Faktor Pembentuk Integrasi Nasional Beserta Contoh dan Penjelasannya

Faktor Pembentuk Integrasi Nasional Beserta Contoh dan Penjelasannya

Faktor pembentuk integrasi nasional – Integrasi nasional adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. Terdapat faktor-faktor pendukung integrasi nasional yang menyebabkan terjadinya di Indonesia.

Pengertian integrasi nasional secara umum adalah proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Peran dan fungsi integrasi nasional penting untuk menyatukan perbedaan dan keragaman di Indonesia. Indonesia adalah negara yang beragam yang terdiri dari berbagai macam jenis suku dan budaya, yang memiliki puluhan ribu pulau.

Keragaman tersebut tentu membutuhkan sebuah payung yang mampu menyatukan perbedaan di bawah semangat nasionalisme, hingga kemudian munculnya integrasi nasional.

Tentu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya integrasi nasional, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat integrasi nasional. Faktor pendukung mendorong terjadinya integrasi nasional, sebaliknya faktor penghambat menghambat terjadinya integrasi nasional di Indonesia.

(baca juga asas wawasan nusantara)

faktor pembentuk integrasi nasional

Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

Berikut ini adalah faktor-faktor pendukung integrasi nasional yang mendorong terjadinya integrasi nasional beserta penjelasannya.

Rasa Senasib dan Seperjuangan

Faktor pendukung integrasi nasional bisa disebabkan adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah. Hal ini juga terjadi saat masa penjajahan dulu yang membuat masyarakat Indonesia merasakan nasib dan perjuangan yang sama.

Ideologi Nasional

Salah satu fungsi ideologi nasional juga menjadi faktor pendorong terjadinya integrasi nasional. Ideologi nasional di Indonesia ini tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Keinginan Untuk Bersatu

Faktor lain yang mendorong integrasi nasional adalah adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda.

Ancaman dari Luar

Adanya ancaman dari luar juga bisa membentuk integrasi nasional. Gangguan dan ancaman asing ini menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia

Penggunaan Bahasa Indonesia

Faktor pendukung lain adalah penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang mampu menyatukan masyarakat Indonesia, sehingga tidak ada kendala untuk komunikasi antar ras dan suku.

Semangat Persatuan

Adanya semangat persatuan dan kesatuan dalam bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia, tentu juga menjadi faktor yang turut mendukung terjadinya integrasi nasional.

Pandangan Hidup Kebangsaan

Adanya kepribadian dan pandangan hidup kebangsaan yang sama, yaitu Pancasila, menjadi nilai yang dijunjung warga Indonesia dan mendorong terjadinya integrasi nasional.

Budaya Gotong Royong

Indonesia dikenal dengan budaya gotong royongnya. Adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat menjadi ciri khas kepribadian bangsa Indonesia.

Rasa Cinta Tanah Air

Faktor pembentuk integrasi nasional yang terakhir adalah adanya rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia. Hal ini digunakan untuk mengisi kemerdekaan di negara Indonesia.

Nah itulah beberapa faktor-faktor pembentuk integrasi nasional beserta penjelasan lengkapnya. Faktor-faktor tersebut mendorong terjadinya integrasi nasional di Indonesia.

Tinggalkan komentar