10 Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Luasnya [Lengkap]

10 Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Luasnya [Lengkap]

Daftar kabupaten/kota di NTB – Nusa Tenggara Barat adalah salah satu dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara.

Provinsi yang biasa disingkat NTB ini memiliki 10 kabupaten/kota. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah pulau Lombok yang terletak di barat dan pulau Sumbawa yang terletak di timur.

Selain itu juga ada beberapa pulau kecil lainnya yang ada di kawasan provinsi NTB. Adapun ibukota provinsi ini adalah kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

NTB juga memiliki panorama alam yang bagus terutama di pulau Lombok. Tak heran jika provinsi NTB juga cukup sering dikunjungi wisatawan, baik turis asing maupun turis lokal.

Luas wilayah provinsi NTB adalah 20.153,15 km persegi. Berikut akan kami bagikan info daftar kabupaten/kota di provinsi NTB secara administratif lengkap beserta pusat pemerintahan dan luas wilayahnya.

(baca juga daftar kabupaten/kota di NTT)

kota di ntb

Daftar Kota/Kabupaten di NTB

NoKabupaten/KotaPusat PemerintahanLuas Wilayah
1Kabupaten BimaWoha3.405,63 km2
2Kabupaten DompuDompu2.391,54 km2
3Kabupaten Lombok BaratGerung896,56 km2
4Kabupaten Lombok TengahPraya1.095,03 km2
5Kabupaten Lombok TimurSelong1.230,76 km2
6Kabupaten Lombok UtaraTanjung776,25 km2
7Kabupaten SumbawaSumbawa Besar6.643,98 km2
8Kabupaten Sumbawa BaratTaliwang1.849,02 km2
9Kota BimaBima222,25 km2
10Kota MataramMataram61,3 km2

Nah itulah info lengkap mengenai daftar nama kota di NTB lengkap beserta luas wilayahnya dan pusat pemerintahannya. Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang termasuk dalam wilayah Indonesia bagian Tengah. NTB pun banyak dikunjungi turis lokal dan asing yang ingin mengunjungi keindahan panorama NTB. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadi referensi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan komentar