Tujuan Kebugaran Jasmani | Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Tujuan Kebugaran Jasmani | Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Manfaat dan tujuan kebugaran jasmani – Aktivitas olahraga dan latihan kebugaran jasmani menjadi penting untuk dilakukan oleh tiap orang. Tujuan utama kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, serta menjaga kebugaran tubuh.

Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan tugas atau pekerjaan secara maksimal tanpa mengalami kelelahan serta mampu untuk melakukan aktivitas berikutnya. Singkatnya kebugaran jasmani berkorelasi dengan daya tahan tubuh kita.

Artinya kita bisa tetap fit dan bugar dalam melakukan aktivitas sehari-hari, meski telah melakukan tugas atau latihan secara maksimal. Komponen kebugaran jasmani terdiri dari kecepatan, kekuatan, kelenturan, keseimbangan, kelincahan, ketepatan, daya otot, dan sebagainya.

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dan teratur, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan. Tujuan kebugaran jasmani bisa berdampak pada kesehatan secara fisik atau mental.

(baca juga macam-macam seni rupa)

tujuan kebugaran jasmani

Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani

Ada beberapa manfaat kebugaran jasmani yang bisa kita dapatkan. Tujuan latihan kebugaran jasmani sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh bisa tetap bugar.

Berikut merupakan penjelasan mengenai fungsi, tujuan dan manfaat kebugaran jasmani selengkapnya.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Latihan kebugaran jasmani membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan daya tahan tubuh akan meningkat. Metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan sistem imun juga akan meningkat pula.

2. Meningkatkan Kelenturan Sendi

Manfaat kebugaran jasmani juga penting untuk melenturkan persendian tubuh. Latihan secara rutin akan membuat otot-otot tubuh dan anggota gerak menjadi lebih lentur. Kelenturan sendi juga penting untuk meminimalisir terjadinya cedera akibat benturan dengan objek lain.

3. Menguatkan Tulang-Tulang

Fungsi lain dari kebugaran jasmani adalah mampu memperkuat tulang. Tulang-tulang dalam tubuh akan menjadi lebih luat, sehingga kekuatan tubuh akan meningkat. Hal ini juga mampu mencegah pengeroposan tulang sejak dini.

4. Meningkatkan Kecepatan Tubuh

Dampak lain dari rutinitas latihan kebugaran jasmani adalah mampu meningkatkan kecepatan. Dengan latihan lari dan jogging, kecepatan kita akan meningkat, baik refleks dan reaksi tubuh, atau kecepatan dalam lari jarak pendek atau jauh.

5. Meningkatan Kekuatan Otot

Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan kekuatan tubuh. Dengan tulang-tulang yang diperkuat, kekuatan otot tubuh kita juga akan menjadi lebih kuat. Dampaknya kekuatan tubuh secara keseluruhan juga akan meningkat dan mampu membawa beban-beban berat tanpa mengalami kesulitan.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Latihan kebugaran jasmani juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh manusia. Dengan latihan rutin, kinerja jantung akan meningkat, sehingga mampu optimal dalam memompa darah ke seluruh jaringan dalam tubuh.

7. Meningkatkan Stamina Tubuh

Salah satu manfaat kebugaran jasmani adalah mampu meningkatkan energi dan stamina tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang meningkat, maka stamina juga akan meningkat sehingga mampu melakukan pekerjaan tanpa rasa lelah.

8. Mengurangi Stress

Kebugaran jasmani juga bisa berdampak pada perkembangan mental, yakni dapat mengurangi tingkat stress. Dengan berolahraga secara teratur, pikiran akan menjadi lebih jernih dan rileks, sehingga akan mampu meredakan stres yang berlebihan.

9. Mencegah Obesitas

Obesitas adalah gangguan berat badan yang berlebihan. Dengan melakukan latihan dan olahraga teratur, akan mampu mencegah terjadinya obesitas. Olahraga rutin akan mampu membakar lemak sehingga berat badan akan terkontrol agar menjadi lebih ideal.

10. Meningkatkan Kecerdasan

Latihan kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kecerdasan, kok bisa? Latihan yang rutin akan mampu meningkatkan kinerja otak. Dengan fisik yang bugar, kinerja otak juga menjadi lebih optimal, sehingga tingkat konsentrasi dan daya ingat akan meningkat.

Nah itulah penjelasan 10 tujuan utama latihan kebugaran jasmani beserta fungsi dan manfaatnya. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan mengenai manfaat latihan kebugaran jasmani.

Tinggalkan komentar