Macam-Macam Demokrasi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Macam-Macam Demokrasi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Macam-macam demokrasi beserta penjelasan dan contohnya – Pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana tiap warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi menyertakan tiap warga negaranya agar berpartisipasi dalam proses pemerintahan, baik secara langsung maupun tak langsung.

Demokrasi meliputi keadaan sosial, ekonomi dan budaya yang menjamin kebebasan politik secara bebas dan setara bagi warga negaranya. Jenis-jenis demokrasi pun bermacam-macam. Sebenarnya ada banyak variasi macam-macam demokrasi. Tetapi secara umum hanya ada dua jenis demokrasi yang paling dasar yakni demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan (tak langsung).

Demokrasi langsung melibatkan semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Sementara pada demokrasi perwakilan, seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan.

(baca juga ciri-ciri negara demokrasi)

Macam-Macam Demokrasi

Klasifikasi Macam-Macam Demokrasi

Secara garis besar, jenis jenis demokrasi di dunia ini dapat diklasifikasikan melalui tiga faktor, yakni demokrasi berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi berdasarkan hubungan antar alat kelengkapan negara dan demokrasi berdasarkan prinsip ideologi. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya,

1. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Ada 2 klasifikasi demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat yaitu meliputi demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.

Demokrasi Langsung (Direct Democracy)

Pengertian demokrasi langsung adalah demokrasi yang secara langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan suatu negara. Pada demokrasi langsung, rakyat berpartisipasi dalam pemilihan umum dan menyampaikan kehendaknya secara langsung.

Demokrasi langsung juga dikenal sebagai demokrasi bersih. Di sinilah rakyat memiliki kebebasan secara mutlak memberikan pendapatnya, dan semua aspirasi mereka dimuat dengan segera di dalam satu pertemuan.

Jenis demokrasi ini dapat dipraktikkan hanya dalam kota kecil dan komunitas yang secara relatif belum berkembang, di mana secara fisik memungkinkan untuk seluruh elektrokat untuk bermusyawarah dalam satu tempat, walaupun permasalahan pemerintahan tersebut bersifat kecil.

Demokrasi langsung berkembang di negara kecil seperti Yunani Kuno dan Roma. Demokrasi ini tidak dapat dilaksanakan di dalam masyarakat yang komplek dan negara yang besar. Demokrasi murni yang masih bisa diambil contoh terdapat di wilayah Switzerland.

Mengubah bentuk demokrasi murni ini masih berlaku di Switzerland dan beberapa negara yang di dalamnya terdapat bentuk referendum dan inisiatif. Di beberapa negara sangat memungkinkan bagi rakyat untuk memulai dan mengadopsi hukum, bahkan untuk mengamendemenkan konstitusional dan menetapkan permasalahan publik politik secara langsung tanpa campur tangan representatif.

Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Democracy)

Pengertian demokrasi tidak langsung adalah demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat dalam pengambilan suatu keputusan negara secara tidak langsung, artinya rakyat mengirimkan wakil yang telah dipercaya untuk menyampaikan kehendak mereka.

Jadi disini wakil rakyat yang terlibat secara langsung menjadi perantara seluruh rakyat. Untuk mewujudkan kedaulatan ditangan rakyat diperlukan semacam lembaga legislatif (Parlemen atau senat),. karena banyaknya jumlah masyarakat di suatu negara, sehingga tidak mungkin seluruhnya duduk di lembaga tersebut.

Dalam demorasi tidak langsung ini, adanya parlemen (senat) sangat dibutuhkan untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Lembaga inilah yang semasa jabatannya diwajibkan mencari data permasalahan dari berbagai keluhan masyarakat dalam pemerintahan negara. Mereka dilengkapi dengan berbagai hak seperti hak menyelidiki, berpendapat dan mengawasi.

Dalam demokrasi tidak langsung, biasanya untuk memilih pemimpinnya diadakan pemilihan umum. Pemilihan umum itu bersistem distrik atau bersistem proporsional. Jadi dalam pemilihan umumnya rakyat tidak langsung memilih calon pemimpinnya tetapi melalui perwakilan terlebih dahulu di lembaga legislatif.

Sebagai contoh demokrasi tidak langsung, untuk memilih presiden RI, rakyat tidak langsung memilih tetapi melewati perwakilan, yaitu rakyat pertama memilih wakilnya di DPR, yang selanjutnya setelah DPR ditambah dengan utusan daerah menjadi MPR. MPR inilah kemudian yang memilih presiden.

2. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Hubungan antar Kelengkapan Negara

Ada 3 klasifikasi demokrasi menurut hubungan antar kelengkapan negaranya yaitu demokrasi perwakilan dengan sistem referendum, demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer serta demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Refrendum

Pengertian demokrasi perwakilan dengan sistem referendum adalah sistem demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat untuk memilih para wakilnya di parlemen, tetapi parlemen tersebut dikontrol oleh pengaruh rakyat melalui sistem referendum.

