Ciri-Ciri Planet Mars Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-Ciri Planet Mars Beserta Gambar, Karakteristik & Penjelasannya

Ciri-ciri planet Mars – Terdapat 8 nama-nama planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari, mulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Nah kali ini akan khusus dibahas mengenai ciri-ciri dan karakteristik planet Mars beserta gambar dan penjelasan lengkapnya.

Planet Mars sering dijuluki Red Planet atau Planet Merah karena warnanya nampak kemerah-merahan jika diamati dari jauh. Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Mars juga dianggap sebagai planet yang paling menyerupai Bumi, meski belum ada bukti mampu menunjang kehidupan manusia.

Nama Mars sendiri diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet Mars menjadi planet yang paling sering muncul dalam budaya fiksi, seperti film, lagu, novel, dan sebagainya. Berbagai lembaga antariksa juga beberapa kali melakukan misi luar angkasa ke Mars.

(baca juga ciri-ciri planet Venus)

ciri-ciri planet mars

Ciri-Ciri Planet Mars

Berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dan karakteristik planet Mars selengkapnya, meliputi nama lain, ciri-ciri fisik, urutan planet dalam tata surya, warna dan permukaan, jarak planet ke matahari, waktu rotasi dan revolusi, gaya gravitasi, rata-rata suhu, jumlah satelit dan cincin, komposisi penyusun, dan fakta-fakta unik planet lainnya.

Nama Lain Planet :

Dalam bahasa Inggris, planet Mars juga dikenal sebagai Mars. Nama lain planet Mars adalah Marikh atau Martian.

Ciri-Ciri Fisik Planet Mars :

Planet Mars memiliki luas permukaan sebesar 145 juta km2. Diameter planet Mars mencapai 6794 km, dengan volume planet sebesar 1,6318 x 1011 km3. Adapun massa planet Mars adalah 6,418 x 1023 kg dengan kemiringan sumbu mencapai 25,19º.

Urutan Planet dalam Tata Surya :

Planet Mars merupakan planet urutan keempat dalam tata surya, setelah planet Merkurius, Venus, dan Bumi. Planet Mars juga termasuk kategori planet luar, karena orbitnya tidak berada di antara matahari dan planet Bumi.

Warna dan Permukaan Planet :

Warna planet Mars dilihat dari penampakannya adalah berwarna kemerah-merahan. Adapun permukaan planet Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es.

Jarak dari Planet ke Matahari :

Jarak dari planet Mars menuju ke Matahari adalah sekitar 230.000.000 kilometer.

Waktu Rotasi dan Revolusi :

Waktu rotasi planet Mars untuk berputar pada porosnya adalah 25 jam. Sedangkan waktu revolusi planet Mars untuk mengelilingi matahari adalah 687 hari.

Gaya Gravitasi Planet :

Planet Mars memiliki gaya gravitasi sebesar 3,7 m/s2. Planet ini memiliki atmosfer yang tipis dan termasuk kategori planet batuan.

Rata-Rata Suhu Planet :

Planet Mars memiliki rata-rata suhu mencapai 227 Kelvin atau sekitar -46 derajat Celcius.

Jumlah Satelit dan Cincin :

Planet Mars memiliki 2 satelit alami yakni Phobos dan Deimos. Selain itu planet Mars tidak memiliki cincin.

Komposisi Penyusun Planet :

Unsur-unsur dan komposisi penyusun planet Mars terdiri dari karbon dioksida (95,72%), nitrogen (2,7%), argon (1,6%), oksigen (0,2%), karbon monoksida (0,07%), uap air (0,03%), nitrogen monoksida (0,01%), dan gas-gas lainnya.

Fakta Unik Planet Mars :

Planet Mars adalah planet yang paling dekat dengan planet Bumi. Mars dianggap sebagai planet dengan karakteristik yang paling meyerupai Bumi. Mars juga menjadi planet terkecil kedua setelah Merkurius.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri planet Mars beserta gambar dan karakteristik planet lengkap. Mars dikenal sebagai planet terdekat dengan Bumi, serta planet dengan karakteristik yang mirip dan menyerupai planet Bumi yang kita huni.

Tinggalkan komentar