Tujuan dan Manfaat Akuntansi Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Tujuan dan Manfaat Akuntansi Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Tujuan dan manfaat akuntansi – Tiap perusahaan atau instansi tentu dibutuhkan praktek akuntansi. Kegiatan akuntansi penting untuk mencatat laporan keuangan dan finansial perusahaan. Selain itu tujuan akuntansi juga bermanfaat bagi perusahaan, investor, dan pemerintah.

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, atau dan lembaga pemerintah. 

Menurut KBBI, definisi akuntansi secara umum adalah sebuah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Kegiatan akuntansi pun memiliki manfaat yang penting, misalnya untuk mengetahui informasi laporan keuangan perusahaan untuk pihak-pihak terkait, baik pihak internal maupun pihak eksternal.

(baca juga fungsi dan tujuan administrasi)

manfaat akuntansi

Manfaat Akuntansi

Ada beberapa manfaat akuntansi baik pada lingkup perusahaan, pemerintahan, dan keluarga. Berikut beberapa fungsi dan manfaat akuntansi beserta penjelasannya.

1. Menyediakan Informasi Keuangan

Manfaat akuntansi yang utama menyediakan informasi keuangan pada pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam perusahaan, informasi keuangan sangat dibutuhkan sebagai bahan pengambilan keputusan serta untuk membuat langkah rencana bisnis ke depannya.

2. Sebagai Bentuk Laporan pada Pihak Eksternal

Selain pada pihak internal, laporan keuangan juga penting ditujukan pada pihak eksternal terkait, misalnya investor atau rekan bisnis. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan transparansi keuangan perusahaan.

3. Sebagai Bahan Evaluasi dan Pengambilan Keputusan

Fungsi akuntansi juga penting sebagai bahan evaluasi perusahaan. Hal ini digunakan untuk merefleksikan penggunaan budget dan kas keuangan, yang nantinya digunakan untuk bahan pengambilan keputusan ke depannya agar lebih tepat dan terarah.

4. Untuk Mengontrol Keuangan Perusahaan

Akuntansi sangat penting fungsinya untuk mengontrol keuangan perusahaan. Akuntansi dapat memberi informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan, secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan.

5. Sebagai Alat Pertanggungjawaban

Manfaat akuntansi berikutnya adalah sebagai bukti keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, semua biaya operasional yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan karena sudah tertulis dan tercatat secara detail.

6. Untuk Mengalokasikan Sumber Daya

Tujuan akuntansi juga penting untuk mengalokasikan sumber daya yang tersedia secara tepat. Sumber daya seperti modal jika diinvestasikan dengan tepat bisa menghasilkan laba untuk perkembangan usaha. Adanya informasi keuangan bisa digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dengan benar.

7. Membantu Pencatatan Ekonomi Keluarga

Manfaat akuntansi juga dapat dirasakan pada sektor keuangan keluarga. Akuntansi penting untuk membantu pencatatan ekonomi keluarga dalam lingkup rumah tangga, dalam kehidupan sehari-hari.

8. Untuk Menghitung Jumlah Pajak yang Dibayarkan

Akuntansi juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah pajak perusahaan yang dibayarkan. Pencatatan keuangan dan penghasilan perusahaan, dapat digunakan untuk mengkoversi dan menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan perusahaan tersebut.

Tujuan Akuntansi

Bagi Perusahaan

Tujuan investasi bagi perusahaan penting untuk memberi informasi laporan keuangan pada pihak-pihak terkait. Pelaporan ini menimbulkan kesan bahwa perusahaan tersebut dikelola dengan baik, sehingga menciptakan iklim investasi yang baik.

Bagi Investor

Tujuan akuntansi bagi investor penting untuk mendapatkan informasi laporan perusahaan atau instansi terkait. Hal ini untuk mencegah adanya penipuan atau praktek bisnis yang salah, sehingga investor dapat melakukan investasi di perusahaan yang tepat.

Bagi Pemerintah

Tujuan akuntansi bagi pemerintah penting untuk memeriksa perusahaan atau praktek bisnis yang ada di bawah otoritasnya. Melalui instansi-instansi pemerintah, tujuannya untuk mengecek laporan keuangan perusahaan serta memastikan bahwa sumber dana perusahaan legal dan tidak terjadi pelanggaran hukum.

Nah demikian penjelasan mengenai fungsi, tujuan, dan manfaat akuntansi secara umum, baik bagi masyarakat, perusahaan, investor, dan bagi instansi pemerintahan terkait.

Tinggalkan komentar