6+ Asas Wawasan Nusantara Beserta Contoh dan Penjelasannya

6+ Asas Wawasan Nusantara Beserta Contoh dan Penjelasannya

Asas wawasan nusantara – Pengertian wawasan nusantara adalah sebuah cara pandang Indonesia tentang diri dan lingkungan berdasarkan ide nasional yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945. Penerapan dan implementasi wawasan nusantara ini sedianya dilakukan di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Hakikat wawasan nusantara dijadikan sebagai dasar pengetahuan suatu bangsa untuk hidup di suatu negara agar tetap tercapai tujuan nasional dan tetap mengedepankan nilai persatuan. Fungsinya penting untuk menjaga persatuan guna mencapai tujuan nasional.

Wawasan nusantara juga memiliki asas-asas tertentu. Asas wawasan nusantara ini merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan demi taatnya dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama.

(baca juga asas otonomi daerah)

asas wawasan nusantara

Asas-Asas Wawasan Nusantara

Berikut ini akan dijelaskan apa saja 6 asas wawasan nusantara beserta contoh dan pengertiannya, meliputi asas kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerja sama, dan kesetiaan.

1. Kepentingan Bersama

Asas wawasan nusantara yang pertama adalah kepentingan bersama. Asas ini penting digunakan terutama ketika bangsa Indonesia menghadapi penjajah untuk merebut kemerdekaan. Adanya kepentingan bersama lah yang membuat bangsa Indonesia jadi bersatu.

Setelah kemerdekaan Indonesia, asas kepentingan bersama dijadikan sebagai landasan untuk membangun dan mengisi kemerdekaan guna mewujudkan tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

2. Keadilan

Asas wawasan nusantara berikutnya adalah asas keadilan. Asas ini merupakan cerminan dari tata pergaulan dengan tidak merugikan para pihak dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi atas kepentingan golongan/umum.

Dalam mewujudkan cita-cita nasional, prinsip keadilan harus dijunjung tinggi dan ditegakkan pada semua golongan atau kelompok, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan masing-masing individu.

3. Kejujuran

Berikutnya juga ada asas kejujuran. Dalam menjalankan wawasan nusantara harus didasari pada sifat dan perbuatan yagn jujur. Asas kejujuran mencerminkan semua perbuatan harus sesuai dengan kenyataan dan hukum yang berlaku.

Asas kejujuran juga meliputi keberanian untuk berfikir, berkata dan bertindak sesuai dengan realita serta ketentuan yang benar. Kejujuran menjadi asas yang harus ditegakkan pada asas wawasan nusantara.

4. Solidaritas

Asas wawasan nusantara selanjutnya adalah asas solidaritas. Asas ini merupakan asas yang bertujuan untuk saling memahami dan saling menghargai antar sesama dengan tidak membedakan suku, ras, agama, dan antar golongan.

Adanya solidaritas bisa menjadi kekuatan untuk mewujudkan cita-cita nasional dalam semangat wawasan nusantara.

5. Kerja Sama

Kerja sama juga termasuk sebagai salah satu asas-asas wawasan nusantara. Asas ini menerapkan prinsip kebersamaan, gotong royong, dan saling membantu.

Adanya koordinasi, saling pengertian yang berdasarkan atas kesetaraan sehingga kerja kelompok, baik kelompok kecil ataupun kelompok besar dapat mencapai sinergi dengan lebih baik.

6. Kesetiaan

Asas wawasan nusantara yang terakhir adalah asas kesetiaan. Pada asas ini bertujuan untuk setia terhadap kesepakatan bersama guna mencapai tujuan nasional.

Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama untuk menjadi Bangsa dan mendirikan negara Indonesia yang dimulai dan harus terus dipertahankan sampai kapan pun.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian dan asas wawasan nusantara di Indonesia yang di antaranya adalah kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerja sama, dan kesetiaan.

Tinggalkan komentar