Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Gambar dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Gambar dan Fungsinya

Kali ini akan diulas tentang bagian-bagian mikrometer sekrup beserta gambar dan fungsinya. Dengan memahami setiap bagian-bagian dari alat ukur mikrometer sekrup ini, maka kita akan mudah dalam mengukur suatu benda menggunakan alat ukur ini.

Mikrometer sendiri adalah salah satu alat ukur panjang yang dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian 0.01 mm. Pembacaan alat ukur mikrometer sekrup bisa dilakukan pada dua bagian, yaitu di skala utama dan di skala nonius atau Vernier.

Alat ukur mikrometer sekrup ini mempunyai ketelitian hingga sepuluh kali lipat lebih presisi dibandingkan dengan jangka sorong sehingga sangat cocok untuk mengukur benda yang sangat kecil.

Kegunaan dan fungsi mikrometer sekrup sendiri diantaranya adalah :

  • Mengukur ketebalan suatu benda yang sangat tipis seperti lempeng baja, aluminium dan kertas
  • Mengukur diameter luar suatu benda yang sangat kecil seperti diameter kabel atau kawat
  • Mengukur garis tengah lubang pada suatu benda yang cukup kecil
  • Mengukur kedalaman suatu lubang yang cukup kecil seperti lubang pada pipa dan lain sebagainya.

Terdapat bagian-bagian mikrometer sekrup ini yang masing masing dari bagian tersebut berguna dalam proses pengukuran. Hasil pengukuran juga dipenaruhi dari keterampilan orang yang mengukurnya. Jika pengukur tidak paham bagian bagian dan bagaimana cara menggunakan mikrometer, maka hasil pengukuran tidak akan maksimal dan akurat.

Ada sekitar 7 bagian-bagian mikrometer sekrup yang perlu diketahui agar memudahkan dalam proses pengukuran sebuah benda. Diantaranya adalah frame/bingkai, anvil/poros tetap, spindle/poros gerak, lock nut/pengunci, sleeve, thimble dan ratchet knob. Masing masing bagian dari alat ukur mikrometer sekrup memiliki fungsi yang berbeda beda saat pengukuran berlangsung.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup dan Fungsinya

Dan untuk lebih jelasnya mengenai fungsi bagian-bagian mikrometer sekrup secara lengkap. Simak berikut ini bagian-bagian mikrometer sekrup beserta gambar dan penjelasannya.

(baca juga bagian-bagian jangka sorong)

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Gambar dan Fungsinya

1. Frame / Bingkai

Bagian mikrometer sekrup yang pertama adalah frame atau bingkai yang menyerupai huruf C atau U. Frame ini dibuat dengan bahan logam yang tahan panas dan dibentuk dengan ketebalan yang tepat sehingga bisa mengurangi peregangan dan mempermudah proses pengukuran. Frame juga dilapisi dengan lapisan plastik guna meminimalkan terjadinya transfer panas dari tangan manusia terhadap baja saat proses pengukuran.

2. Anvil / Poros Tetap

Anvil atau poros tetap ini berfungsi sebagai penahan saat sebuah benda akan diukur dan ditempatkan diantara anvil dengan spindle.

3. Spindle / Poros Gerak

Spindle atau poros gerak adalah sebuah silinder yang bisa digerakan secara maju dan mundur menjauh dan menuju anvil.

4. Lock Nut / Pengunci

Lock nut atau pengunci mempunyai fungsi untuk menahan spindle atau poros gerak agar tidak bergerak saat proses pengukuran benda berlangsung.

5. Sleeve

Sleeve merupakan batang logam tempat dimana skala utama berada (dalam satuan mm).

6. Thimble

Thimble merupakan batang logam yang dapat diputar dan ukurannya lebih besar dari sleeve serta merupakan tempat dimana skala nonius atau skala putar berada (dalam satuan mm).

7. Ratchet Knob

Ratchet Knob berfungsi untuk memutar Spindle atau poros gerak saat ujung dari Spindle telah dekat dengan benda yang akan di ukur. Bagian ini kemudian digunakan untuk mengencangkan Spindle atau poros gerak dengan cara diputar searah jarum jam sampai terdengar suara bunyi klik.

Untuk memastikan ujung Spindle telah menempel sempurna dengan benda yang akan diukur, maka Ratchet knob diputar sebanyak 2 sampai 3 kali putaran.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai bagian bagian mikrometer sekrup lengkap beserta gambar dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa menjelaskan apa saja fungsi dari masing masing bagian yang ada pada alat ukur mikrometer sekrup dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar