Fungsi Wawasan Nusantara Beserta Tujuan dan Penerapannya

Fungsi Wawasan Nusantara Beserta Tujuan dan Penerapannya

Tujuan dan fungsi wawasan nusantara – Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaanya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan nusantara penting untuk diterapkan di Indonesia, apalagi kondisi negara Indonesia sangat beragam, terdiri dari banyak suku, ras, agama, dan kelompok-kelompok masyarakat. Adanya prinsip wawasan nusantara diharapkan mampu menjadi alat pemersatu bangsa.

Peran wawasan nusantara juga terlihat dalam proses mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. Pada akhirnya fungsi wawasan nusantara menjadi penting guna mencapai tujuan nasional dan kepentingan bersama masyarakat di Indonesia.

Terdapat 6 asas wawasan nusantara di antaranya yaitu asas kepentingan bersama, asas keadilan, asas kejujuran, asas solidaritas, asas kerja sama, dan asas kesetiaan. Asas-asas tersebut merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan demi terwujudnya wawasan nusantara.

fungsi wawasan nusantara

Fungsi Wawasan Nusantara

Secara umum ada 4 fungsi utama wawasan nusantara yakni sebagai konsepsi ketahanan nasional, sebagai wawasan pembangunan, sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara serta sebagai wawasan kewilayahan Indonesia.

Berikut ini akan dijelaskan fungsi-fungsi wawasan nusantara di Indonesia beserta pembahasannya.

1. Sebagai Konsepsi Ketahanan Nasional

Fungsi wawasan nusantara yang pertama adalah sebagai konsepsi ketahanan nasional. Maksudnya wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.

2. Sebagai Wawasan Pembangunan

Fungsi wawasan nusantara berikutnya adalah sebagai wawasan pembangunan. Dengan kata lain, wawasan nusantara mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

3. Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan Negara

Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara. Wawasan nusantara menjadi pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.

4. Sebagai Wawasan Kewilayahan

Fungsi dari wawasan nusantara yang terakhir berfungsi sebagai wawasan kewilayahan. Artinya wawasan nusantara berfungsi juga dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara-negara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

Terdapat dua tujuan wawasan nusantara, yakni tujuan nasional dan tujuan ke dalam, seperti dijelaskan sebagai berikut :

1. Tujuan Nasional

Tujuan wawasan nusantara secara nasional dapat dilihat dalam pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

2. Tujuan ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial. Dengan kata lain, tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.

Nah demikianlah 4 fungsi wawasan nusantara beserta tujuan dan penjelasannya secara lengkap. Wawasan nusantara penting untuk diterapkan pada negara Indonesia yang beragam.

Tinggalkan komentar