Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran dan Penjelasannya [Lengkap]

Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran dan Penjelasannya [Lengkap]

Unsur-unsur administrasi – Pengertian administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Fungsi administrasi sangat penting pada keberlangsungan sebuah perusahaan.

Dalam tiap industri dan bisnis, memang dibutuhkan ilmu administrasi, guna melakukan perencanaan, penyusunan jadwal, dan penyelenggaraan sebuah usaha. Saat ini profesi yang menegerjakan di bidang administrasi sering disebut sebagai admin.

Tugas-tugas administrasi pun sangat penting dan tidak bisa dipandang remeh, di antaranya melakukan entry data, mengelola dokumen, memilah surat dan panggilan masuk, melakukan penyusunan agenda dan jadwal, menyiapkan akomodasi kunjungan kerja, dan sebagainya.

Administrasi pun terdapat dalam berbagai bidang, dari mulai industri, ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Dalam ilmu administrasi, juga terdapat unsur-unsur tertentu yang menjadi dasar dalam melakukan kegiatan administratif.

(baca juga unsur-unsur manajemen)

unsur-unsur administrasi

Unsur-Unsur Administrasi

Secara umum terdapat 8 unsur-unsur administrasi, di antaranya yaitu organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, ketatausahaan, perbekalan, serta relasi publik atau hubungan masyarakat.

Di bawah ini akan diinfokan mengenai apa saja unsur-unsur administrasi beserta penjelasannya secara lengkap.

1. Organisasi

Organisasi menjadi salah satu unsur-unsur administrasi yang utama. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam organisasi, terdapat kegiatan perencanaan, penyusunan jadwal, dan pembagian tugas yang membutuhkan ilmu-ilmu administrasi.

2. Manajemen

Unsur administrasi selanjutnya adalah manajemen. Yang dimaksud manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Adapun fungsi manajemen adalah melakukan perencanaan yang tepat untuk mencapai tujuan tertentu dengan sumber daya yang ada.

3. Komunikasi

Komunikasi juga termasuk unsur dari administrasi. Pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Dalam komunikasi bisa dilakukan secara verbal atau tertulis.

4. Kepegawaian

Kepegawaian adalah proses yang berhubungan dengan pegawai dan tenaga kerja dalam sebuah industri atau perusahaan. Dalam kepegawaian, meliputi hal-hal seperti perekrutan, pelatihan, pembagian tugas, penempatan, promosi, hingga pemberhentian kerja bagi seorang pegawai.

5. Keuangan

Unsur administrasi lainnya adalah keuangan. Dalam administrasi, keuangan menjadi hal yang dibutuhkan dalam pembiayaan dan operasional perusahaan. Pengelolaan keuangan perusahaan yang baik menjadi kunci kesuksesan perusahaan, yang membutuhkan administrasi yang baik pula.

6. Ketatausahaan

Ketatausahaan adalah kegiatan untuk menyelanggarakan sebuah usaha. Administrasi erat kaitannya dengan tata usaha, yang meliputi kegiatan menginput, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan dokumen-dokumen penting dalam industri dan perusahaan.

7. Perbekalan

Dalam administrasi, perbekalan adalah proses pemenuhan perlengkapan dan alat-alat yang dibutuhkan kantor perusahaan. Hal-hal yang terkait perbekalan adalah pemesanan, pengadaan barang serta bagian penyimpanan barang dan pergudangan.

8. Relasi Publik

Unsur-unsur administrasi yang terakhir adalah relasi publik atau hubungan masyarakat (humas). Fungsinya terkait dengan interaksi dan hubungan dengan pihak luar organisasi atau perusahaan, bisa berupa mitra kerja, klien, konsumen, atau masyarakat sekitar.

Nah demikian penjelasan 8 unsur-unsur administrasi perkantoran pada industri dan perusahaan. Terdapat 8 unsur administrasi meliputi organisasi, manajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, ketatausahaan, perbekalan, dan relasi publik.

Tinggalkan komentar