Macam-Macam Pasar Modal Berdasarkan Fungsinya [Lengkap]

Macam-Macam Pasar Modal Berdasarkan Fungsinya [Lengkap]

Macam-macam pasar modal – Dalam ilmu ekonomi tentu tidak asing lagi mendengar istilah pasar modal. Di era pertumbuhan ekonomi saat ini, peran pasar modal bagi perekonomian negara memang cukup besar dan penting. Terdapat beberapa jenis-jenis pasar modal berdasarkan fungsinya sesuai dengan ilmu ekonomi. Apa sajakah macam-macam pasar modal?

Pengertian pasar modal adalah pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan uang dalam bentuk surat-surat berharga dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Pasar modal pun berbeda dengan pasar uang pada umumnya. Ada beberapa instrumen pasar modal seperti saham, reksadana dan obligasi.

Secara umum, manfaat pasar modal pun bisa dirasakan berbagai pihak dan instrumen yang terlibat, termasuk pemerintahan. Di antara fungsi pasar modal adalah menjadi indikator perekonomian negara serta untuk meningkatkan pendapatan negara. Manfaat pasar modal juga bisa dirasakan oleh instrumen lain seperti emiten, investor, perusahaan dan juga masyarakat.

Pasar modal pun memiliki beberapa macam dan jenis. Tiap jenis-jenis pasar modal pun memiliki ciri khas khusus. Dalam ilmu ekonomi terdapat 4 macam pasar modal yang dibagi berdasarkan fungsinya.

(baca juga lembaga penunjang pasar modal)

macam-macam pasar modal

Macam-Macam Pasar Modal

Berikut merupakan 4 jenis-jenis pasar modal yang meliputi pasar primer, pasar sekunder, pasar ketiga dan pasar keempat lengkap beserta penjelasannya.

1. Pasar Primer (Primary Market)

Pasar primer (perdana) adalah tempat penjualan atau penawaran saham baru dari perusahaan yang menerbitkan saham (emiten) kepada investor sebelum saham tersebut diperdagangkan di pasar sekunder. Pasar primer merupakan pasar modal yang memperdagangkan saham-saham yang dijual untuk pertama kalinya sebelum saham dicatatkan di bursa.

2. Pasar Sekunder (Secondary Market)

Pasar sekunder adalah tempat perdagangan surat berharga yang sudah beredar. Pasar ini merupakan pasar dimana saham dan sekuritas lainnya diperjualbelikan secara luas, setelah melalui penjualan atau penawaran di pasar perdana. Pasar sekunder dibedakan menjadi stock exchange market (bursa efek) dan over the counter (OTC) market. Sekuritas dari perusahaan kecil umumnya diperdagangkan di OTC market, sedangkan sekuritas untuk perusahaan yang besar di stock exchange.

3. Pasar Ketiga (Third Market)

Pasar ketiga adalah tempat perdagangan saham atau sekuritas lainnya diluar bursa OTC market. Pasar ini merupakan pasar perdagangan surat berharga yang dijalankan oleh broker (pialang) yang mempertemukan pembeli dan penjual pada saat pasar kedua tutup.

4. Pasar Keempat (Fourth Market)

Pasar keempat adalah bentuk perdagangan efek antara investor tanpa melalui perantara pedagang efek (broker) atau pasar modal yang dilakukan diantara institusi berkapasitas besar untuk menghindari komisi untuk broker. Bentuk transaksi dalam perdagangan semacam ini biasanya dilakukan dalam jumlah besar.

Demikianlah ilmu pengetahuan ekonomi mengenai macam-macam pasar modal lengkap beserta penjelasannya. Jenis-jenis pasar modal antara lain meliputi pasar primer, pasar sekunder, pasar ketiga dan pasar keempat.

Tinggalkan komentar