Fungsi dan Tujuan Iklan Beserta Manfaat dan Penjelasannya

Fungsi dan Tujuan Iklan Beserta Manfaat dan Penjelasannya

Fungsi dan tujuan iklan – Secara umum pengertian iklan adalah bentuk kegiatan dalam mengkomunikasikan, menarik perhatian dan membujuk sebagian atau seluruh masyarakat untuk mengambil tindakan dalam merespon ide, barang, atau jasa yang dipresentasikan. 

Ada banyak jenis-jenis iklan, baik iklan komersial maupun iklan non-komersial. Khusus untuk iklan komersial diasosiasikan sebagai proses untuk membujuk masyarakat untuk membeli produk dalam iklan. Pembuatan iklan komersial dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produknya masing-masing.

Tentunya iklan menjadi sangat penting untuk strategi pemasaran suatu produk dan jasa tertentu. Tanpa adanya iklan, produk tersebut mungkin tidak dikenali oleh masyarakat yang jadi target konsumennya. Iklan pun harus dibuat secara terarah kepada segmentasi pasar.

Selain untuk mengenalkan produk, ada juga fungsi dan tujuan iklan lain. Tidak hanya sebagai bentuk promosi produk dari perusahaan, iklan juga bisa berfungsi sebagai sarana komunikasi dengan konsumen serta untuk menambah nilai tambah produk dalam iklan.

(baca juga jenis-jenis investasi)

fungsi dan tujuan iklan

Fungsi Iklan

Iklan dibuat dengan fungsi-fungsi tertentu, fungsi utamanya jelas untuk menginformasikan dan mempromosikan produk. Berikut ini akan dibahas apa saja fungsi-fungsi iklan beserta penjelasannya.

1. Menginformasikan Produk ke Publik

Fungsi iklan yang paling utama adalah memberi informasi mengenai suatu produk atau jasa tertentu pada khalayak ramai. Iklan berfungsi sebagai meda untuk memberi pengetahuan pada konsumen tentang brand tertentu yang diiklankan.

2. Meyakinkan Konsumen Untuk Membeli Produk

Iklan juga berfungsi untuk memberi sugesti dan membujuk target konsumen untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan bahasa-bahasa yang persuasif hingga mampu meyakinkan masyarakat.

3. Menarik Perhatian Konsumen Terhadap Suatu Produk

Fungsi iklan selanjutnya adalah untuk menarik perhatian target konsumen terhadap suatu produk. Dengan iklan yang menarik dan kreatif, maka masyarakat yang menjadi target konsumen akan jadi tahu dan tertarik kepada produk dalam iklan.

4. Menjaga Citra Produk

Iklan juga berfungsi untuk menjaga citra produk atau brand tertentu. Dengan terus diiklankan, maka citra publik itu tetap terjaga kualitasnya dan tetap diingat oleh masyarakat. Dengan kata lain iklan mengingatkan bahwa produk tersebut masih ada dan dijual.

5. Memelihara Hubungan Antara Perusahaan dan Konsumen

Fungsi iklan berikutnya adalah untuk memelihara hubungan abadi antara perusahaan dan konsumen. Iklan juga berfungsi untuk menjaga customer, agar target konsumen tersebut tetap membeli produk dalam iklan sesuai keinginan perusahaan.

6. Memberi Nilai Tambah pada Produk

Fungsi iklan yang terakhir adalah untuk memberi nilai tambah kepada suatu produk atau jasa tertentu. Adanya iklan produk tentu membuat produk tersebut menjadi lebih terkenal dan mudah diingat, sehingga tentu value produk tersebut juga bertambah.

Tujuan Iklan

Selain fungsi-fungsi di atas, juga ada beberapa tujuan iklan dibuat baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen. Berikut ini akan dibahas apa saja tujuan iklan beserta penjelasannya.

  • Memberikan informasi mengenai ciri-ciri produk serta keunggulan dan kegunaannya yang membuat konsumen menyadari adanya produk tersebut.
  • Membujuk dan mempengaruhi konsumen agar membeli atau menggunakan produk dalam iklan, bisa dengan cara mempengaruhi permintaan primer atau membangun permintaan sekunder.
  • Mengingatkan dan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen.
  • Memberikan nilai tambah pada produk atau brand tertentu, bisa dengan cara melakukan inovasi, meningkatkan kualitas, dan menambah nilai bagi produk dan merek tertentu dengan mempengaruhi persepsi konsumen.
  • Mendampingi proses penjualan produk tertentu, guna memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran ke konsumen.

Nah itulah beberapa fungsi dan tujuan iklan beserta penjelasannya lengkap. Ada beberapa tujuan dan fungsi pembuatan iklan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk kepada kalangan masyarakat yang menjadi target konsumennya.

Tinggalkan komentar