Macam-Macam Seni Rupa Beserta Jenis-Jenis, Cabang dan Contohnya

Macam-Macam Seni Rupa Beserta Jenis-Jenis, Cabang dan Contohnya

Macam-macam seni rupa dan contohnya – Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Terdapat banyak jenis-jenis seni rupa yang ada, berdasarkan fungsinya, wujudnya, atau teknik pembuatannya.

Karya seni rupa merupakan wujud ungkapan dan ekspresi perasaan manusia yang diwujudkan atau dituangkan melalui pengolahan media dan penataan unsur-unsurnya sesuai prinsip desain. Seni rupa akan memberikan kepuasan batin bagi seniman pembuatnya.

Selain sebagai wujud ekspresi seniman, fungsi seni rupa juga bisa digunakan untuk peralatan kehidupan sehari-hari, keperluan ritual keagamaan, dan mengenang persitiwa tertentu. Bahkan seni rupa juga dapat dikomersialkan sebagai sebuah profesi.

Faktanya terdapat banyak macam-macam seni rupa yang ada. Jenis-jenis seni rupa bisa berupa seni lukis, seni patung, seni grafis, dan lain-lain. Tiap cabang-cabang seni rupa dibedakan berdasarkan teknik pembuatannya yang berbeda satu sama lain.

(baca juga contoh globalisasi)

macam-macam seni rupa

Macam-Macam Seni Rupa

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja macam-macam seni rupa beserta contoh, teknik pembuatan, dan penjelasannya, baik berdasarkan fungsinya maupun wujudnya.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Terdapat 2 macam-macam seni rupa berdasarkan fungsi dan kegunanaannya, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut merupakan penjelasan seni rupa murni dan terapan beserta contoh dan perbedaannya.

1. Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan jenis seni rupa yang menghasilkan karya hanya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja. Dalam proses pembuatannya seni ini tidak terlalu memperdulikan nilai-nilai praktis tetapi lebih kepada nilai estetisnya.

Contoh karya seni rupa murni misalnya adalah lukisan, kaligrafi, seni fotografi, patung, relief bangunan, dan sebagainya.

2. Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan jenis seni rupa yang mempunyai fungsi dan kegunaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Artinya seni rupa terapan mengandung nilai fungsi tertentu, selain dari pada nilai seni dan estetika yang dimilikinya.

Contoh karya seni rupa terapan misalnya adalah rumah adat, pahat, keramik, tekstil, seni kriya, dan sebagainya.

Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Terdapat 2 macam-macam seni rupa berdasarkan wujudnya, yakni seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Berikut merupakan penjelasan seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi beserta contoh dan perbedaannya.

1. Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi (2D) adalah jenis seni rupa yang karyanya hanya memiliki dua sisi saja yaitu panjang dan lebar. Artinya dalam karya seni rupa 2 dimensi tidak memiliki ruang karena tidak mempunyai ketebalan.

Teknik membuat karya seni rupa 2 dimensi antara lain adalah teknik plakat, teknik transparan, teknik kolase, serta teknik 3M yaitu melipat, menggunting, dan merekat.

Contoh karya seni rupa 2 dimensi misalnya yaitu lukisan, kaligrafi, fotografi, dan seni grafis lainnya.

2. Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi (3D) adalah jenis seni rupa yang karyanya mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Artinya dalam karya seni rupa 3 dimensi terdapat volume dan ketebalan yang menempati ruang.

Teknik membuat karya seni rupa 3 dimensi antara lain adalah teknik aplikasi, teknik merakit, teknik mozaik, teknik menganyam, teknik makrame, teknik membangun, teknik menuang/cor, teknik pahat, teknik menjahit, dan sebagainya.

Contoh karya seni rupa 3 dimensi misalnya yaitu patung, pahat, relief, arsitektur, seni kriya, keramik, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Ada banyak jenis-jenis dan contoh seni rupa yang banyak dibuat, baik seni grafis, seni kriya, seni arsitektur, dan sebagainya. Berikut merupakan jenis-jenis seni rupa dan contohnya.

1. Seni Lukis

Seni lukis merupakan jenis karya seni rupa berupa kegiatan pengolahan unsur-unsur seni rupa seperti garis, bidang, warna dan tekstur pada bidang dua dimensi. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

2. Seni Grafis

Seni grafis merupakan jenis seni rupa dimana pembuatannya menggunakan alat atau teknik cetak yang umumnya di atas kertas, misalnya seperti pada poster dan sablon. Salah satu ciri khas utama seni grafis adalah dapat diperbanyak dengan mudah.

3. Seni Kriya

Seni kriya adalah jenis seni rupa hasil daya cipta manusia melalui keterampilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibuat dari bahan-bahan alam. Karya seni ini memang lebih menekankan pada keterampilan tangan pembuatnya.

4. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah seni rupa berupa seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari tulisan untuk menerangkan, menyampaikan, menghiasi, dan memudahkan pembaca untuk memahami suatu cerita, tulisan, maupun informasi lainnya, misalnya seperti komik atau karikatur.

5. Seni Patung

Seni patung merupakan cabang seni rupa yang diwujudkan melalui pengolahan unsur-unsur seni rupa pada bidang tiga dimensi. Teknik yang digunakan untuk membuat seni patung bisa teknik memahat, teknik ukir, teknik cor, dan sebagainya.

6. Seni Arsitektur

Seni arsitektur atau seni bangunan merupakan jenis seni rupa berupa merancang bangunan, lingkungan, perencanaan kota, lanskap, atau desain produk. Selain memperhatikan nilai estetisnya, seni arsitektur mengembangkan nilai praktis dari karya yang dihasilkan.

Nah itulah penjelasan macam-macam seni rupa beserta cabang dan contohnya lengkap. Ada banyak jenis-jenis seni rupa jika dilihat dari wujudnya, fungsinya, serta cabang-cabang dan tekniknya.

Tinggalkan komentar