Referendum ialah pemungutan suara untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung dan menyeluruh. Sistem ini berlaku di negara-negara bagian Swiss yang disebut Kanton.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Parlementer

Pengertian demokrasi parlementer adalah demokrasi yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara badan eksekutif (pemerintah) dengan badan legislatif (badan perwakilan rakyat). Menteri-menteri yang menjalankan kekuasaan eksekutif diangkat atas usul suara terbanyak dalam sidang legislatif, dan bertanggung jawab kepada legislatif (parlemen).

Sistem ini disebut dengan sistem kabinet parlementer. Dalam demokrasi ini presiden atau raja berkedudukan sebagai kepala negara (bukan kepala pemerintahan, sehingga tidak dapat diminta pertanggungjawaban atas jalannya pemerintahan).

Pemerintah (badan eksekutif) menjalankan tugas atau program yang disetujui badan perwakilan rakyat (badan legislatif). Selama pemerintah menjalankan tugas sesuai kesepakatan parlemen, maka kedudukan pemerintah menjadi stabil dan mendapat dukungan parlemen. Akan tetapi, bila menyimpang parlemen dapat menjatuhkan kabinet, ini berarti para menteri harus meletakkan jabatannya.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan

Pengertian demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan adalah suatu sistem demokrasi dimana eksekutif dan legislatif kedudukannya terpisah. seperti menteri-menteri diangkat oleh presiden dan memiliki tanggung jawab kepada presiden.

Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan juga sebagai kepala pemerintahan. Jabatan presiden dan menteri tidak bergantung dari dukungan parlemen dan tidak dapat diberhentikan oleh parlemen.

Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat adalah gabungan dari demokrasi perwakilan/tidak langsung dan demokrasi secara langsung. Badan perwakilan tetap ada, namun dikontrol oleh rakyat melalui refrendum yang sifatnya obligator dan fakultatif.

3. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Secara umum, ada 3 klasifikasi demokrasi menurut prinsip ideologinya yaitu demokrasi liberal, demokrasi rakyat dan demokrasi pancasila.

Demokrasi Liberal

Pengertian demokrasi liberal adalah sistem politik yang menganut kebebasan individu. secara konstitusional hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah. Demokrasi liberal juga disebut dengan demokrasi konstitusional.

Dalam demokrasi liberal, keputusan-keputusan mayoritas yang didapatkan dari proses perwakilan atau secara langsung diberlakukan pada sebagian besar bidang-bidang kebijakan pemerintah yang tunduk pada pembatasan-pembatasan agar keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan hak-hak individu seperti tercantum dalam konstitusi.

Demokrasi liberal pertama kali dikemukakan pada Abad Pencerahan oleh penggagas teori kontrak sosial seperti Thomas Hobbes, John Locke, dan Jean-Jacques Rousseau. Semasa Perang Dingin, istilah demokrasi liberal bertolak belakang dengan komunisme ala Republik Rakyat.

Pada zaman sekarang demokrasi konstitusional umumnya dibanding-bandingkan dengan demokrasi langsung atau demokrasi partisipasi. Demokrasi liberal dipakai untuk menjelaskan sistem politik dan demokrasi barat di Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada. Konstitusi yang dipakai dapat berupa republik (Amerika Serikat, India, Perancis) atau monarki konstitusional (Britania Raya, Spanyol).

Demokrasi liberal dipakai oleh negara yang menganut sistem presidensial (Amerika Serikat), sistem parlementer (sistem Westminster: Britania Raya dan Negara-Negara Persemakmuran) atau sistem semipresidensial (Perancis).

Demokrasi Rakyat

Pengertian demokrasi rakyat adalah demokrasi yang dilandasi paham sosialis/komunis, dengan mengutamakan kepentingan negara tapi mengabaikan kepentingan perseorangan. Kekuasaan terpusat pada penguasa tertinggi dalam negara dan otoritas penguasa dapat dipaksakan kepada rakyat.

Contoh negara yang menerapkan sistem demokrasi rakyat berlaku di negara-negara komunis, sebut saja seperti Rusia, Korea Utara, Republik Rakyat China, dan negara-negara di Eropa Timur.

Demokrasi Pancasila

Pengertian demokrasi pancasila adalah demokrasi yang bersumber dari tata nilai sosial dan budaya bangsa indonesia dengan berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang ideologinya terdapat dalam Pancasila, oleh karena itu setiap sila yang terdapat dalam Pancasila harus diaplikasikan dalam kehidupan setiap rakyatnya sehari-hari untuk menunjang kemajuan negara kita.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam demokrasi dan penjelasannya secara lengkap. Ada banyak jenis-jenis demokrasi, dimana pembagian demokrasi didasarkan pada banyak faktor pula. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan mengenai sistem demokrasi.

Tinggalkan komentar