Jenis-Jenis Gaya Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis-Jenis Gaya Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis-jenis gaya dan contohnya – Gaya adalah dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas (tak terikat) atau merupakan besaran yang mempunyai besar dan arah tertentu. Terdapat beberapa macam-macam gaya baik gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Pengertian gaya dalam ilmu fisika adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda yang memiliki massa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, atau konstruksi geometris. Secara singkat gaya dapat diartikan sebagai gaya diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan kepada suatu benda. 

Gaya memiliki besaran dan arah serta termasuk kuantitas vektor dan dilambangkan dengan simbol F. Satuan gaya adalah Newton (N). Kita pun sering melakukan gaya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu aktivitas kita.

Secara umum macam-macam gaya dibedakan menjadi dua yakni gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh contohnya adalah gaya gesek dan gaya pegas. Sedangkan gaya tak sentuh misalnya adalah gaya magnet atau bisa juga gaya listrik.

(baca juga jenis-jenis magnet)

jenis-jenis gaya

Jenis-Jenis Gaya Sentuh

Gaya sentuh merupakan jenis gaya yang dilakukan dengan sentuhan langsung dengan objek yang dikenai gaya. Artinya terdapat sentuhan atau kontak langsung antara subjek yang memberi gaya dan benda atau objek yang dikenai gaya.

Yang termasuk dalam gaya sentuh antara lain adalah gaya otot, gaya gesek, dan gaya pegas.

1. Gaya Otot

Pengertian gaya otot adalah jenis gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh, bisa berupa dorongan atau tarikan terhadap suatu benda yang dihasilkan. Contoh gaya otot adalah saat kita menendang bola atau mendorong lemari.

2. Gaya Gesek

Pengertian gaya gesek adalah jenis gaya yang timbul karena disebabkan adanya dua benda yang saling bergesekan. Contoh gaya gesek adalah saat kita mengerem ban atau mengasah pisau.

3. Gaya Pegas

Pengertian gaya pegas adalah jenis gaya yang timbul karena disebabkan oleh pegas atau benda yang memiliki sifat elastis. Contoh gaya pegas adalah saat kita melempar dari ketapel atau melesatkan panah dari busurnya.

Jenis-Jenis Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh adalah salah satu jenis gaya yang timbul tanpa terjadi sentuhan dengan objek yang dikenai gaya. Artinya tidak terdapat sentuhan atau kontak langsung antara subjek yang memberi gaya dan benda atau objek yang dikenai gaya.

Yang termasuk dalam gaya tak sentuh antara lain adalah gaya gravitasi, gaya magnet, dan gaya listrik.

1. Gaya Gravitasi

Pengertian gaya gravitasi adalah jenis gaya tarik menarik pada semua partikel yang memiliki massa di alam semesta, misalnya gaya gravitasi bumi. Contoh gaya gravitasi bumi adalah buah jatuh dari pohon ke tanah.

2. Gaya Magnet

Pengertian gaya magnet adalah jenis gaya yang diakibatkan oleh magnet atau benda-benda yang memiliki sifat magnetis. Contoh gaya magnet adalah besi akan menempel pada magnet batang jika didekatkan.

3. Gaya Listrik

Pengertian gaya listrik adalah jenis gaya yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik dan benda elektromagnetik lainnya. Contoh gaya listrik adalah kipas listrik akan menyala jika dialiri sumber listrik.

Nah itulah penjelasan mengenai macam-macam gaya beserta contohnya, baik jenis-jenis gaya sentuh dan tak sentuh. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan umum.

Tinggalkan komentar