21+ Contoh Kebutuhan Tersier dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

21+ Contoh Kebutuhan Tersier dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia

Contoh kebutuhan tersier – Secara umum macam-macam kebutuhan manusia dibedakan menjadi 3, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder telah terpenuhi.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus diprioritaskan seperti sandang, pangan, dan papan. Sedangkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang penting untuk menunjang aktivitas manusia seperti ponsel, alat elektronik, kendaraan pribadi, dan alat makan.

Bagaimana dengan kebutuhan tersier? Kebutuhan tersier lebih bertujuan untuk menunjukkan status sosial dan bersifat kemewahan. Artinya jenis kebutuhan ini jadi prioritas yang terakhir, setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi.

Umumnya hanya orang-orang dengan status ekonomi tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan tersier. Kebutuhan ini pun menunjukkan kelas sosial seseorang. Pemenuhan kebutuhan ini akan memberi kepuasan dan kemewhan bagi orang tersebut.

Contoh Kebutuhan Tersier

Berikut akan dijelaskan apa saja yang termasuk contoh kebutuhan tersier manusia dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kendaraan mewah, pakaian branded, dan liburan ke luar negeri.

Kendaraan Mewah

contoh kebutuhan tersier kendaraan mewah

Contoh kebutuhan tersier yang pertama adalah kendaraan mewah. Kendaraan pribadi memang tergolong contoh kebutuhan sekunder, tapi kendaraan mewah masuk kategori kebutuhan tersier. Jenis kendaraan mewah berfungsi untuk menaikkan status sosial.

Selain itu, kendaraan mewah biasanya dimiliki untuk memberi kepuasan bagi pemiliknya. Tentu harga kendaraan mewah sangat mahal. Contoh kendaraan mewah misalnya adalah mobil sport, motor gede, jet pribadi, dan lain sebagainya.

Pakaian Branded

contoh kebutuhan tersier pakaian branded

Pakaian termasuk contoh kebutuhan primer, tapi pakaian branded masuk kategori kebutuhan tersier. Yang dimaksud pakaian branded adalah pakaian merk-merk ternama yang terkenal, dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Pakaian branded hanya dibeli oleh orang-orang kaya, dan gunanya untuk menunjukkan status ekonomi pemiliknya. Pakaian branded ini meliputi baju, tas, sepatu, dan aksesoris pakaian dengan merk terkenal lain.

Rumah Mewah

Rumah adalah kebutuhan primer, namun memiliki rumah mewah adalah kebutuhan tersier. Yang dimaksud rumah mewah adalah rumah yang besar layaknya istana. Rumah mewah tentu hanya dimiliki oleh orang-orang berduit yang kaya saja.

Selain itu umumnya orang hanya memiliki 1 rumah, sehingga jika seseorang memiliki rumah baru juga termasuk dalam contoh kebutuhan tersier. Contoh rumah mewah misalnya adalah rumah bertingkat, apartemen, villa, dan lain-lain.

Perhiasan

contoh kebutuhan tersier perhiasan

Contoh kebutuhan tersier selanjutnya adalah perhiasan-perhiasan mewah. Fungsi perhiasan hanyalah sebagai pelengkap dan memberi kesan mewah bagi penggunanya. Tidak ada keharusan bagi seseorang untuk memiliki dan memakai perhiasan.

Dengan memakai perhiasan akan menaikkan status sosial seseorang. Yang termasuk dalam perhiasan antara lain adalah kalung emas, gelang emas, cincin emas, berlian, kalung mutiara, dan lain sebagainya.

Aksesoris Mahal

Selain perhiasan, aksesoris mahal juga merupakan kebutuhan tersier. Aksesoris-aksesoris ini tidak memiliki fungsi tertentu, hanya sebagai pajangan dan untuk menunjukkan kelas sosial seseorang.

Contoh aksesoris mewah yang mahal ini antara lain adalah jam tangan branded, guci kuno, lukisan terkenal, vas bunga mahal, koleksi barang antik, dan lain sebagainya.

Wisata ke Luar Negeri

Rekreasi termasuk kebutuhan sekunder yang penting untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh. Meski begitu, jika kita rekreasi dengan berwisata ke luar negeri termasuk kebutuhan tersier. Hal ini karena berwisata bisa dilakukan di dalam negeri yang lebih terjangkau.

Dengan berliburan ke luar negeri akan menghabiskan lebih banyak biaya, baik perjalanan, akomodasi, dan tiket tempat wisata. Untuk itu berwisata ke luar negeri masuk contoh kebutuhan tersier.

Nah itulah contoh-contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan sehari-hari manusia. Terdapat beberapa kebutuhan tersier yang sering kita temui di sekitar kita, seperti mobil mewah, cincin emas, baju branded, apartemen, dan liburan ke luar negeri.

Tinggalkan komentar