Ciri-Ciri Negara Demokrasi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-Ciri Negara Demokrasi Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri negara demokrasi secara umum – Sistem pemerintahan demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang berkedaulatan rakyat. Banyak negara yang menganut sistem demokrasi salah satunya adalah Indonesia. Demokrasi pun memiliki unsur-unsur dan ciri ciri yang utama. Kali ini akan dibahas mengenai ciri-ciri negara demokrasi secara umum yang berkedaulatan rakyat lengkap beserta penjelasannya.

Demokrasi melibatkan rakyat dalam setiap aspek bernegara dan pemerintahan. Rakyat juga berpartisipasi dalam pemilihan umum legislatif dan untuk memilih presiden. Selain itu tiap warga negara juga dijamin hak-haknya dengan perlakuan yang sama tanpa membeda-bedakan.

Beberapa tujuan demokrasi antara lain untuk memberi kebebasan dalam berpendapat, menciptakan keamanan bersama serta mendorong masyarakat agar lebih aktif lagi terlibat dalam politik dan pemerintahan. Kekuasaan pemerintah pada negara yang menganut sistem demokrasi juga akan terbatas sehingga tidak akan terjadi pemerintahan yang otoriter atau sewenang-wenang.

(baca juga contoh negara demokrasi)

ciri-ciri negara demokrasi

Ciri-Ciri Negara Demokrasi

Ada sekitar 7 ciri-ciri yang ada pada sebuah negara dengan sistem demokrasi. Berikut akan dijelaskan ciri-ciri negara demokrasi secara umum selengkapnya.

Adanya keterlibatan rakyat

Ciri pokok negara demokrasi adalah adanya keterlibatan rakyat. Tiap warga negara berhak untuk dilibatkan dalam proses demokrasi dan pemerintahan termasuk dalam pengambilan keputusan politik baik secara langsung maupun tidak langsung.

Persamaan hak bagi seluruh warga negara

Dalan negara demokrasi, semua warga negara memiliki derajat yang sama. Mulai dari rakyat miskin, pengusaha, pejabat hingga presiden, semuanya memiliki kedudukan yang sama dalam mendapat hak, termasuk hak mendapat pendidikan dan hak mendapat perlakuan hukum yang adil.

Kebebasan pers dan media

Adanya kebebasan pers merupakan salah satu faktor penting yang membedakan negara demokrasi dengan negara yang menganut sistem pemerintahan lainnya. Pers dan media memiliki kebebasan untuk menyampaikan berita selama masih berada dalam norma dan aturan hukum yang diberlakukan.

Pemilihan umum secara langsung

Negara demokrasi juga memberlakukan pemilihan umum atau pemilu yang melibatkan warga secara langsung. Pemilu ini diadakan dalam berbagai tingkat, mulai dari pemilu kepala daerah (pilkada), pemilu legislatif hingga pemilu presiden (pilpres). Pilpres diadakan tiap 5 tahun sekali dan menganut asas luber jurdil yaitu langsung umum bebas rahasia jujur adil.

Tidak ada monopoli pemerintahan

Dalam neagra demokrasi tidak ada monopoli pemerintahan. Hal ini diwujudkan dengan adanya minimal lebih dari 1 partai politik. Misalnya di Amerika Serikat terdapat 2 partai politik yaitu partai Demokrat dan partai Republik. Di Indoensia lebih banyak lagi karena terdapat lebih dari 10 partai politik di Indonesia.

Kebebasan dan kemerdekaan individu

Tiap warga negara memiliki kemerdekaan dan kebebasan individu. Artinya tiap warga negara bebas dan tidak terikat serta berhak melakukan apa saja selama sesuai dengan norma dan aturan hukum yang berlaku. Tiap warga juga memiliki hak dan kewajiban termasuk hak mengemukakan pendapat.

Pemerintahan di tangan rakyat

Demokrasi sering diartikan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Suatu negara demokrasi memiliki kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Artinya pemerintahan juga harus mendengar aspirasi dari rakyat dan mempertimbangkannya dalam membuat suatu kebijakan. Ada juga lembaga DPR (dewan perwakilan rakyat) sebagai lembaga perwakilan rakyat di parlemen.

Nah itulah info pemerintahan mengenai ciri-ciri negara demokrasi lengkap beserta penjelasannya. Negara demokrasi memang merupakan sistem pemerintahan dimana rakyat memiliki kebebasan dan kemerdekaan serta hak dan kewajiban yang sama. Ada banyak macam-macam demokrasi. Negara Indonesia pun termasuk negara yang menganut sistem demokrasi yaitu demokrasi Pancasila.

Tinggalkan komentar