Fungsi Bank Sentral Beserta Peran dan Tujuannya [Terlengkap]

Fungsi Bank Sentral Beserta Peran dan Tujuannya [Terlengkap]

Peran dan fungsi bank sentral – Bank sentral adalah instansi keuangan yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara. Terdapat fungsi dan tugas bank sentral yang penting bagi kondisi ekonomi dan moneter di sebuah negara.

Tentunya tugas dan fungsi bank sentral ini berbeda dibanding tugas bank umum pada umumnya. Bank sentral menjadi lembaga keuangan yang berwenang membuat kebijakan ekonomi di suatu negara.

Secara umum beberapa tugas bank sentral yang paling utama antara lain yakni menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran serta mengatur dan mengawasi perbankan.

Di Indonesia, fungsi bank sentral dijalankan oleh Bank Indonesia (BI). BI pun memiliki tugas dan wewenang bank sentral secara umum yang berpengaruh bagi masyarakat Indonesia, baik secara langsung atau secara tidak langsung.

(baca juga fungsi APBN)

fungsi bank sentral

Fungsi Bank Sentral

Berikut ini akan dijelaskan beberapa poin mengenai peran dan fungsi bank sentral secara umum.

Sebagai Agen Fiskal Pemerintah

Salah satu fungsi bank sentral yang paling utama adalah bertindak sebagai agen fiskal pemerintah. Bank sentral memberikan nasehat dan bantuan untuk mengelola permasalahan ekonomi dalam ruang lingkup keuangan negara dan pemerintahan.

Sebagai Bank bagi Bank

Peran bank sentral berikutnya adalah bertindak sebagai bank dari bank atau the banker’s bank. Bank sentral menjadi sumber pinjaman bagi bank-bank dan menjadi sumber terakhir saat bank-bank tersebut mengalami masalah likuiditas.

Melakukan Riset Ekonomi

Bank sentral juga memiliki fungsi untuk melakukan riset-riset ekonomi di bidang finansial dan moneter. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tujuan bank sentral itu sendiri yakni guna mencapai dan memelihara kestabilan kurs mata uang.

Menangani Transaksi Giro

Fungsi bank sentral lainnya adalah melakukan penanganan transaksi giro. Bank sentral berperan membuat kegiatan transaksi dengan alat pembayaran giro menjadi lebih efisien, termasuk transaksi antar wilayah atau antar negara sekalipun.

Mengawasi dan Membina Perbankan

Peran bank sentral juga penting untuk pengawasan, evaluasi dan pembinaan perbankan di suatu negara. Hal ini sesuai dengan fungsi bank sentral sebagai lembaga perantara keuangan yang ada di suatu negara dengan kebijakan-kebijakan tertentu.

Nah itulah penjelasan peran dan fungsi bank sentral, termasuk juga fungsi Bank Indonesia selaku bank sentral di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar