7 Contoh Negara yang Menganut Sistem Demokrasi di Dunia

7 Contoh Negara yang Menganut Sistem Demokrasi di Dunia

Contoh negara demokrasi – Demokrasi menjadi salah satu sistem pemerintahan yang dianut banyak negara. Indonesia misalnya, menjadi salah satu negara yang menganut demokrasi. Selain itu ada banyak contoh lain negara negara yang menganut sistem demokrasi dimana ciri-ciri negara demokrasi di antaranya adalah adanya kedaulatan rakyat dan pelaksanaan pemilihan umum presiden secara langsung.

Indonesia dikenal sebagai negara demokrasi Pancasila. Adapun tujuan demokrasi meliputi adanya kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Selain Indonesia, banyak juga negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi lainnya yang ada di dunia.

Yang paling terkenal misalnya adalah India dan Amerika Serikat, yang dikenal sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia menurut populasi penduduknya. Persebaran negara demokrasi pun tersebar di seluruh dunia, baik dari benua Asia, Amerika, Eropa, Afrika dan Australia.

negara yang menganut sistem demokrasi

Negara-Negara yang Menganut Sistem Demokrasi

Apa saja contoh negara demokrasi? Terdapat banyak macam-macam demokrasi yang dianut baik itu negara demokrasi liberal, negara demokrasi parlementer atau jenis demokrasi lain seperti Indonesia yang menganut demokrasi Pancasila.

Berikut contoh 7 negara penganut demokrasi terbesar yang ada di seluruh dunia berdasarkan jumlah penduduknya beserta penjelasan lengkapnya.

Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menganut sistem demokrasi. Negara ini terletak di kawasan Asia Tenggara dan beribukota di Jakarta. Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Indonesia menganut sistem demokrasi Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia dengan lima sila yang meliputi sila Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kesejahteraan dan Keadilan.

Amerika Serikat

Amerika Serikat bisa dibilang sebagai contoh negara demokrasi paling populer di dunia. Bagaimana tidak, tiap pemilihan umum presiden Amerika Serikat selalu menjadi sorotan dunia. Amerika Serikat memiliki jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia dan menjadi salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

India

Dengan total populasi penduduk sebesar 1,3 miliar jiwa, India dinobatkan sebagai negara demokrasi terbesar di dunia. Negara ini terletak di Asia Selatan dan beribukota di kota New Delhi. Pemilu India pun menjadi pemilihan umum dengan partisipasi penduduk terbanyak di dunia.

Brasil

Salah satu contoh negara demorkasi di Amerika Selatan adalah Brasil. Negara yang terkenal dengan sepak bola ini juga menganut sistem pemerintahan demokrasi dengan bentuk pemerintahan republik federal. Brasil juga menerapkan sistem pemilihan presiden secara langsung.

Jepang

Jepang masuk dalam 5 besar negara yang menganut demokrasi terbesar di dunia. Fakta negara ini berada di kawasan Asia Timur, sedangkan ibukotanya adalah Tokyo. Jepang mendapat nilai 7,99 dalam indeks demokrasi dunia yang menjadi indikator contoh negara demokrasi.

Meksiko

Negara ini terletak di bagian selatan Amerika Serikat. Meksiko juga menjadi salah satu dari negara negara yang menganut sistem demokrasi. Bentuk pemerintahannya adalah presidensial dan federal. Dengan populasi penduduk sebesar 123 juta jiwa, Meksiko menjadi salah satu negara demokrasi terbesar.

Filipina

Satu lagi negara demokrasi di Asia Tenggara selain Indonesia, yaitu Filipina. Negara ini merupakan negara kepulauan dan beribukota di kota Manila. Filipina menerapkan sistem pemilu secara langsung yang melibatkan warga Filipina. Negara ini memiliki indeks demokrasi sebesar 6,94.

Nah itulah pengetahuan dunia mengenai 7 contoh negara demokrasi terbesar di seluruh dunia beserta penjelasan lengkapnya update terbaru. Beberapa negara yang menganut sistem demokrasi di dunia yang terkenal misalnya yaitu India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil dan Jepang.

Tinggalkan komentar