Bagian-Bagian Jangka Sorong Beserta Gambar dan Fungsinya

Bagian-Bagian Jangka Sorong Beserta Gambar dan Fungsinya

Saat anda menggunakan jangka sorong, tentu kita harus mengetahui bagian-bagian jangka sorong dan fungsinya. Hal ini sangat penting agar proses pengukuran anda berjalan lancar karena setiap bagian-bagian dari jangka sorong memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda dalam proses pengukuran sebuah benda.

Jangka sorong sendiri adalah salah satu alat ukur panjang yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Jangka sorong terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukurannya sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat tersebut.

Sebagian keluaran terbaru dari alat ukur jangka sorong ini sudah dilengkapi dengan display digital sehingga lebih memudahkan saat mengukur suatu benda. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitiannya adalah 0.05 mm untuk jangka sorong di bawah 30 cm dan 0.01 untuk yang di atas 30 cm.

Jangka sorong ini merupakan alat ukur yang sangat penting di berbagai bidang misalnya pada industri otomotif dan perakitan. Jangka sorong mampu mengukur jarak, kedalaman, maupun diameter dalam suatu objek dengan tingkat ketelitian dan presisi yang sangat baik.

Bagian-bagian jangka sorong sendiri ada 8, diantaranya terdiri dari skala baca yang ada padabadan jangka sorong yang dapat diatur berdasarkan letak rahang jangka sorong, terdapat dua pasang rahang, yakni sepasang rahang luar (rahang bawah) untuk mengukur jarak dan sepasang rahang dalam (rahang atas) untuk mengukur diameter dalam.

Kedua pasang rahang tersebut dapat digerakkan untuk pengukuran, jarak antar rahang untuk kedua pasang rahang tersebut dapat dibaca dengan cara yang sama. Terdapat juga tangkai ukur kedalaman yang pergerakannya diatur dengan cara menggerakkan rahang. Ketiga bagian-bagian jangka sorong tersebut saling bergerak bersamaan sehingga cara menghitungnya pun sama.

(baca juga bagian-bagian mikrometer sekrup)

Bagian-Bagian Jangka Sorong

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar bagian-bagian jangka sorong dibawah ini untuk memudahkan dalam memahami.

Bagian Bagian Jangka Sorong Beserta Gambar dan Fungsinya

Dalam gambar jangka sorong diatas terdapat angka angka yang menunjukkan bagian bagian jangka sorong, adapun mengenai fungsi dari masing masing bagiannya bisa melhat penjelasan dibawah ini :

1. Rahang Dalam

Rahang Dalam ini berfungsi untuk mengukur diameter luar maupun sisi bagian luar dari sebuah benda misalnya mengukur lebar dan tebal suatu benda (contohnya saat mengukur ketebalan kertas atau lebar meja). Bagian Rahang Dalam Jangka Sorong ini bentuknya dapat digeser dan terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser.

2. Rahang Luar

Bagian rahang luar jangka sorong ini terdiri dari Rahang Tetap dan Rahang Geser. Fungsinya adalah untuk mengukur suatu diameter didalam ataupun sisi bagian dalam suatu benda misalnya untuk mengukur diameter hasil pengeboran, diameter tabung, cincin dan lain sebagainya.

3. Depth Probe (Tangkai Pengukur Kedalaman)

Bagian depth probe ini mempunyai kegunaan untuk mengukur kedalaman sebuah benda. Misalnya untuk menukur kedalaman sebuah tabunga dan lain sebagainya.

4. Skala Utama (cm)

Bagian Skala Utama dalam satuan cm ini mempunyai kegunaan untuk menyatakan ukuran utama suatu benda dalam bentuk satuan centimeter (cm).

5. Skala Utama (Inchi)

Bagian Skala Utama dalam satuan inchi ini mempunyai kegunaan untuk menyatakan ukuran utama sebuah benda dalam bentuk satuan inchi.

6. Skala Nonius (mm)

Bagian Skala Nonius dalam mm ini berfungsi sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai dalam bentuk satuan mm (milimeter).

7. Skala Nonius (inchi)

Bagian Skala Nonius dalam bentuk Inchi ini berguna sebagai skala pengukuran fraksi yang dinilai dalam bentuk satuan inchi.

8. Pengunci

Bagian pengunci berfungsi untuk menahan bagian-bagian jangka sorong saat proses pengukuran berlangsung, misalnya rahang gerak.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai bagian-bagian jangka sorong beserta gambar dan fungsinya secara lengkap. Semoga bisa menjadi referensi dan membuat kita mengerti apa saja bagian-bagian dari jangka sorong sehingga memudahkan kita saat melakukan pengukuran menggunakan jangka sorong ini.

Tinggalkan komentar