Faktor Penghambat Integrasi Nasional Beserta Contoh dan Penjelasannya

Faktor Penghambat Integrasi Nasional Beserta Contoh dan Penjelasannya

Faktor penghambat integrasi nasional – Pengertian integrasi nasional adalah proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia.

Integrasi nasional memiliki fungsi penting untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Apalagi mengingat Indonesia merupakan negara yang beragam dan terdiri dari banyak jumlah suku bangsa, sehingga integrasi nasional diharapkan bisa menyatukan perbedaan budaya yang ada.

Terdapat beberapa faktor pembentuk integrasi nasional di antaranya adalah adanya persamaan nasib dan perjuangan, rasa cinta tanah air, budaya gotong royong, adanya ideologi nasional, keinginan untuk bersatu, serta munculnya semangat persatuan bangsa Indonesia.

Meski begitu juga ada faktor-faktor yang mampu menghambat terjadinya integrasi nasional. Faktor-faktor penghambat integrasi nasional bisa berupa faktor internal (dari dalam negeri) atau faktor eksternal (dari luar negeri).

(baca juga nama-nama pulau di Indonesia)

faktor penghambat integrasi nasional

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Berikut ini adalah faktor-faktor pendukung integrasi nasional yang mendorong terjadinya integrasi nasional beserta penjelasannya.

Beragamnya Masyarakat Indonesia

Salah satu faktor penghambat integrasi nasional yang utama adalah masyarakat Indonesia yang beragam. Indonesia terdiri dari banyak suku, ras, dan budaya yang berbeda-beda, sehingga mampu menghambat terjadinya integrasi nasional.

Wilayah Geografis Indonesia yang Luas

Wilayah geografis Indonesia begitu luas, terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kondisi ini dapat memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa karena jarak yang luas dengan budaya yang berbeda-beda.

Paham Etnosentrisme

Adanya paham etnosentrisme juga menjadi faktor penghambat terjadinya integrasi nasional. Etnosentrisme merupakan sikap menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain, sehingga mampu mengancam persatuan bangsa.

Nilai Budaya Bangsa Melemah

Nilai-nilai budaya bangsa dapat melemah akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, baik melalui kontak langsung maupun kontak tidak langsung. Hal ini menjadi faktor penghambat integrasi nasional di era modern ini.

Kurangnya Kesadaran Diri

Faktor penghambat integrasi nasional juga disebabkan karena kurangnya kesadaran diri. Banyak masyarakat Indonesia yang bersifat egois dan individualis, dan hanya mementingkan kepentingan pribadi dibanding kepentingan nasional.

Pembangunan yang Tidak Merata

Saat ini proses pembangunan infrastruktur masih terpusat di wilayah-wilayah tertentu, yakni di pulau Jawa, sehingga menimbulkan kesenjangan dalam berbagai bidang.

Rendahnya Toleransi

Sikap intoleransi warga Indonesia bisa jadi faktor yang menghambat terjadinya integrasi nasional. Toleransi harus ditegakkan untuk memperkuat persatuan bangsa Indonesia.

Potensi Ancaman dari Dalam dan Luar Negeri

Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Nah itulah beberapa faktor-faktor penghambat integrasi nasional beserta penjelasan lengkapnya. Faktor-faktor tersebut menghambat terjadinya integrasi nasional di Indonesia.

Tinggalkan komentar