenis iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. 
  • Iklan layanan masyarakat, yakni jenis iklan yang bertujuan memberikan penerangan dan pencerahan mengenai sesuatu hal, biasanya disampaikan oleh lembaga pemerintah atau organisasi non-profit.

Jenis-Jenis Iklan Menurut Medianya

  • Iklan cetak, yakni jenis iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak seperti letterpess, photolitography, sablon atau inkjet, biasa ditemui di koran, majalah, tabloid, dan sebagainya.
  • Iklan elektronik, yakni jenis iklan yang menggunakan media berbasis elektronik, seperti TV, radio, film, dan internet.
  • Iklan luar ruangan, yakni jenis iklan yang medianya mencakup audiens yang berada di luar rumah, seperti spanduk, papan billboard, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Iklan Menurut Tujuannya

  • Iklan komersial, yakni jenis iklan yang bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, yang utamanya meningkatkan penjualan.
  • Iklan non-komersial, yakni jenis iklan yang dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat.

Nah itulah pembahasan mengenai macam-macam iklan beserta jenis-jenis dan contohnya lengkap. Tiap jenis iklan juga memiliki ciri-ciri dan karakteristik masing-masing. Semoga pembahasan jenis-jenis iklan tersebut bisa menambah wawasan pengetahuan,

Tinggalkan komentar