Tujuan Demokrasi dalam Kehidupan Bernegara Secara Umum Lengkap

Tujuan Demokrasi dalam Kehidupan Bernegara Secara Umum Lengkap

Tujuan demokrasi secara umum – Sistem pemerintahan demokrasi adalah sistem pemerintahan yang banyak dianut oleh negara-negara di dunia. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang berkedaulatan rakyat. Indonesia termasuk negara dengan sistem negara demokrasi, atau lebih tepatnya tepatnya demokrasi Pancasila.

Tujuan demokrasi dalam kehidupan bernegara mencakup banyak aspek mulai dari kedaulatan rakyat, kebebasan berpendapat dan kekuasaan pemerintahan. Dari beberapa ciri-ciri negara demokrasi di antaranya adalah adanya kebebasan pers dan media, persamaan hak bagi semua warga negara, adanya pemilihan umum secara langsung serta pemerintahan yang ada di tangan rakyat.

Selain itu ada beberapa tujuan, manfaat dan fungsi demokrasi yang ingin dicapai dengan penerapan sistem pemerintahan ini.

(baca juga macam-macam demokrasi)

tujuan demokrasi

5 Tujuan Demokrasi

Tujuan demokrasi secara umum adalah menciptakan kehidupan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur dengan konsep yang mengedepankan keadilan, kejujuran dan keterbukaan. Pada konsepnya, tujuan demokrasi dalam kehidupan bernegara juga meliputi kebebasan berpendapat dan kedaulatan rakyat.

Berikut ini akan kami jelaskan tujuan demokrasi dalam kehidupan bernegara secara umum lengkap beserta penjelasannya.

Memberi kebebasan dalam berpendapat dan berekspresi

Dalam negara demokrasi, rakyat memiliki kebebasan untuk memberikan pendapat dan menyuarakan aspirasi dan ekspresi di muka umum. Hal ini menjadi hal yang fundamental bagi negara demokrasi, termasuk juga di Indonesia yang menganut demokrasi Pancasila.

Mencegah perselisihan antar kelompok

Demokrasi juga betujuan untuk mencegah terjadinya perselisihan dan konflik. Dalam negara demokrasi, masalah konflik yang terjadi diselesaikan dengan musyawarah hingga diharapkan dengan menganut sistem demokrasi bisa mencegah adanya perselisihan antar kelompok.

Menciptakan keamanan dan ketertiban bersama

Tujuan demokrasi secara umum juga untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman bersama pada masyarakat. Demokrasi menjamin hak-hak tiap warga dan mengedepankan musyawarah untuk memechkan solusi bersama hingga keamanan bersama bisa terjalin.

Mendorong masyarakat aktif dalam pemerintahan

Demokrasi mengedepankan kedaulatan rakyat. Artinya rakyat dilibatkan dalam proses pemerintahan, mulai dari pemilihan umum secara langsung hingga memberi aspirasi terkait kebijakan publik. Rakyat juga didorong untuk aktif terlibat dalam bidang politik guna memajukan kinerja pemerintahan negara tersebut.

Membatasi kekuasaan pemerintahan

Kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi ada di tangan rakyat. Artinya rakyat berhak memberi aspirasi dan kritik pada pemerintahan. Sistem negara demokrasi juga bertujuan untuk membatasi kekuasaan pemerintahan agar tidak menjadi diktator atau kekuasaan absolut.

Demikianlah info pemerintahan mengenai 5 tujuan dan manfaat demokrasi secara umum dan lengkap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penjelasan tersebut dikutip dari berbagai sumber. Semoga saja artikel tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar