Fungsi Devisa Bagi Negara Beserta Tujuan dan Manfaatnya

Fungsi Devisa Bagi Negara Beserta Tujuan dan Manfaatnya

Fungsi devisa – alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri Pengertian devisa adalah sejumlah emas atau valuta asing yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Menurut KBBI, definisi devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.

Jenis-jenis devisa dapat berupa valuta asing, emas, atau surat berharga lainnya yang sudah diakui secara internasional. Sementara macam-macam devisa terdiri dari devisa umum, devisa kredit, devisa negara, devisa ekspor, hingga cadangan devisa.

Sumber devisa nasional pun berasal dari berbagai macam sumber, misalnya dari pinjaman luar negeri, sumbangan dari pihak asing, penerimaan deviden bunga dari luar negeri, hasil ekspor barang dan jasa, kiriman valuta asing dari asing, wisatawan yang belanja di dalam negeri, hingga dari pungutan bea masuk.

Kegunaan devisa sangat penting bagi suatu negara. Devisa bisa digunakan untuk kepentingan publik, seperti melakukan pembangunan nasional atau membangun fasilitas umum. Devisa juga penting dalam membayar hutang luar negeri atau melakukan perdagangan internasional seperti dalam bidang ekspor impor.

(baca juga fungsi bank sentral)

fungsi devisa

Fungsi Devisa

Ada beberapa manfaat dan fungsi devisa bagi suatu negara. Berikut akan dijelaskan fungsi devisa bagi negara dan penjelasannya.

1. Alat Pembayaran Hutang Luar Negeri

Fungsi devisa salah satunya digunakan sebagai alat pembayaran hutang luar negeri. Devisa negara bisa digunakan untuk membayar cicilan atau langsung melunasi hutang luar negeri pada pihak asing.

2. Alat Transaksi Perdagangan Internasional

Manfaat devisa juga digunakan sebagai alat transaksi perdagangan internasional. Devisa digunakan membayar barang dan jasa dari luar negeri, termasuk pada kegiatan ekspor dan impor.

3. Pembiayaan Hubungan dengan Luar Negeri

Devisa juga digunakan untuk alat transaksi pembiayaan hubungan dengan luar negeri. Hal ini meliputi pembayaran biaya kunjungan kenegaraan, kedutaan, misi budaya, hadian dan bantuan, kerjasama politik, dan sebagainya.

4. Sumber Pendapatan Negara Untuk Pembangunan

Fungsi devisa bagi suatu negara yang utama adalah sebagai sumber pendapatan negara. Devisa berperan sebagai kas negara, nantinya devisa bisa digunakan untuk melakukan pembangunan nasional di bidang infrastruktur, ekonomi, pariwisata, transportasi, dan sebagainya.

Tujuan Devisa

Berikut merupakan beberapa tujuan devisa, meliputi tujuan penggunaan devisa secara nasional.

  • Melakukan pembangunan nasional berupa infrastruktur, transportasi, dan sebagainya.
  • Membangun fasilitas-fasilitas umum dalam negeri. 
  • Membayar berbagai jenis barang konsumsi yang masih diimpor dari pihak asing, seperti perangkat ponsel atau laptop.
  • Membayar berbagai jenis barang modal yang masih diimpor, seperti mesin tertentu.
  • Membiayai pengiriman untuk tim olahraga dan kesenian yang mewakili negara.
  • Membayar jasa ke luar negeri, misalnya seperti jasa pelayaran.
  • Memberi biaya beasiswa pada pemuda dan mahasiswa berprestasi untuk studi di luar negeri.
  • Membiayai korps diplomatik yang berada di luar negeri.
  • Memberikan sumbangan ke negara lain yang sedang tertimpa musibah.

Nah itulah penjelasan fungsi dan manfaat devisa bagi suatu negara selengkapnya. Tujuan penggunaan devisa pun difokuskan pada kepentingan masyarakat, publik, dan negara secara umum.

Tinggalkan komentar